[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Samsung Galaxy A71

Di awal tahun 2020 ini, Samsung Indonesia sudah langsung tancap gas dengan meluncurkan dua smartphone barunya, yakni Galaxy A51 dan Galaxy A71. Nama yang disebut terakhir baru saja menggelar pre-order dengan harga Rp6.099.000.

Bagi yang belum tahu, Galaxy A71 mengedepankan beberapa keunggulan utama. Bukan hanya soal desain yang modern, smartphone ini diklaim punya performa gaming yang bertenaga dan kemampuan kamera yang mumpuni.

Dalam acara temu pers di Jakarta, Senin (27/1), Samsung mengajak kami beserta awak media untuk mencicipi langsung seperti apa kecanggihan Galaxy A71. Penasaran bagaimana kesan pertama kami? Yuk, langsung saja simak ulasan singkatnya:

Desain tipis dan ramping

svg%3E

Samsung Galaxy A71 menggunakan bahasa desain yang sama dengan saudaranya, Galaxy A51. Hanya saja, smartphone ini punya dimensi yang lebih lebar karena memang ukuran layarnya juga lebih besar, yakni Super AMOLED Plus 6,7 inci Full HD+ yang punya tampilan begitu cemerlang dengan warna yang ngejreng, hitam yang pekat, dan tingkat kecerahan yang amat baik.

Di atas kertas ukuran 6,7 inci mungkin bagi sebagian orang akan dianggap terlalu berlebihan. Faktanya, secara keseluruhan dimensi Galaxy A71 tetap terasa ramping karena Samsung mengusung konsep Infinity-O edge-to-edge sehigga bezelnya hanya tersisa sangat sedikit. Hal itu membuat smartphone ini tetap nyaman digenggam dengan satu tangan.

Yang paling menarik, Galaxy A71 juga merupakan smartphone yang tipis. Ketebalannya hanya 7,7mm saja. Kombinasi bodi yang ramping dan tipis serta bobot yang cuma 179 gram menjadikan Galaxy A71 perangkat yang ideal untuk dimasukkan ke saku celana.

svg%3E

Galaxy A71 tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Prism Crush Silver, Prism Crush Blue, dan Prism Crush Black. Sesuai namanya, smartphone ini memiliki cover belakang dengan efek prisma yang akan menyajikan pantulan yang apik ketika terkena cahaya. Pada bagian belakang ini pula Anda akan menemukan modul quad-camera yang disusun dalam ruangan kotak di pojok kiri atas. Sementara untuk sensor sidik jari, dipindah ke depan di dalam layar.

Selama kami mencobanya, Galaxy A71 warna White dan Blue merupakan yang paling mudah kotor oleh bekas jari. Di varian warna hitam, jejak jari tidak akan terlalu terlihat. Namun tentunya masalah seperti ini bisa Anda atasi dengan memasang casing tambahan. Galaxy A71 sudah mengusung port USB Type-C yang letaknnya ada di sisi sebelah bawah, berdampingan dengan lubang speaker dan audi jack 3.5mm.

svg%3E

Janjikan performa gaming mumpuni

Beralih ke sektor performa, Samsung membekali Galaxy A71 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 730G yang ditemani RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Seperti diketahui, Snapdragon 730G merupakan salah satu chipset yang cukup bertenaga untuk menunjang kebutuhan gaming, sekaligus efisien dalam hal konsumsi daya.

svg%3E

svg%3E

Karena pada acara kali ini Samsung mengumumkan kolaborasinya dengan Piala Presiden Esports 2020, maka kami beserta awak media lainnya diajak untuk mencoba memainkan Garena Free Fire, yang termasuk sebagai game yang dipertandingan di turnamen tersebut. Bisa dibilang Free Fire adalah game yang tidak terlalu berat. Jadi tidak heran jika Galaxy A71 mampu menjalankannya dengan mulus tanpa kendalan berarti.

Tentunya menarik untuk menguji lebih jauh kemampuan Galaxy A71, khususnya untuk memainkan game-game populer lainnya seperti Call of Duty Mobile, PUBG Mobile, Asphalt 9, NBA 2K20, dan sebagainya. Selain untuk membuktikan performanya, kami juga ingin tahu apakah baterai 4.500 mAh pada Galaxy A71 sudah memadai untuk menemani bermain sehari-hari. Tunggu saja ulasan lebih rincinya di artikel kami selanjutnya.

Quad-Camera 64 MP: sekilas oke

Smartphone dengan OS Android 10 (OneUI 2.0) ini mengusung empat kamera belakang yang disusun membentuk huruf L. Spesifikasi kameranya antara lain 64 megapixel f/1.8, 12 megapixel wide-angle 123 derajat, 5 megapixel depth sensor, dan 5 megapixel macro. Untuk selfie, ada kamera 32 megapixel f/2.2 di depan. Sama seperti Galaxy A51, kamera Galaxy A71 juga sudah didukung fitur Super Steady Video.

Kami tidak lupa untuk mencoba sebentar untuk mengetahui seperti apa kualitas kameranya. Di kondisi pemotretan dengan cahaya yang ideal, kami selalu disuguhkan foto-foto yang tajam, detail yang tinggi, warna yang menawan, serta dynamic range yang patut diacungi jempol. Berikut beberapa foto yang kami abadikan di lokasi acara:

Hasil foto Samsung Galaxy A71 (7)

Hasil foto Samsung Galaxy A71 (5)

Hasil foto Samsung Galaxy A71 (4)

Hasil foto Samsung Galaxy A71 (3)

Hasil foto Samsung Galaxy A71 (2)

Menarik untuk mengetahui lebih lanjut soal kemampuan kamera Galaxy A71. Kami juga tidak sabar untuk mencoba fitur Super Steady Video-nya maupun fitur lainnya. Anda pastinya penasaran juga, ‘kan?

Kesimpulan awal

svg%3E

Samsung Galaxy A71 hadir sebagai produk yang menurut kami berpotensi mendapat sambutan yang baik di pasaran. Kesan pertama kami terhadap smarpthone ini terbilang positif, karena selain menawarkan hardware yang bertenaga dan kamera yang menjanjikan, secara harga Galaxy A71 berada di angka yang masih kompetitif, yakni Rp6.099.000. Samsung Galaxy A71 akan memulai penjualan offline pada 7 Februari 2020 mendatang.

Verified by MonsterInsights