Jaringan 4G Telkomsel Tersedia di Tol Elevated Jakarta-Cikampek II

Menjelang pembukaan Jalur Tol Elevated Jakarta-Cikampek II, Telkomsel mengumumkan jaringan broadband mereka telah hadir di ruas jalan tersebut. Nantinya setiap pelanggan Telkomsel yang melewati Japek Layang bisa menikmati layanan 4G.

Tingkatkan BTS di sepanjang jalur

svg%3E

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Telkomsel menjelaskan bahwa mereka telah melakukan serangkaian peningkatan kapasitas BTS di jalur tol layang sepanjang 39 km, dari pintu tol Cikunir hingga pintu tol Karawarang Barat.

“Secara khusus, Telkomsel membangun sekitar 82 unit BTS di sepanjang jalur tol Jakarta-Cikampek II Elevated, di mana seluruhnya mengunakan teknologi multi-band Long Term Evolution (LTE),” kata Direktur Network Telkomsel Iskriono Windiarjanto.

svg%3E

Penyediaan dan penguatan jaringan ini juga sebagai antisipasi untuk menyambut trafik liburan saat momen Natal dan Tahun Baru mendatang. Di samping membangun 67 BTS 4G LTE baru di sepanjang jalur tol tersebut, untuk mengoptimalkan jaringan, Telkomsel juga menambah kapasitas 99 BTS 4G LTE. Untuk mengantisipasi lonjakan trafik.

Uji jaringan

Serangkaian drive test di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek II Elevated juga telah dilakukan. Dari hasil drive test tersebut, parameter coverage (kekuatan sinyal), kualitas sinyal dan capacity (data download throughput) menunjukkan hasil yang baik dengan angka mencapai 99,35 persen.

Untuk melengkapi penyediaan layanan jaringan di ruas-ruas jalan tol, Telkomsel juga fokus memaksimalkan kapasitas jaringannya di 16 ruas tol utama di Sumatera dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru yang sudah dilayani sekitar 2.226 BTS Telkomsel.