Homepage Foto & Video Canon EOS Ra: Mirrorless Full Frame Pertama Canon Khusus Untuk Astrofotografi

Canon EOS Ra: Mirrorless Full Frame Pertama Canon Khusus Untuk Astrofotografi

Memotret bintang ataupun benda langit lain dibutuhkan kamera khusus. Untuk itulah Canon menghadirkan EOS Ra, kamera mirrorless full frame perdananya yang diciptakan untuk astrofotografi.

Canon EOS Ra: Mirrorless Full Frame Pertama Canon Khusus Untuk Astrofotografi 1

Hadir dengan filter IR yang sudah dimodifikasi

Di sektor spesifikasi Canon EOS Ra masih sama seperti EOS R. Kamera ini hadir dengan sensor full frame yang resolusinya 30.3 megapixel dan prosesor DIGIC 8.

Canon EOS Ra: Mirrorless Full Frame Pertama Canon Khusus Untuk Astrofotografi 2

Bedanya, filter IR yang ada di depan sensornya tersebut telah dimodifikasi. Hasilnya EOS Ra mampu menangkap spektrum hidrogen alfa dengan panjang gelombang 656nm empat kali lebih banyak jika dibandingkan EOS R standar. Dengan demikian EOS Ra bisa lebih mudah menangkap sinar infra merah yang dilepaskan oleh benda-benda di ruang angkasa seperti misalnya nebula.

Jendela bidik elektronik dan mode Live View dengan pembesaran hingga 30x

Perbedaan lain kemudian bisa terlihat di jendela bidik dan mode Live View. Canon EOS Ra hadir dengan jendela bidik elektronik dan mode Live View dengan kemampuan pembesaran hingga 30x. Meningkat 3 kali lipat jika dibandingkan EOS R yang hanya 10x. Peningkatan ini memungkinkan pengguna untuk lebih mudah mencari dan mengunci focus saat memotret benda-benda di langit yang sulit terlihat.

Canon EOS Ra dijual dengan harga US$2500 untuk bodi saja. Harganya ini lebih mahal jika dibandingkan dengan EOS R standar yang harganya US$1800.

Beri komentar