Quantcast
2-in-1 notebookKomputerNewsReview

Review HP Envy x360 13 2019: Laptop Konvertibel Berdesain Keren dengan AMD Ryzen 7 3700U dan SSD 512GB

Sukses AMD Ryzen di pasaran global telah berhasil mendorong rasa percaya diri para pabrikan komputasi untuk menghadirkan PC atau laptop yang berbasis AMD Ryzen. Nah, di tahun ini HP kembali mencuri perhatian kami lewat Envy x360 13 2019 yang tetap mengusung platform AMD Ryzen. Disiapkan sebagai pembaruan HP Envy x360 13 yang meluncur di tahun 2018 lalu, Envy x360 13 2019 kini datang dengan prosesor AMD Ryzen generasi ketiga. Apakah laptop ini masih sehebat pendahulunya? Temukan jawabannya di artikel berikut.

HP Envy x360 13 2019 1

Desain premium dan elegan

Satu hal yang tidak berubah dari HP x360 2019 adalah desainnya yang tetap terlihat sangat cantik dan elegan. Rancangan bodinya juga terasa sangat premium berkat material bodi alumunium yang dilapisi warna abu-abu tua atau nightfall black.

Dimensinya pun tetap sangat ringkas. Ketebalan bodinya hanya sekitar 14.7mm dan dengan bobot yang ringan hanya sekitar 1,30 Kg. Sangat hemat tempat dan mudah diajak bermobilitas.

Review HP Envy x360 13 2019 3

Sebagai laptop konvertibel, HP x360 13 2019 membawa layar dengan engsel fleksibel. Engsel layarnya ini terasa sangat kokoh sehingga Anda tidak perlu khawatir saat membuka tutup atau melipat layarnya tersebut.

Seperti laptop konvertibel lain Anda bisa melipat layarnya untuk digunakan ke 4 mode penggunaan yaitu tablet, tent, stand dan laptop. Saat digunakan di mode tablet keyboardnya secara otomatis tidak akan berfungsi, jadi Anda bisa menggunakannya tanpa perlu khawatir akan mengetik dengan tidak sengaja.

Layar nyaris sempurna

Di sektor layar, HP x360 13 2019 membawa panel layar sentuh IPS 13.3 inci yang resolusinya Full HD. Visual yang tersaji di layarnya terlihat tajam dan warnanya juga sangat memanjakan mata. Layarnya ini telah dilapisi lapisan pelindung Corning Gorilla Glass sehingga lebih kuat menahan benturan dan goresan.

Review HP Envy x360 13 2019 2

Kendati demikian, panel layarnya kurang nyaman saat digunakan di luar ruangan. Saat kami gunakan mengetik di luar ruangan atau di bawah kondisi pencahayaan yang sangat terang, layarnya ini menjadi agak sulit terlihat karena tingkat kecerahan yang tidak terlalu tinggi dan memantulkan bayangan.

Jika sering menyentuh layarnya, layarnya tersebut juga mudah kotor dan harus sering dibersihkan dari noda sidik jari yang menempel. Sebagai alternatif Anda bisa memanfaatkan input pena stylus aktif bawaannya untuk membuat coretan atau menulis di layarnya.

HP Envy x360 13 2019 10

Respon layarnya dengan sentuhan pun amat baik. Membuat coretan atau tulisan menggunakan pena stylus aktif bawaannya juga nyaman dan akurat, nyaris tidak terasa ada lag. Pena stylus aktif dari HP ini ditenagai dengan baterai AAAA yang cukup jarang bisa ditemukan di pasaran. Jadi akan cukup merepotkan jika mendadak baterainya habis.

Keyboard nyaman untuk mengetik

Review HP Envy x360 13 2019 4
Untuk mengetik HP Envy x360 13 2019 membawa keyboard bergaya chiclet dengan ukuran tombol yang berukuran cukup besar dan kedalaman yang pas. Mengetik menggunakan keyboardnya terasa sangat nyaman dan bisa dilakukan dengan cepat. Di keyboardnya tersebut HP juga telah melengkapinya dengan lampu backlit.

Review HP Envy x360 13 2019 11

Menemani keyboardnya, HP menghadirkan area touchpad mouse dengan ukuran yang relatif besar. Respon touchpad mouse tersebut dengan sentuhan jari juga amat baik. Sayangnya, tombol klik touchpad mousenya ini kurang nyaman dan agak berisik saat ditekan terutama di bagian kiri.

Lindungi Privasi dengan Webcam Kill Switch

Review HP Envy x360 13 2019 5

HP Envy x360 13 2019 tambah menarik dengan hadirnya beragam fitur untuk melindungi privasi pengguna. Di laptop ini tersedia Webcam Kill Switch yang tersedia di samping kanan bodinya. Webcam Kill Switch berguna untuk menutup webcam jika tidak digunakan. Selain itu tersedia juga sensor sidik jari sebagai alternatif login menggunakan password.

Performa tambah bertenaga

Seperti generasi lawasnya, HP Envy x360 13 2019 tersedia dengan dua pilihan prosesor yakni AMD Ryzen 5 dan Ryzen 7. Untuk HP Envy x360 13 2019 yang kami review kali ini diotaki AMD Ryzen 3700U dengan RAM 16GB dan SSD 512GB. Berikut hasil benchmark dari HP Envy x360 13 dengan prosesor AMD Ryzen 7 3700U.

Secara keseluruhan dari pengujian kami HP Envy x360 13 2019 menawarkan peningkatan performa yang cukup signifikan jika dibandingkan versi lawasnya. Penyuntingan foto dan video sederhana hingga menunjang produktivitas sehari-hari menjalankan aplikasi Office dan browsing bisa dijalankan dengan mulus tanpa masalah.

HP Envy x360 13 2019 10

Sektor grafisnya yang disokong AMD Radeon RX Vega 10 ini masih bisa diandalkan untuk menikmati konten video hingga resolusi 4K dan bermain game kasual di pengaturan grafis tertentu. Game populer seperti PUBG Lite atau DOTA 2 bisa dijalankan dengan mulus di resolusi minimum hingga medium. Laptop ini juga semakin optimal untuk menikmati konten multimedia berkat quad speaker dan kualitas audionya yang jempolan dari pabrikan Bang & Olufsen .

Review HP Envy x360 13 2019 7

Manajemen thermalnya juga tergolong baik. Meski rancangan bodinya tipis tidak ada panas berlebih yang terasa saat menggunakan laptop ini. Hanya saja saat laptop berkerja dengan maksimal, suara kipasnya terdengar agak keras dan mungkin akan mengganggu bagi sebagian orang. Di laptop ini juga tersedia fitur HP Command Centre untuk mengkonfigurasi profil Thermal yang memungkinkan pengguna mengatur sistem pendinginan laptop sesuai gaya pengguna. Ada 4 profil yang tersedia HP Recommended mode (standar), Performance mode, Cool Mode dan Quiet Mode.

Daya tahan baterai cukup panjang

Lalu bagaimana dengan daya tahan baterainya? Untuk menemani Anda yang bermobilitas tinggi, baterai HP Envy x360 13 2019 tergolong cukup tahan lama. Dari pengujian kami saat digunakan untuk mengetik dan browsing dengan tingkat kecerahan layar 50% dan terhubung ke WiFi hotspot baterainya bisa bertahan hingga sekitar 7 jam. Sementara untuk menikmati konten multimedia, saat digunakan menonton video 4K dengan durasi 2 jam baterainya berkurang sekitar 40% dari 100%.

Kesimpulan

Mengusung prosesor AMD Ryzen generasi ketiga dan RAM 16GB yang lebih besar, HP Envy x360 13 2019 berhasil menawarkan peningkatan performa yang cukup signifikan jika dibandingkan generasi lawasnya. Dipadukan dengan rancagan bodi yang ringan, desain premium yang elegan dan kapasitas ruang penyimpanan SSD besar hingga 512GB, laptop ini sangat ideal untuk beragam kebutuhan komputasi termasuk menciptakan konten di mana saja.

HP Envy x360 13 2019 sangat wajib dilirik siapa saja yang membutuhkan laptop konvertibel ringkas, ringan dan bertenaga jika tidak keberatan dengan harga jualnya yang ada di kisaran 17 jutaan Rupiah. Harga jualnya ini menurut kami juga cukup sepadan dengan desainnya yang sangat menawan, performa jempolan dan kapasitas SSD besar di kelas harganya.

Yang Canggih:
+ Desain premium dan ringan
+ Kualitas tampilan amat baik
+ Keyboard dan touchpad nyaman digunakan
+ Performa oke untuk beragam kebutuhan komputasi
+ Kapasitas SSD Besar
+ Sudah termasuk pena stylus aktif
+ Port konektivitas cukup lengkap
+ Tersedia webcam kill switch

Yang Kurang:
– Tombol klik Toucpad kurang nyaman ditekan dan agak berisik
– Panel layar kurang nyaman digunakan di luar ruangan dan memantulkan bayangan
– Pena stylus aktif menggunakan baterai AAAA yang cukup jarang tersedia di pasaran
– Suara kipas terdengar agak keras saat laptop bekerja optimal

HP Envy x360 13 2019 sangat wajib dilirik siapa saja yang membutuhkan laptop konvertibel ringkas, ringan dan bertenaga jika tidak keberatan dengan harga jualnya yang ada di kisaran 17 jutaan Rupiah.
4.6
Back to top button