Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

[How-To] 7 Tips Praktis Vlogging Menggunakan Samsung Galaxy A-Series

Seiring dengan perkembangan platform video seperti YouTube, komunikasi visual dalam format vlog menjadi salah satu konten yang semakin diminati. Lewat vlog, semua orang bisa membagikan hobi, curhatan, atau berbagai keseruan lainnya kepada penonton di seluruh dunia.

Karena itu, tidak heran jika nantinya akan ada lebih banyak orang yang ingin mencoba vlogging. Untuk Anda para pemula, kami punya beberapa tips agar vlog buatan Anda bisa terlihat menarik dan disukai. Penasaran? Yuk, simak poin-poin di bawah ini:

1. Maksimalkan penampilan dan pilihan lokasi

Sebelum memulai vlogging, siapkan dulu penampilan Anda agar terlihat menarik di depan kamera, baik dalam hal pakaian, kerapian, atau make up jika diperlukan. Selain itu, pastikan Anda memilih lokasi yang ideal dan sesuai dengan tema vlog Anda.

2. Kenali kemampuan kamera yang digunakan

Live Vlogging Tips 010

Kualitas pencahayaan punya peran penting untuk mendapatkan hasil rekaman yang bagus. Kenali kemampuan kamera yang digunakan. Misalnya, pada beberapa smartphone Samsung Galaxy A Series, ada fitur Live Focus Video. Dengan fitur ini aktif, kamu bisa membuat latar di belakang terlihat kabur. Ini akan efektif saat kamu ingin agar penonton terpusat perhatiannya pada subyek utama, atau saat merekam video dengan latar yang berantakan seperti orang lalu lalang atau setting yang kurang rapi.

Perhatikan juga pencahayaan. Usahakan tidak nge-vlog dengan menantang arah datangnya cahaya matahari. Untuk vlogging di dalam ruangan yang temaram atau di malam hari, Anda bisa menambahkan LED lighting kecil untuk bantuan cahaya. Lighting untuk vlogging ini bisa dengan mudah Anda temukan di toko online dengan harga cukup terjangkau.

3. Shot in Frame

Selama melakukan vlogging pastikan Anda atau objek lainnya yang ingin Anda tampilkan berada dalam frame. Tapi jangan juga terlalu dekat dengan kamera. Hindari pergerakan kamera yang terlalu ekstrem karena bisa membuat penonton pusing melihatnya.

Jika merekam dengan kamera belakang ponsel seperti Galaxy A80, kamu bisa mengaktifkan Super Steady Shot untuk membuat hasil rekaman stabil walaupun kamu bergerak. Selain lebih nyaman dilihat, hasil video juga terlihat lebih profesional.

4. Pastikan suara Anda terekam dengan baik

 

ROG G14 728 yg

HLY12?wid=1144&hei=1144&fmt=jpeg&qlt=95&op usm=0.5,0.5&

Untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih bagus, Anda bisa menambahkan microphone eksternal. Pilih mic yang mampu menangkap sumber suara dengan jernih bahkan saat Anda berada di keramaian. Dengan begitu, suara Anda akan tetap terdengar jelas. Yang tidak kalah penting jaga nada berbicara Anda. Jangan terlalu keras dan jangan juga terlalu kecil. Jika kondisi mengharuskan Anda berbisik, dekatkan mic.

5. Mulai konten dengan sesuatu yang menarik

samsung galaxy a50s video

10 detik pertama merupakan momen yang paling krusial untuk menentukan apakah seseorang akan menonton vlog buatan Anda atau tidak. Karena itu, Anda wajib memulai konten vlog dengan sesuatu yang menarik. Jika sedari awal vlog Anda sudah langsung terlihat seru, besar kemungkinan orang-orang akan melanjutkan menontonnya sampai habis.

6. Belajar untuk lebih interaktif

Vlogging bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk belajar berkomunikasi. Teruslah berusaha untuk lebih interaktif selama membawakan vlog Anda. Sajikan perbincangan yang menarik terkait dengan tema vlog dan selalu tambahkan energi di momen-momen yang tepat. Jangan terlalu sering diam atau kehabisan bahan karena akan membuat vlog terasa membosankan.

7. Konsisten

Tidak ada cara yang mudah untuk menjadi seorang vlogger terkenal. Yang harus Anda garisbawahi, ini bukan cuma soal kualitas. Konsistensi merupakan kunci yang paling utama. Selalu jaga frekuensi upload vlog terbaru Anda, misalnya seminggu dua kali atau paling minimal seminggu satu kali.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika memulai vlogging. Lakukan latihan secara rutin, dan ingat, jangan jadikan keterbatasan alat sebagai penghalang. Kalau belum punya kamera yang bagus, tidak ada salahnya memanfaatkan smartphone yang Anda miliki saat ini.

More Stories
Libratone BIRD 1
Libratone BIRD: Speaker Portabel dengan Wujud Burung yang Menggemaskan