Microsoft Surface Neo: Tawarkan Dua Layar 9 Inci dan Sistem Operasi Windows 10X

Setelah rumornya ramai beredar di dunia maya, Microsoft akhirnya secara resmi memperkenalkan Surface Neo. Dari sederet fitur canggih yang dimiliki, salah satu yang paling menarik perhatian adalah desainnya yang mengusung dua buah layar berukuran 9 inci.

Engsel 360 derajat

svg%3E

Perlu diketahui bahwa selain Surface Neo, Microsoft juga telah mengumumkan Surface Duo, perangkat yang juga mengusung dua layar sekaligus. Sama seperti saudaranya, kedua layar Surface Neo dipisahkan oleh engsel yang bisa berputar 360 derajat. Artinya, perangkat ini bisa dilipat ke arah dalam maupun luar.

Seperti disebutkan di atas, masing-masing layar pada Surface Neo berukuran 9 inci. Namun ketika lipatannya dibuka, Surface Neo berubah menjadi perangkat berlayar 13 inci. Menurut Microsoft, konsep seperti ini dirancang untuk menunjang produktivitas dan multitasking layarknya PC sesungguhnya.

svg%3E

Menurut Microsoft, Surface Neo merupakan perangkat yang amat ramping dengan bezel hanya 5,6mm dan ketebalan sekitar 11,2mm saja. Bobotnya juga ringan, cuma 1,3 kilogram. Microsoft juga memberikan perlindungan Gorilla Glass pada layar yang diklaim sebagai LCD paling tipis yang pernah ada.

Nantinya, Surface Neo juga kompatibel dengan keyboard yang bisa dibongkar-pasang, Surface Pen, serta mouse nirkabel berbasis Bluetooth. Sayangnya, sama seperti Surface Duo Microsoft juga belum mau menjelaskan lebih rinci spesifikasi lengkap dari Surface Neo. Kemungkinan, Surface Neo akan dipersenjatai prosesor Intel Lakefield dengan engine grafis generasi terbaru.

Sistem operasi Windows 10X

svg%3E

Ada satu hal unik lainnya yang akan ditemukan pengguna pada Surface Neo. Perangkat tersebut mengadopsi sistem operasi baru yang disebut Windows 10X. Secara garis besar Winwdows 10X sama dengan Windows 10. Tapi bedanya, tampilannya dirancang khusus untuk PC dengan layar ganda. Penggunaan OS Windows 10X memungkinkan user untuk menampilkan konten di satu layar dan melakukan pekerjaan lainnya di layar yang satunya atau menjadikannya sebagai track pad.

Microsoft Surface Neo kabarnya baru akan meluncur ke pasaran sekitar akhir tahun 2020 mendatang. Khusus untuk Windows 10X, nantinya OS tersebut juga bisa dinikmati di perangkat Dual-Screen PC lainnya yang saat ini sedang digarap oleh Asus, Dell, HP, dan Lenovo.

Verified by MonsterInsights