Homepage Mobile Gadget Xiaomi Benamkan Fitur Pendeteksi Gempa di MIUI 11

Xiaomi Benamkan Fitur Pendeteksi Gempa di MIUI 11

Dalam acara Mi Developer Conference 2019 di Beijing, Xiaomi mengumumkan kehadiran sebuah fitur yang menarik di MIUI 11. Nantinya melalui smartphone Xiaomi yang sudah mengadopsi user interface terbaru tersebut, pengguna bisa mendapatkan peringatan dini jika terjadi gempa bumi.

Deteksi dalam hitungan detik

Xiaomi Benamkan Fitur Pendeteksi Gempa di MIUI 11 1

Xiaomi mengklaim menjadi perusahaan pertama yang berhasil mengintegrasikan layanan peringatan dini gempa ke dalam sistem operasi. Menurut Xiaomi, fitur pendeteksi gempa ini tidak mengharuskan pengguna untuk mengunduh sebuah aplikasi terpisah.

Cara kerjanya, peringatan deteksi gempa akan dikirimkan ke smartphone yang beroperasi dengan MIUI 11 dan Mi TV dalam hitungan detik sebelum gelombang gempa tiba. Sangat bermanfaat dan berpotensi besar menyelematkan banyak jiwa.

Baru tersedia di China

Sesungguhnya fitur pendeteksi gempa di MIUI 11 sudah diluncurkan pada 20 September lalu dan masih pada tahap uji coba ketika MIUI 11 dirilis. Dalam pengembangannya, Xiaomi bekerja sama dengan Institute of Care-life, sebuah organisasi yang berpangkalan di Chengdu dan berfokus pada peringatan bencana alam.

Untuk saat ini fitur tersebut baru tersedia di Provinsi Sichuan. Ke depannya, Xiaomi berencana untuk meluncurkan ke semua pengguna di China. Sayangnya belum ada informasi kapan fitur pendeteksi gempa di MIUI 11 diboyong ke negara lainnya.

Fan Dian, General Manager di departemen platform IoT Xiaomi, menyerukan smartphone dan provider IoT lain untuk bisa mengadopsi fungsi ini. Dia mengatakan Xiaomi akan terbuka untuk berbagi praktik dan pengalaman pengaplikasian fitur tersebut.

Beri komentar