Quantcast
KomputerLaptopNewsReview

Review Lenovo IdeaPad 130 15-IKB: Laptop 15 Inci Terjangkau dengan RAM dan SSD Besar

4
Cek Harga

Meski saat ini sedang tren laptop dengan desain yang ringkas dan ringan, laptop dengan layar 15 inci belum sepi peminat. Masih ada pengguna yang mementingkan layar besar saat meminang sebuah laptop untuk mendukung produktivitasnya sehari-hari. Melihat peluang inilah Lenovo meluncurkan IdeaPad 130 15-IKB ke pasar Indonesia.

Lenovo IdeaPad 130 1

Laptop ini tampil cukup menggoda karena mengedepankan 3 keunggulan yakni layar 15 inci yang besar, dilengkapi ruang penyimpanan SSD dan harga jualnya sangat ramah di kantong. Penasaran sehebat apa laptop ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain standar

Lenovo IdeaPad 130 15-IKB memang bukan laptop yang tampil wah dengan desain keren. Bodinya yang bongsor tampil minimalis bahkan tergolong sangat standar. Keseluruhan bodi laptop ini mengusung material plastik. Kendati demikian, bodinya terasa cukup solid dan kokoh. Bobotnya yang mencapai sekitar 2,1 Kg pun masih relatif ringan dan ideal diajak bermobilitas.

Lenovo IdeaPad 130 1 1

Di samping kiri bodinya terdapat sejumlah port konektivitas yang cukup lengkap. Port konektivitas tersebut mencakup 2 port USB 3.1 Gen 1, Ethernet, HDMI, slot pembaca kartu memori SD, dan port audio combo. Satu hal yang menarik, meski profil bodinya ramping di samping kanan bodinya masih bisa ditemukan DVD Drive.

Lenovo IdeaPad 130 2

Layar lapang dengan resolusi HD

Beralih ke sektor layar, layarnya yang berukuran 15.6 inci hadir dengan resolusi HD 1366 x 768 pixel. Layarnya ini memang bukan yang terbaik tapi cukup untuk mendukung produktivitas sehari-hari dengan tampilan yang cukup tajam.

Lenovo IdeaPad 130 3

Mengusung panel layar anti-glare layarnya juga tidak memantulkan bayangan dan cukup nyaman di mata. Hanya saja tingkat kecerahan layarnya agak kurang optimal. Saat diajak bekerja di luar ruangan atau kondisi pencahayaan yang sangat terang layarnya menjadi agak sulit terlihat meski pengaturan tingkat kecerahan sudah diatur ke paling maksimum.

Keyboard nyaman untuk mengetik

Untuk menunjang produktivitas Lenovo membekali laptop ini dengan keyboard berukuran penuh yang lengkap dengan tombol-tombol angka Num Lock.

Lenovo IdeaPad 130 4

Tombol-tombol di keyboardnya ini hadir dengan ukuran yang cukup besar, jarak antar tombol juga sangat pas sehingga nyaman digunakan untuk mengetik dalam jangka waktu yang lama. Cukup disayangkan memang Lenovo belum melengkapinya dengan lampu backlit.

Bergeser ke bawah, area touchpad mouse IdeaPad 130 ini cukup besar dan nyaman digunakan. Tombol klik kanan dan kiri mouse cukup empuk saat ditekan. Responnya dengan sentuhan jari juga amat baik.

Performa pas untuk produktivitas sehari-hari

Menjalankan sistem operasi Windows 10, sektor dapur pacunya dipercayakan pada prosesor Intel Core i3-7020U, RAM 8GB dan SSD dengan kapasitas 256GB. Untuk hasil benchmarknya sebagai berikut:

Mengusung ruang penyimpanan SSD kinerja laptop ini terasa gegas. Waktu startup Windows juga sangat singkat. Untuk produktivitas sehari-hari seperti browsing dan mengolah dokumen dengan aplikasi office spesifikasinya sudah sangat mencukupi.

Kendati demikian, spesifikasinya akan kurang ideal untuk penciptaan konten seperti misalnya penyuntingan video resolusi tinggi atau bahkan untuk gaming. Ini karena Lenovo IdeaPad 130-15IKB belum dilengkapi dengan kartu grafis diskrit. Tapi, untuk sekedar menikmati konten multimedia seperti menonton film atau mendengarkan musik laptop ini masih bisa diandalkan. Sektor audionya pun terasa lantang dan cukup bertenaga.

Baterai cukup tahan lama

Untuk menemani pengguna bekerja di luar ruangan Lenovo IdeaPad 130 15-IKB membawa baterai yang cukup taham lama. Dengan skema penggunaan terhubung ke WiFi, pengaturan kecerahan layar sekitar 70%, dan digunakan untuk mengetik serta browsing baterainya ini bisa bertahan hingga sekitar 5 jam.

Kesimpulan

Dengan spesifikasi yang dibawanya Lenovo IdeaPad 130 15-IKB bisa jadi solusi untuk pengguna yang mengincar laptop layar besar dan performa yang pas untuk menunjang produktivitas sehari-hari seperti mengolah dokumen atau browsing. Harga jualnya juga cukup terjangkau yakni hanya sekitar 6 jutaan Rupiah. Laptop ini wajib dipertimbangkan untuk para pelajar, mahasiswa, ataupun para pekerja kantoran yang berdana pas-pasan tapi membutuhkan laptop layar besar dengan RAM dan ruang penyimpanan SSD berkapasitas besar.

Yang Canggih:
+ Harga terjangkau di kelasnya
+ Dilengkapi SSD 256GB
+ RAM besar (masih bisa diupgrade hingga max 12GB)
+ Performa mumpuni untuk produktivitas
+ Keyboard nyaman
+ Baterai cukup tahan lama

Yang kurang:
– Panel layar agak sulit terlihat di kondisi terang
– Belum dilengkapi kartu grafis diskrit
– Bodi mudah kotor dengan jejak sidik jari

Lenovo IdeaPad 130 15-IKB bisa jadi solusi untuk pengguna yang mengincar laptop layar besar dan performa yang pas untuk menunjang produktivitas sehari-hari.
4
Cek Harga
Back to top button