Homepage Mobile Gadget Aksesoris Gadget Review Plantronics Backbeat Pro 5100: Earbuds Nirkabel dengan Kemampuan Isolasi Suara Jempolan

Review Plantronics Backbeat Pro 5100: Earbuds Nirkabel dengan Kemampuan Isolasi Suara Jempolan

4.5

Selain jam tangan pintar, perangkat wearable yang juga populer saat ini adalah earbud nirkabel. Tidak heran karena earbud nirkabel memang menawarkan banyak keuntungan. Salah satu yang paling utama earbud nirkabel memungkinkan pengguna untuk bergerak lebih leluasa tanpa perlu direpotkan dengan urusan kabel.

Review Plantronics Backbeat Pro 5100: Earbuds Nirkabel dengan Kemampuan Isolasi Suara Jempolan 1

Di artikel berikut kami akan mengulas earbud nirkabel Plantronics Backbeat Pro 5100 yang resmi tersedia di pasaran bulan September lalu. Penasaran bagaimana performa earbud nirkabel dengan dimensi sangat mungil ini? Simak ulasannya berikut ini

Desain sangat inovatif, isolasi suara amat baik

Seperti earbud nirkabel kebanyakan Backbeat Pro 5100 hadir dengan dimensi yang sangat mungil. Dalam paket penjualannya tersedia satu charging case, kabel micro USB dan 3 modul eartips dengan ukuran S, M dan L.

Review Plantronics Backbeat Pro 5100: Earbuds Nirkabel dengan Kemampuan Isolasi Suara Jempolan 2

Satu hal yang wajib diacungi jempol adalah rancangan modul eartips Backbeat Pro 5100 yang sangat inovatif dan berbeda seperti earbud nirkabel pada umumnya.

Berkat rancangan modul eartipsnya yang cerdas ini setidaknya ada 3 keunggulan yang kami rasakan. Pertama, ukuran eartips bisa disesuaikan dengan kanal dan besar lubang telinga. Ini sangat penting karena lubang telinga orang diciptakan berbeda-beda.

Keunggulan kedua, Backbeat Pro 5100 nyaman digunakan dalam jangka waktu lama dan bisa terpasang di telinga dengan sangat sempurna meski Anda banyak bergerak. Bahkan, saat kami ajak berolahraga lari earbud nirkabel ini berhasil menempel di telinga tanpa terlepas sedikitpun.

Keunggulan ketiga adalah isolasi suara yang amat baik. Dengan rancangan yang memungkinkan eartipsnya masuk ke kanal telinga lebih dalam, Backbeat Pro 5100 mampu mengisolasi suara dengan sangat baik.

Meski tanpa fitur penangkat bising aktif, nyaris tidak terdengar suara bising dari lingkungan sekitar saat menggunakannya. Oleh karena itu Anda wajib waspada saat menggunakannya berolahraga atau berjalan di tempat umum.

Untuk mendukung aktivitas Anda, Backbeat Pro 5100 juga telah dirancang tahan keringat dan air dengan rating IPX4. Jadi Anda tidak perlu khawatir saat mengajaknya berolahraga di kondisi cuaca yang tidak menentu.

Dilengkapi sensor pintar

Di Backbeat Pro 5100 juga tersedia fitur Smart Sensor. Fitur ini memungkinkan Backbeat Pro 5100 untuk menghentikan musik yang didengar secara otomatis saat dilepas dari telinga. Saat dipasang kembali musik akan kembali diputar secara otomatis.

Fitur ini jelas sangat membantu saat Anda misalnya bertemu dengan orang dan harus berbicara. Cukup dengan melepas salah satu earbuds dari telinga musik yang didengar akan langsung terhenti tanpa perlu repot mengeluarkan smartphone dari tas atau saku celana.

Mic dengan teknologi Windsmart

Seperti kebanyakan earbuds nirkabel BackBeat Pro 5100 juga telah dilengkapi dengan Mic terintegrasi. Bedanya, mic BackBeat Pro 5100 telah dilengkapi fitur penangkal bising dan teknologi WindSmart.

Kami cukup terkesan dengan kemampuan mic yang mampu meminimalkan suara bising tersebut. Saat mengujinya dengan melakukan panggilan telepon di kondisi yang cukup bising, lawan bicara ternyata masih bisa mendengarkan suara kami dengan sangat jelas.

Kualitas suara memuaskan

Review Plantronics Backbeat Pro 5100: Earbuds Nirkabel dengan Kemampuan Isolasi Suara Jempolan 3
Meski rancangannya sangat mungil, Backbeat Pro 5100 hadir dengan driver berukuran 5.8mm. Sementara konektivitasnya Backbeat Pro 5100 mengandalkan teknologi Bluetooth 5.0.

Dari pengujian kami, saat menghubungkan Backbeat Pro 5100 ke iPhone untuk mendengarkan musik kemampuannya terhubung ke iPhone terasa sangat cepat. Pairing antar earbuds pun bisa dilakukan secara otomatis setelah dikeluarkan dari case pelindungnya.

Tapi, sayangnya Backbeat Pro 5100 belum mendukung kemampuan terhubung ke dua perangkat sekaligus. Jadi jika Anda menggunakan dua smartphone harus pilih salah satu smartphone mana yang ingin terhubung dengan Backbeat Pro 5100.

Untuk kualitas suaranya sendiri terdengar natural dan nyaman di telinga. Tonal suaranya sangat seimbang. Bass tetap terasa bertenaga dan tidak menutupi sektor mid dan high pada vokal. Bagi sebagian orang mungkin porsi bass yang dihasilkan akan kurang bertenaga, sebagai solusinya kami sarankan mengganti ukuran eartips yang lebih kecil. Dengan eartips yang lebih kecil isolasi suara akan lebih baik sehingga porsi bass akan terasa lebih bertenaga.

Anda juga tidak diijinkan untuk mengatur pengaturan suaranya. Pasalnya, di aplikasinya tidak tersedia profil suara ataupun fitur EQ untuk mengatur suaranya sesuai selera.

Sebagai earbud nirkabel navigasi Backbeat Pro 5100 juga dipermudah dengan panel sentuhnya yang mendukung gestur tap. Saat digunakan panel sentuhnya ini sangat respon dengan sentuhan jari. Lewat aplikasi BackBeat di smartphone pengguna bisa mengatur fungsi panel sentuhnya tersebut. Dengan demikian, kendali musik dan pengaturan lainnya bisa lebih mudah diakses.

Baterai tahan lama

Untuk mendengarkan musik Backbeat Pro 5100 baterai Backbeat Pro 5100 bisa digunakan hingga sekitar 6.5 jam. Cukup tahan lama dan di atas rata-rata earbuds nirkabel lain yang umumnya hanya 5 jam. Dari pengujian kami, untuk penggunaan yang intens sehari-hari setidaknya Backbeat Pro 5100 harus diisi ulang baterainya sehari sekali. Saat setiap kali mulai menggunakannya Backbeat Pro 5100 juga akan menginformasikan kapasitas baterai yang tersisa dan akan menginformasikan ke pengguna kapan baterai harus diisi ulang.

Review Plantronics Backbeat Pro 5100: Earbuds Nirkabel dengan Kemampuan Isolasi Suara Jempolan 4

Berkat bantuan case pelindungnya Anda bisa mendapatkan waktu guna ekstra 13 jam jadi total waktu gunanya bisa hingga 19 jam. Untuk menyesuaikan aktivitas Anda, baterainya ini juga mendukung fitur isi ulang cepat. Dengan waktu isi ulang baterai sekitar 10 menit Anda bisa menggunakannya hingga sekitar 1 jam.

Case pelindung Backbeat Pro 5100 juga hadir dengan dimensi yang ringkas dan minimalis. Jadi akan sangat mudah dibawa berpergian, bahkan bisa masuk ke dalam saku celana. Di bagian dalam Backbeat Pro 5100 bisa tersimpan dengan aman berkat rancangan slot magnetik yang diusungnya.

Kendati demikian, sayangnya case tersebut belum dilengkapi dengan konektivitas USB Type-C ataupun fitur pengisian ulang baterai secara nirkabel. Untuk isi ulang baterai casenya masih mengandalkan port micro USB.

Kesimpulan

Harga jual earbuds nirkabel dengan fitur penangkal bising aktif saat ini memang relatif mahal. Peluang inilah yang nampaknya menjadikan Backbeat Pro 5100 wajib untuk dilirik.

Lewat rancangannya yang inovatif, Plantronics Backbeat Pro 5100 mampu menghadirkan isolasi suara yang baik meski tanpa fitur penangkal bising aktif. Bahkan, kenyamanan, kualitas suara dan daya tahan baterai yang ditawarkan juga amat baik.

Dengan harga jual di kisaran 2,5 juta Rupiah dan kompatibel dengan perangkat iOS atau Android, Plantronics Backbeat Pro 5100 cocok untuk Anda yang sedang mengincar earbuds nirkabel dengan kemampuan isolasi suara jempolan untuk teman mobilitas ataupun berolahraga.

Yang Canggih:
+ Rancangan inovatif yang tahan air
+ Kemampuan isolasi suara baik
+ Bisa terpasang ke telinga dengan sempurna
+ Kualitas audio baik
+ Baterai tahan lama
+ Nyaman digunakan

Yang kurang:
– Belum mendukung konektivitas USB Type-C dan pengisian baterai secara nirkabel
– LED indikator baterai di dalam case
– Tidak dilengkapi fitur EQ

Plantronics Backbeat Pro 5100 cocok untuk Anda yang sedang mengincar earbuds nirkabel dengan kemampuan isolasi suara jempolan untuk teman mobilitas ataupun berolahraga.

4.5

Beri komentar