Home Mobile Gadget Aksesoris Gadget Review Funsnap Capture 2: Gimbal Smartphone Ekonomis, Kemampuan Stabilisasi Optimal

Review Funsnap Capture 2: Gimbal Smartphone Ekonomis, Kemampuan Stabilisasi Optimal

4

Untuk membuat konten video yang lebih mulus menggunakan smartphone para pembuat konten wajib memiliki sebuah gimbal smartphone. Untungnya di pasaran saat ini tersedia beragam model gimbal smartphone yang dijual dengan harga variatif. Tapi, satu hal yang menarik harga gimbal smartphone kini semakin terjangkau. Salah satunya adalah Capture 2 yang merupakan gimbal smartphone dari pabrikan Funsnap. Apakah gimbal smartphone ini menawarkan sesuatu yang berbeda jika dibandingkan para pesaingnya? Simak ulasannya berikut ini.

Review Funsnap Capture 2: Gimbal Smartphone Ekonomis, Kemampuan Stabilisasi Optimal 1

Rancangan kokoh

Funsnap Capture 2 hadir dengan desain yang sekilas mirip DJI Osmo Mobile 2. Satu hal yang kami sukai meski harga jualnya terjangkau, rancangannya secara keseluruhan terasa sangat kokoh saat digenggam tangan. Cukup disayangkan Capture 2 belum hadir dengan desain lipat yang sedang tren di segmen gimbal smartphone. Jadi, gimbal ini akan cukup banyak menyita tempat di dalam tas saat diajak berpergian.

Review Funsnap Capture 2: Gimbal Smartphone Ekonomis, Kemampuan Stabilisasi Optimal 2

Di samping hand gripnya bisa ditemukan sebuah roda yang berfungsi untuk zoom dan tombol trigger di bagian belakang gripnya. Selain itu tersedia juga port MicroUSB untuk isi ulang baterai. Di grip tersebut juga tersedia tombol power/mode, tombol untuk mengambil foto, dan joystick.

Review Funsnap Capture 2: Gimbal Smartphone Ekonomis, Kemampuan Stabilisasi Optimal 3

Sementara di bagian lehernya, Funsnap Capture 2 hadir dengan sebuah penjepit yang bisa diputar untuk mengubah orientasi smartphone dari horisontal ke vertikal. Satu keunikan dari Funsnap Capture 2 adalah absennya pemberat untuk menyeimbangkan smartphone seperti yang ada di gimbal smartphone pada umumnya.

Review Funsnap Capture 2: Gimbal Smartphone Ekonomis, Kemampuan Stabilisasi Optimal 4

Untuk menyeimbangkan smartphone agar posisinya lurus horisontal lehernya menggusung mekanisme geser/tarik. Pada prakteknya cara ini memang jauh lebih mudah untuk menemukan titik seimbang. Walau begitu terkadang memang agak kurang akurat. Sebagai contoh kami bisa menyeimbangkan iPhone 7 Plus dengan sempurna, sementara saat kami ganti ke smartphone Huawei Mate 20 posisinya sedikit tidak seimbang dan kurang pas.

Kendati demikian ini bukan masalah yang berarti karena secara otomatis Funsnap 2 akan menyeimbangkan smartphone ke posisi horisontal saat dinyalakan dan tersedia opsi pengaturan horisontal secara manual di aplikasinya. Selain itu lewat aplikasinya tersebut juga telah tersedia fitur kalibrasi untuk melakukan kalibrasi ulang motor penggeraknya.

Kompatibel hampir semua jenis smartphone

Funsnap Capture 2 kompatibel hampir dengan semua smartphone. Jepitan smartphone yang dibawanya ini mendukung smartphone dengan lebar bodi 58.6 hingga 92mm. Untuk smartphone Android pastikan smartphone menjalankan OS Android minimal 8.1 dan iPhone minimal iOS 10 agar bisa menjalankan aplikasinya.

Review Funsnap Capture 2: Gimbal Smartphone Ekonomis, Kemampuan Stabilisasi Optimal 5

Satu keunggulan dari Funsnap Capture 2 adalah rancangan motor penggeraknya yang sangat kuat. Motor penggeraknya sanggup menahan beban smartphone hingga 250 gram. Ini artinya Anda masih dimungkinkan untuk memasang aksesoris seperti mic, casing, hingga lensa tambahan ke smartphone.

Mudah digunakan

Untuk memulai menggunakan Funsnap 2 Anda hanya perlu memasang smartphone ke penjepitnya lalu pastikan smartphone ini di posisi lurus horisontal. Kemudian, unduh aplikasinya dan nyalakan Bluetooth. Saat aplikasinya dibuka Funsnap Capture 2 akan secara otomatis terhubung ke smartphone dan siap digunakan.

Sebelum mulai mengambil gambar kami mencoba untuk melakukan kalibrasi ulang motor penggeraknya. Proses kalibrasi Funsnap Capture 2 menurut kami juga sangat mudah dan singkat. Di versi terbaru aplikasinya fitur kalibrasi ini bisa dilakukan langsung secara otomatis. Setelah proses kalibrasi selesai Funsnap Capture 2 akan nonaktif dan bisa diaktifkan kembali setelah menunggu sekitar 15 detik.

Fitur cukup lengkap

Untuk merekam video menggunakan gimbal ini ada 2 opsi. Anda bisa langsung menggunakan aplikasi kamera bawaan smartphone atau bisa juga lewat aplikasi Funsnap Capture 2.

Review Funsnap Capture 2: Gimbal Smartphone Ekonomis, Kemampuan Stabilisasi Optimal 6

Aplikasi Funsnap Capture 2 cukup sederhana dan tidak banyak pengaturan atau opsi yang ditawarkan. Seperti kebanyakan gimbal pada umumnya Funsnap Capture 2 juga mendukung fitur pelacakan otomatis berdasarkan wajah dan target. Selain itu tersedia juga beragam mode pengambilan foto seperti panorama, long exposure hingga tersedia beragam efek filter dan filter beauty untuk mempercantik wajah Anda.

Untuk mode pengambilan gambar Funsap Capture 2 hanya membawa 3 mode. Berpindah setiap mode hanya perlu menekan tombol powernya dan lampu LED indikatornya akan menjadi penanda.

Review Funsnap Capture 2: Gimbal Smartphone Ekonomis, Kemampuan Stabilisasi Optimal 7

Lampu LED berwarna hijau Anda berada di mode Full Follow. Di mode gimbal bisa digerakkan bebas panning ke kiri dan kanan atau tilt atas atau bawah. Lampu berwarna merah di mode Locked semua posisi akan terkunci jadi kamera smartphone akan tetap mengarah ke target kemanapun tangan bergerak. Yang terakhir lampu LED berwarna biru di mode Pitch Follow. Di mode ini gimbal akan mempertahankan smartphone pada posisi horisontal dan mengikuti pergerakan panning ke kiri atau kanan.

Tombol di belakang gripnya juga bisa diatur untuk masuk ke Phone Go Mode atau FPV mode. Di mode PhoneGo kecepatan motor akan ditingkatkan untuk mengikuti pergerakan dengan lag yang lebih minim. Mode ini ideal untuk pengambilan gambar yang dibarengi dengan gerakan seperti misalnya sambil berjalan atau lari.

Review Funsnap Capture 2: Gimbal Smartphone Ekonomis, Kemampuan Stabilisasi Optimal 8

Untuk menyesuaikan kebutuhan pengambilan gambar tersedia mode Scene yang terdiri dari 3 opsi yaitu Walk, Sport dan Extreme. Saat mencoba mode Sport dan digunakan sambil berlari gimbal ini tetap bisa menjaga tangkapan gambar dan meminimalkan goyangan dengan baik.

Mode Sport test (klik gambar untuk memutar video)
IMG_2842

Kehadiran roda zoom yang dibawanya juga amat membantu untuk melakukan zoom in atau zoom out. Kendati demikian, pergerakan roda zoom ini masih agak kurang halus dan menurut kami cukup bergantung pada kemampuan zoom kamera smartphone.

Zoom test (klik gambar untuk memutar video)
IMG_4290

Secara keseluruhan kami terkesan dengan kinerjanya yang mampu menstabilkan pengambilan video dengan sangat optimal. Kinerja motor penggeraknya pun sangat halus dan tidak berisik. Patut diperhatikan Anda juga wajib menjaga pergerakkan tangan agar tidak terlalu cepat. Pasalnya, bagian lehernya memang agak sensitif dan rawan geser dari posisi horisontal.

Berikut hasil video yang diambil menggunakan Funsnap Capture 2

Baterai tahan lama

Untuk daya tahan baterainya Funsnap Capture 2 ditenagai dengan baterai 4000mAh yang diklaim bisa tahan hingga 12 jam. Cukup untuk mengakomodir kegiatan pengambilan video seharian. Jika baterainya habis Anda pun masih bisa isi ulang baterainya lewat bantuan powerbank.

Kesimpulan

Funsnap Capture 2 memang bukan gimbal yang menawarkan banyak fitur seperti kompetitornya. Dengan fitur yang sederhana dan mudah digunakan gimbal ini menurut kami fokus pada stabilisasi dengan menawarkan kinerja stabilisasi yang optimal dan rancangan solid yang nyaman saat digenggam tangan. Selain kemampuan stabilisasi kehadiran roda zoom di Funsnap Capture 2 juga menjadi salah satu daya tarik di kelas harganya. Dijual dengan harga tidak sampai 1 juta Rupiah, Funsap Capture 2 merupakan gimbal smartphone ekonomis dengan kemampuan stabilisasi jempolan. Funsnap Capture 2 sangat kami rekomendasikan untuk pengguna yang sering merekam video dengan smartphone.

Yang canggih:
+ Harga terjangkau
+ Dilengkapi zoom wheel
+ Mudah digunakan
+ Baterai tahan lama
+ Rancangan solid dan nyaman digenggam

Yang kurang:
– Fitur terbatas
– Berpindah orientasi dari horisontal ke vertikal belum otomatis

Dijual dengan harga tidak sampai 1 juta Rupiah, Funsap Capture 2 merupakan gimbal smartphone ekonomis dengan kemampuan stabilisasi jempolan.

4

Review Funsnap Capture 2: Gimbal Smartphone Ekonomis, Kemampuan Stabilisasi Optimal 9
Renhard Harjantohttps://www.yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2011, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari smartphone, tablet, komputer, hingga fotografi dan videografi.

Beri komentar