Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review realme 5i: Standar Baru untuk Smartphone 1 Jutaan Rupiah

realme 5i 2
4

realme mengawali tahun 2020 dengan meluncurkan dua produk yang amat menarik. Selain Buds Air yang menjadi perangkat TWS (True Wireless Stereo) pertamanya, dari kategori smartphone realme 5i menjadi andalan untuk merebut pasar di segmen entry-level.

Dari segi hardware dan fitur, realme 5i memang punya potensi besar untuk menjadi raja baru di kelasnya. Seperti apa kecanggihan smartphone yang dibanderol mulai dari 1 jutaan rupiah ini? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkap kami:

Desain cukup bagus dan enak digenggam

realme 5i mengusung bahasa desain yang mirip dengan dua saudaranya, yakni realme 5 dan realme 5s. Meski begitu, pada smartphone terbarunya ini realme tidak menggunakan lapisan kaca untuk cover bagian belakangnya, melainkan hanya bahan polycarbonate dengan tekstur yang dibuat agak kasar.

realme 5i 10

Penggunaan material tersebut menurut kami justru membuat realme 5i terasa lebih nyaman di genggaman tangan. Keuntungan lainnya, smartphone ini juga menjadi tidak licin dan yang paling penting tidak mudah kotor oleh bekas jari. Satu hal yang menurut kami patut diapresiasi.

Perlu diketahui pula bahwa realme 5i tidak lagi mengadopsi pola berlian di cover belakangnya. Walaupun demikian, bukan berarti smartphone ini tidak terlihat menawan. Finishing dengan efek seperti pancaran sinar matahari yang baru terbit akan terlihat bagus ketika Anda berada di bawah cahaya.

realme 5i 7

Pada bagian belakang pula Anda akan menemukan empat buat kamera yang disusun secara vertikal di pojok kiri atas. Modul kamera tersebut agak menonjol keluar, sehingga Anda wajib waspada saat meletakkannya jika tidak memakai casing tambahan. Selain itu, di belakang realme 5i juga menempatkan sensor sidik jari.

Dari segi pengoperasian, realme 5i punya dimensi dan bobot (195 gram) yang menurut kami cukup ideal meski kapasitas baterainya besar. Ketebalannya juga standar smartphone masa kini, sekitar 8,9mm. Penggunaan dengan satu tangan masih oke dan kami juga tidak menemui kendala ketika memasukkan realme 5i ke saku celana.

realme 5i 1 1

realme 5i hadir dengan dua slot SIM-card dan satu slot microSD yang terdedikasi, alias bukan hybrid. Smartphone ini masih menggunakan port microUSB, belum Type-C. Soal warna, Anda disuguhkan dua opsi yaitu Green dan Blue.

Layar memadai untuk semua kebutuhan

Pada sektor layar realme 5i mengandalkan panel IPS berukuran 6,52 inci dan resolusi HD+. Untuk sebuah smartphone 1 jutaan rupiah, menurut kami penawaran yang diberikan oleh realme 5i sudah cukup memadai. Selama kami mencobanya pun tidak ada kekurangan pada layar yang mengganggu pengalaman penggunaan.

realme 5i 8

Semua kebutuhan standar seperti browsing, chatting, menonton video, hingga bermain games terasa nyaman di layar ini. Tingkat kecerahannya juga lumayan dan masih oke untuk dipandang di bawah sinar matahari yang terik. Agar mata tidak cepat lelah terutama ketika menggunakan realme 5i di kondisi gelap, Anda bisa mengaktifkan Night Shield yang akan meredam cahaya biru.

Sekadar informasi, layar realme 5i memiliki poni minimalis bergaya waterdrop di bagian atasnya untuk menampung kamera selfie. Dipadukan dengan bezel yang cukup tipis, secara keseluruhan rasio screen-to-body smartphone ini mencapai 89 persen. Tidak ketinggalan, realme juga memasang Gorilla Glass sebagai perlindungan.

ColorOS 6 dengan Dark Mode

realme 5i mengadopsi sistem operasi ColorOS versi 6 berbasis Android 9.0 Pie. Tidak diketahui kapan realme akan meluncurkan update ke ColorOS 7 maupun Android 10. Meski begitu, sejauh pengalaman kami ColorOS 6 tetap merupakan OS yang nyaman untuk digunakan dan terasa ringan sehingga kinerja smartphone lebih gesit.

Anda masih akan menemukan beberapa bloatware meski jumlahnya tidak terlalu banyak. Untuk fitur menariknya, yang paling kami suka adalah Dark Mode. Bagi yang belum tahu Dark Mode adalah fitur yang akan mengubah tema menjadi lebih gelap sehingga tidak membuat mata cepat lelah dan dipercaya lebih hemat baterai.

Fitur lainnya khas ColorOS tetap tersedia. Misalnya Game Space yang berfungsi untuk mendongkrak performa gaming secara instan sekaligus memblokir notifikasi yang mengganggu permainan. Game Space juga dapat mengoptimalkan koneksi internet yang Anda miliki dan memprioritaskannya untuk game agar mengurangi kemungkinan lagging.

Quad-camera yang mirip dengan realme 5

Dari sektor fotografi, realme 5i mengusung konfigurasi quad-camera di belakang yang  terdiri dari kamera utama 12 megapixel f/1.8, kamera ultra-wide 8 megapixel, kamera macro 2 megapixel, dan depth sensor 2 megapixel. Spesifikasi yang sama dengan yang dimiliki oleh realme 5. Untuk selfie, ada kamera 8 megapixel f/2.0 di depan.

realme 5i 12

Mode-mode yang tersedia pun sama. Anda bisa memilih Portrait untuk menciptakan foto dengan efek bokeh, mode Pano untuk panorama, mode Expert untuk pengaturan manual, Slo-Mo untuk membuat video dengan gerak lambat, dan tidak ketinggalan Ultra Macro.

Lalu, bagaimana dengan hasil fotonya? Pada kondisi cahaya yang ideal realme 5i mampu menangkap gambar dengan cukup oke. Foto yang dihasilkan tampak tajam dengan detail yang terjaga dengan baik. Warna yang ditampilkan pun menurut kami masih terlihat natural dan saturasinya tidak diangkat secara berlebihan. Namun jika Anda ingin menciptakan foto dengan warna yang jauh lebih matang, tinggal aktifkan fitur Chroma Boost.

Hasil foto realme 5i (4)

Hasil foto realme 5i (15)

Hasil foto realme 5i (3)

Hasil foto realme 5i (17)

Hasil foto realme 5i (13)

Hasil foto realme 5i (12)

Hasil foto realme 5i (6)

Sayangnya ketika melakukan pemotretan di scene tertentu seperti di dalam ruangan dengan pencahayaan lampu, terkadang pengaturan white balance-nya kurang akurat. Contohnya pada foto di bawah ini yang memperlihatkan perbedaan antara pemotretan dengan mode otomatis dan mode Expert:

Hasil foto realme 5i (8)

Hasil foto realme 5i (9)

Lensa ultra-wide pada realme 5i punya kualitas yang \mirip dengan realme 5. Walaupun detail dan warnanya tidak sebagus kamera utama, menurut kami foto dari kamera ultra-wide ini masih ideal untuk Anda pamerkan di media sosial. Kalau soal macro, selama tangan Anda stabil cukup memungkinkan untuk mendapatkan foto yang tajam dari jarak dekat.

Hasil foto realme 5i (1)

Hasil foto realme 5i (11)

Beralih ke mode Nightscape, sebagai sebuah smartphone terjangkau yang dari segi harga bisa disejajarkan dengan produk entry-level, kami tidak terlalu berharap akan mendapatkan foto yang memuaskan di kondisi low-light. Terbukti, detail pada foto mengalami penurunan yang lumayan signifikan. Untungnya dari segi pencahayaan dan akurasi warna, menurut kami mode Nightscape pada realme 5i bekerja dengan baik.

Hasil foto realme 5i (25)

Smartphone dengan Snapdragon 665 AIE paling terjangkau saat ini

Sektor performa menjadi salah satu keunggulan yang membuat realme 5i tampil menggiurkan di kelasnya. Dengan hanya merogoh kocek tidak sampai 2 juta rupiah, Anda sudah bisa menikmati smartphone dengan SoC Qualcomm Snapdragon 665 AIE yang punya kinerja cukup baik untuk segala kebutuhan termasuk gaming.

Varian yang kami review kali ini dibekali RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Selain itu, realme juga menyediakan varian lainnya yakni dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Apapun varian yang Anda pilih, dengan bekal Snapdragon 665 AIE realme 5i tetap gesit untuk mendukung penggunaan sehari-hari.

Kami sudah mencoba menjalankan PUBG Mobile untuk membuktikan kemampuan gaming-nya. Hasilnya cukup memuaskan. Lancar dan frame rate-nya tergolong stabil walaupun bukan di pengaturan grafis yang tinggi (Low-Smooth). Mobile Legends pun bisa dimainkan dengan amat nyaman. Untuk game yang dikenal menuntut kinerja hardware berat seperti Asphalt 9, asalkan bukan di setting High, game tetap asyik dijalankan walaupun ada frame rate drop yang jumlahnya minim.

Secara keseluruhan, bagi kami performa realme 5i adalah salah satu yang terbaik di kelasnya. Untuk saat ini, cukup sulit menemukan smartphone lainnya yang diperenjatai chipset serupa dengan kisaran harga setara. Agar lebih menggambarkan seperti apa performa realme 5i, berikut kami sajikan beberapa hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark:

Baterai 5.000 mAh, bisa untuk 2 hari

Nilai plus lainnya yang kami suka dari realme 5i ialah kapasitas baterainya. Sama seperti realme 5, Anda akan menemukan baterai 5.000 mAh yang sanggup menemani aktivitas seharian penuh dari pagi hingga malam hari. Bahkan jika Anda bukan orang yang terlalu aktif dengan smartphone, daya tahannya bisa mencapai 2 hari. Meski begitu, perlu digarisbawahi bahwa realme 5i belum memiliki dukungan fast charging yang memadai. Dengan hanya dimodali charger 10W, butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi daya hingga penuh.

realme 5i 3

Kesimpulan

Melihat rangkaian produk realme di 2019 lalu, rasanya tidak mengejutkan jika mereka kembali menggebrak lewat smartphone pertamanya di awal 2020 ini. Dari segi hardware maupun fitur bawaannya, realme 5i merupakan perangkat yang komplit di kelasnya dan bisa Anda miliki tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Bisa dibilang, ini adalah salah satu opsi paling menarik yang bisa Anda beli saat ini, serta berpotensi menjadi standar baru yang mungkin akan sulit ditandingi oleh lawan-lawannya.

Dijual dengan harga mulai dari Rp1.799.000, realme 5i cocok untuk Anda yang mencari smartphone terjangkau dengan performa bertenaga dan kamera yang bisa diandalkan untuk mengabadikan momen sehari-hari.

Yang Canggih:

  • Desain cukup bagus dan tidak mudah kotor oleh bekas jari
  • Layar besar dengan tingkat kecerahan yang baik
  • Performa tergolong kencang di kelasnya
  • Kamera oke di kondisi cahaya ideal
  • Baterai besar dan punya daya tahan yang amat baik
  • Kinerja sensor sidik jari cepat
  • Harga menggiurkan

Yang Kurang:

  • Penurunan detail cukup signifikan di mode Nightscape
  • Warna foto dengan mode otomatis terkadang kurang konsisten
  • Waktu charging cukup lama
Spesifikasirealme 5i
LayarIPS 6,52 inci HD+
SoCQualcomm Snapdragon 665 AIE
RAM3 GB / 4 GB
Memori Internal32 GB / 64 GB
Kamera Belakang12 MP + 8 MP ultra wide + 2 MP macro + 2 MP depth
Kamera Depan8 MP
Sistem OperasiColorOS 6 (Android 9.0 Pie)
Baterai5.000 mAh
HargaRpxxxx
realme 5i 2
realme 5i
realme 5i cocok untuk Anda yang mencari smartphone terjangkau dengan performa bertenaga dan kamera yang bisa diandalkan untuk mengabadikan momen sehari-hari.
4
Back to top button