Homepage Review Review Redmi Note 8: Smartphone Terjangkau dengan Performa dan Kamera Mumpuni di...

Review Redmi Note 8: Smartphone Terjangkau dengan Performa dan Kamera Mumpuni di Kelasnya

4
Cek Harga

Dari dua smartphone Xiaomi yang baru saja dirilis di Indonesia, harus diakui bahwa Redmi Note 8 Pro memang punya penawaran yang lebih menggiurkan dibanding saudaranya. Tapi tetap saja, versi non-Pro yang harganya jauh lebih terjangkau ini kemampuannya juga tidak boleh diremehkan. Kombinasi antara hardware bertenaga dengan konfigurasi kamera yang cukup menggiurkan menjadi formula yang dikedepankan oleh Redmi Note 8 untuk bersaing dengan lawan-lawannya.

Nah, untuk Anda yang ingin tahu lebih lanjut seperti apa keunggulan dari Redmi Note 8, yuk, langsung saja simak ulasan lengkap kami:

Desain khas Xiaomi, warna gradasi modern

Ada satu hal yang membedakan Redmi Note 8 dengan versi Pro-nya. Ya, posisi kamera belakang. Jika Redmi Note 8 Pro punya multi-camera yang disusun secara vertikal di bagian tengah, saudaranya ini menggeser rumah kameranya ke pojok kiri atas dan meninggalkan sensor sidik jarinya tetap di tengah.

Review Redmi Note 8: Smartphone Terjangkau dengan Performa dan Kamera Mumpuni di Kelasnya 1

Perlu diketahui pula bahwa kamera pada Redmi Note 8 masih menonjol keluar alias tidak rata dengan bodinya. Karena itu, untuk Anda yang tidak suka memasang casing harus lebih hati-hati agar kamera tersebut tidak terbentur ataupun tergores saat diletakkan.

Review Redmi Note 8: Smartphone Terjangkau dengan Performa dan Kamera Mumpuni di Kelasnya 2

Redmi Note 8 tampil modern dengan paduan warna gradasi yang menawan khas ponsel-ponsel masa kini, dan akan terlihat lebih cantik ketika memantulkan cahaya. Varian yang kami pegang adalah Neptune Blue, tapi ada pula warna lainnya yakni Space Black dan Moonlight White.

Dari segi desain, tidak banyak perubahan yang dihadirkan Redmi Note 8 dibandingkan dengan pendahulunya, Redmi Note 7. Ketika pertama kali memegangnya, Redmi Note 8 menurut kami terasa pas di tangan. Sensasi genggamannya cukup asyik dan tidak licin. Ketebalan maupun bobotnya pun ideal. Selama mencobanya, kami merasa cukup nyaman mengoperasikan Redmi Note 8 dengan satu tangan.

Review Redmi Note 8: Smartphone Terjangkau dengan Performa dan Kamera Mumpuni di Kelasnya 3

Pada bagian depan Anda masih akan menemukan layar Dot Drop Display. Ukurannya 6,3 inci, sedikit lebih kecil dibanding versi Pro. Yang kami suka, bezel di bagian kiri, kanan, dan bawahnya kini tampak lebih minimalis sehingga dimensi secara keseluruhan terasa ramping dan mampu menciptakan rasio screen-to-body mencapai 90 persen.

Sekadar informasi tambahan, Redmi Note 8 sudah mengadopsi port USB Type-C. Slot yang dimilikinya ada tiga, yakni dua untuk Nano SIM-card dan satu terdedikasi khusus untuk microSD alias bukan hybrid. Selain itu, dalam paket penjualannya Anda akan disuguhkan softcase gratis.

Layar cukup oke di kelasnya

Seperti disebutkan di atas, Redmi Note 8 mengusung layar 6,3 inci. Panel yang digunakan adalah IPS dengan resolusi Full HD+ atau 2340 x 1080 dengan aspect ratio 19.5:9. Layar ini mempunyai kontras 1500:1 dan sudah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland yang artinya lebih aman untuk mata.

Review Redmi Note 8: Smartphone Terjangkau dengan Performa dan Kamera Mumpuni di Kelasnya 4

Anda akan disuguhkan beberapa opsi tampilan layar mulai dari Sunlight untuk pemakaian di bawah sinar matahari, Mode Malam untuk malam hari, Mode Baca, hingga opsi untuk penyesuaian suhu warna. Yang tidak kalah penting, layar Redmi Note 8 telah dilindungi oleh Gorilla Glass 5.

Untuk penggunaan sehari-hari kami tidak menemukan masalah berarti dari layar Redmi Note 8. Ketajamannya bagus, warnanya juga enak dilihat, dan tingkat kecerahannya pun cukup baik. Semua kebutuhan standar seperti chatting, browsing, menonton video, hingga bermain games terasa menyenangkan di layar ini.

Review Redmi Note 8: Smartphone Terjangkau dengan Performa dan Kamera Mumpuni di Kelasnya 5

Soal audio, speaker internal Redmi Note 8 mampu mengeluarkan suara yang sekitar 40 persen lebih lantang dan jernih. Saking lantangnya, kekuatan gelombang audio dari speaker Redmi Note 8 ini mampu untuk membersihkan debu yang biasanya sering memenuhi bagian lubang speaker.

MIUI 10 berbasis Android 9.0 Pie

Sama seperti saudaranya, Redmi Note 8 dibekali sistem operasi MIUI 10 terbaru berbasis Android 9.0 Pie. Dari segi antarmuka maupun ketersediaan fitur di dalamnya tidak banyak perbedaan. Desainnya masih sederhana tanpa app drawer, dan tetap menonjolkan warna-warna cerah.

Fitur-fitur unggulan seperti Second Space, Dual Apps, ShareMe untuk berbagi file, MiRemote, dan fungsi gesture masih akan Anda temukan di sini. Ada pula Emergency SOS yang berfungsi sebagai fitur untuk menghubungi keluarga atau teman saat keadaan darurat. Bloatware menurut kami cukup minim, jadi tidak ada yang perlu dikeluhkan.

Yang paling kami suka, Redmi Note 8 kini sudah memiliki sertifikasi Widevine L1. Bagi yang belum tahu, dengan Widevine L1 Redmi Note 8 bisa memutar konten ber-DRM (Digital Rights Management) dalam resolusi HD. Salah satunya adalah Netflix. Harus digarisbawahi, tidak semua smartphone terjangkau sudah mendukung Widevine L1.

Quad-Camera 48 megapixel

Inilah yang menjadi keunggulan utama dari Redmi Note 8. Ya, apalagi kalau bukan quad-camera yang terdiri dari kamera utama 48 megapixel f/1.8, 8 megapixel f/2.2 ultra wide, 2 megapixel macro, dan 2 megapixel depth sensor. Untuk selfie, ada kamera 13 megapixel di depan. Kombinasi yang menggiurkan untuk sebuah smartphone dengan harga mulai dari 2 juta rupiah.

Review Redmi Note 8: Smartphone Terjangkau dengan Performa dan Kamera Mumpuni di Kelasnya 6

Keberadaan 4 lensa yang berbeda juga membuka kemungkinan bagi para penggunanya untuk mendapatkan perspektif baru saat memotret. Selain itu, kamera Redmi Note 8 juga memiliki pilihan mode yang beragam, termasuk 48 MP, Portrait, Night, Panorama, dan Pro.

Bagaimana dengan hasil fotonya? Pada kondisi pemotretan indoor dengan bantuan cahaya lampu maupun di outdoor, kamera Redmi Note 8 mampu menangkap gambar dengan baik. Bukan cuma menghasilkan detail gambar yang tajam, warnanya juga natural dan tidak diangkat saturasinya secara berlebihan.

Hasil foto Redmi Note 8

Hasil kamera Redmi Note 8 (5)

Hasil kamera Redmi Note 8 (3)

Hasil kamera Redmi Note 8 (2)

Hasil kamera Redmi Note 8 (6)

Untuk kamera macro-nya, terkadang agak sulit bagi kami mendapatkan foto yang bagus jika tidak menggunakan bantuan tripod. Pastikan tangan Anda benar-benar stabil jika ingin hasilnya tajam. Foto yang dihasilkan dari lensa macro ini warnanya juga sedikit lebih redup. Sementara untuk depth sensor, efek bokeh yang diciptakannya tampak rapi asalkan objek tidak terlalu rumit dan cahaya memadai.

Hasil foto Redmi Note 8 Makro (3)

Hasil foto Redmi Note 8 Makro (1)

Dalam keadaan cahaya yang lebih minim, atau ketika memotret di malam hari, mode Night sangat membantu untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus secara mudah. Cara kerja mode ini sama seperti mode serupa kebanyakan, yakni mengambil beberapa foto sekaligus untuk menghasilkan satu foto akhir dengan tingkat pencahayaan, warna, dan ketajaman yang ideal.

Sedikit membahas soal videografi, Redmi Note 8 mampu merekam video hingga resolusi 4K di 30fps. Untuk resolusi 1080p, Anda bisa memilih antara 60fps atau 30fps. Tapi perlu digarisbawahi, 1080p di 30fps akan terlihat lebih stabil karena fitur EIS aktif. Sedangkan di 60fps tidak. Tidak ketinggalan, ada juga fitur untuk membuat video Slow Motion di 240 fps.

Performa oke untuk gaming

Redmi Note 8 dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 665. Bagi yang belum tahu, Snapdragon 665 sudah menggunakan fabrikasi 11nm. Berbeda dengan Snapdragon 660 yang masih 14nm. Bukan cuma menjanjikan performa yang lebih kencang, dari segi efisiensi chipset ini juga disebut-sebut lebih hemat daya.

Dengan perbedaan harga yang tidak terlalu jauh, Anda bisa memilih opsi RAM mulai dari 3 GB, 4 GB, hingga 6 GB. Sementara untuk memori internal, kapasitasnya mulai dari 32 GB, 64 GB, dan yang paling tinggi, 128 GB. Varian yang kami uji kali ini adalah yang 6/128 GB.

Snapdragon 665 ditambah dengan RAM 6 GB tentunya sudah lebih dari cukup untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Semua kegiatan yang kami lakukan di Redmi Note 8 terasa mulus dan responsif. Selain itu, untuk urusan gaming pun Snapdragon 665 tergolong salah satu yang terbaik di kelas harganya.

Review Redmi Note 8: Smartphone Terjangkau dengan Performa dan Kamera Mumpuni di Kelasnya 7

Kami sempat mencoba beberapa judul game populer. Pada COD Mobile di pengaturan grafis High dan frame rate High, game bisa dimainkan dengan cukup stabil. Meski di kondisi tertentu Anda masih akan menemukan frame rate drop, tapi menurut kami tidak signifikan dan tidak terlalu mengganggu keasyikan bermain.

Sementara untuk game PUBG Mobile, secara default Redmi Note 8 akan memilih setting Low. Semua tetap terasa lancar dan tidak banyak kendala yang berarti. Terakhir pada Asphalt 9, Redmi Note 8 juga masih mampu menjalankannya dengan lumayan lancar di setting Performance.

Nah, untuk lebih menggambarkan seperti apa performa dari Redmi Note 8, berikut kami sajikan hasil pengujian menggunakan beberapa aplikasi benchmark:

Baterai cukup awet, tapi belum didukung charger yang maksimal

Redmi Note 8 hadir dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Tergolong standar untuk smartphone masa kini dan masih kalah besar dibanding pesaing utamanya dari brand sebelah. Walaupun demikian, kapasitas ini tentunya masih amat memadai untuk menunjang aktivitas Anda seharian penuh. Dengan gaya pemakaian normal, Redmi Note 8 bisa menemani kami dari pagi hingga malam hari.

Untuk pengisian dayanya, sesungguhnya Redmi Note 8 sudah dibekali teknologi fast charging 18W. Sayangnya, dalam paket penjualannya tidak langsung disertai charger yang mendukung fitur. Anda harus membelinya secara terpisah. Kalau menggunakan charger bawaannya, butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk dapat terisi penuh dari kondisi di bawah 5 persen.

Review Redmi Note 8: Smartphone Terjangkau dengan Performa dan Kamera Mumpuni di Kelasnya 8
Redmi Note 8 Neptune Blue

Kesimpulan

Redmi Note 8 merupakan jawaban yang tepat dari Xiaomi Indonesia untuk bisa mempertahankan kejayaan mereka di tengah perang harga gila-gilaan yang dilakukan banyak produsen smartphone masa kini. Bisa dibilang, sebelum kehadiran Redmi Note 8 dan Note 8 Pro, Xiaomi seperti mulai kehilangan greget-nya.

Ya, secara value, Redmi Note 8 memang amat kompetitif. Dan jika dilihat dari perbandingan spesifikasi maupun fitur, Redmi Note 8 layak disebut salah satu yang paling menggiurkan di kelasnya. Performa cukup kencang, kamera juga memadai untuk memotret di berbagai kondisi, dan baterainya pun awet.

Dibanderol mulai dari Rp1.999.000, Redmi Note 8 cocok untuk Anda yang mencari smartphone terjangkau dengan kemampuan gaming dan kamera di atas rata-rata.

Yang Canggih:

  • Desain modern dengan warna gradasi yang menawan
  • Layar sedap dipandang, sudah punya sertifikasi TUV Rheinland
  • Sudah didukung Widevine L1, Netflix bisa HD
  • Kamera tergolong bagus di kelasnya
  • Pilihan lensa lengkap: Ultrawide, Macro, Depth Sensor
  • Performa oke dengan Snapdragon 665
  • Baterai cukup awet

Yang Kurang

  • Bodi mudah kotor oleh bekas jari
  • Charger 18W dijual terpisah
Redmi Note 8 cocok untuk Anda yang mencari smartphone terjangkau dengan kemampuan gaming dan kamera di atas rata-rata

4
Cek Harga

1 KOMENTAR

Beri komentar

%d bloggers like this: