Kolaborasi OPPO, Xiaomi, dan Vivo Siap Hadirkan Kemudahan Transfer File Antar Smartphone

Meski teknologi smartphone terus berkembang pesat, harus diakui bahwa masih banyak pengguna yang merasa kesulitan untuk saling mengirim file seperti foto dan video dari atau ke ponsel mereka. Apalagi jika file yang dikirim/diterima ukurannya besar.

Umumnya, masing-masing brand menyediakan aplikasi khusus untuk transfer file yang hanya bisa dipakai oleh pengguna yang memakai smartphone dari brand yang sama. Misalnya AirDrop yang cuma berfungsi ke sesama pengguna iPhone/perangkat Apple lainnya, atau MiDrop yang secara default tersedia di smartphone Xiaomi.

svg%3E

Salah satu cara yang bisa digunakan oleh pengguna smartphone Android adalah mengunduh aplikasi transfer file yang sama. Namun bagaimana jika si pengguna ingin mengirim file besar dan orang yang dituju belum mengunduh apikasi tersebut. Nah, solusi dari masalah inilah yang coba dihadirkan oleh tiga brand besar asal China, yakni OPPO, Xiaomi, dan Vivo.

svg%3E

Kemudahan transfer file hanya dengan sekali klik

Ketiga brand ternama ini berinisiatif untuk membangun “Peer-to-Peer Transmission Alliance”, sebuah sistem baru yang akan memudahkan transfer file antar smartphone dari brand yang berbeda (OPPO, Xiaomi, dan Vivo) hanya dengan sekali klik saja. Simple, cepat, dan tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Pada dasarnya fitur ini tidak menawarkan teknologi yang benar-benar baru. Sistem transfer file-nya menggunakan kombinasi dari Bluetooth dan WiFi Direct, untuk menghubungkan kedua smartphone yang ingin mengirim file dengan kecepatan transfer mencapai 20MB/s. Cara tersebut tidak membutuhkan koneksi internet dan konsumsi dayanya pun rendah.

Yang ingin dikedepankan oleh Peer-to-Peer Transmission Alliance adalah kemudahannya. Pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur yang nantinya akan langsung tersedia di smartphone dari OPPO, Xiaomi, dan Vivo, lalu pilih file serta perangkat yang dituju, dan klik Send. Tidak perlu langkah-langkah lainnya seperti pairing atau pengaturan apapun.

Bisa digunakan oleh smartphone dengan Android 9 ke atas

Fitur hasil dari Peer-to-Peer Transmission Alliance ini nantinya akan tersedia di smartphone OPPO, Xiaomi, dan Vivo dengan sistem operasi Android 9 ke atas. Kapan mulai bisa digunakan? Tunggu saja update informasi terbarunya di Yangcanggih.com!

Verified by MonsterInsights