Microsoft Surface Duo: Smartphone Android dengan Dua Layar dan Engsel 360 Derajat

Microsoft mengumumkan kehadiran produk terbarunya yang bisa dibilang cukup mengejutkan. Disebut Surface Duo, ini adalah smartphone canggih berbasis Android dengan konsep foldable (bisa dilipat) yang ketika dibuka berubah menjadi perangkat seukuran tablet.

Dua buah layar yang terpisah

svg%3E

Jika dilihat sekilas, Microsoft Surface Duo tampak mirip dengan Galaxy Fold. Namun jika diperhatikan lebih dekat, smartphone ini tidak menggunakan layar lentur seperti pesaingnya itu, melainkan memasang dua layar yang dipisahkan oleh sebuah engsel di bagian tengahnya.

Kedua layar tersebut masing-masing berukuran 5,6 inci. Ketika diubah ke mode tablet, ukuran layarnya menjadi 8,3 inci. Lebih besar dan memuaskan untuk menikmati beragam konten seperti foto, video, atau yang lainnya. Kerennya lagi, karena engselnya bisa berputar 360 derajat, Surface Duo tidak hanya bisa dilipat ke dalam tetapi juga ke arah luar sehingga kedua layarnya berada di depan dan belakang.

Dua layar yang terpisah ini juga memungkinkan metode penggunaan yang lebih menarik. Misalnya dengan posisi seperti laptop, layar yang satu bertugas sebagai monitor sementara yang satunya bisa menampilkan keyboard untuk mengetik. Selain itu, bisa juga salah satu layar ini difungsikan sepenuhnya sebagai controller saat bermain games.

svg%3E

svg%3E

Sayangnya Microsoft belum menjelaskan lebih jauh seperti apa spesifikasi lengkap dari Surface Duo. Berapa resolusi layarnya, prosesor apa yang digunakan, dan seberapa besar baterainya belum diumumkan. Yang pasti, perangkat ini mengadopsi Microsoft Launcher dan memiliki Google Play Store.

Meluncur tahun depan

Menurut Microsoft, Surface Duo baru akan dilepas ke pasaran mulai tahun, sekitar bulan November atau Desember 2020. Dengan waktu yang masih cukup lama, ada kesempatan bagi para developer untuk mengembangkan aplikasi mereka agar dapat berjalan optimal di Surface Duo. Bagaimana menurut Anda? Tertarik menantikan perangkat ini?

Verified by MonsterInsights