Review Realme 5 Pro : Smartphone Empat Kamera Tercanggih di Harga 3 Jutaan Rupiah

4.5
Cek Harga

Sejak kehadiran Realme, persaingan smartphone di kelas menengah semakin menarik. Jika dulu hanya Xiaomi yang menonjol menawarkan smartphone dengan spesifikasi baik di harga yang atraktif, kini Realme juga menawarkan hal yang sama. Bahkan dengan pilihan yang lebih beragam.

Kurang dari 5 bulan sejak kemunculan Realme 3 Pro, kini Realme 5 Pro sudah hadir di Indonesia. Satu hal yang dijualnya adalah fitur quad-camera. Berikut ulasan kami setelah menggunakan Realme 5 Pro selama 3 minggu.

Desain cover belakang ala diamond

Berbekal layar 6,3 inci, Realme 5 Pro tetap tampil ringkas dengan bingkai layar yang tipis. Hal ini dicapai dengan desain dewdrop yang menampilkan poni minimalis di bagian atas layar.

Perubahan mendasar jika dibandingkan seri Realme 3 Pro terletak di bagian belakang. Selain tatanan empat kamera di sisi kiri atas, bagian belakang Realme 5 Pro terlihat lebih mewah dengan pola diamond yang berubah warna jika terkena cahaya dari sudut yang berbeda. Terdapat dua pilihan warna, yaitu Crystal Green dan Sparkling Blue yang sama-sama keren dan tidak pasaran.

svg%3E

Sensor sidik jari yang diletakkan di bagian tengah bodi belakangnya mudah dijangkau oleh jari telunjuk saat ingin membuka kunci layar. Ini juga menandakan bahwa Realme 5 Pro masih menggunakan layar LCD biasa, bukan AMOLED seperti layar Realme X.

Kualitas layarnya amat baik, dengan resolusi Full HD+ yang dapat menampilkan berbagai visual dengan tajam. Saat dicoba di bawah pancaran sinar matahari yang sangat terang, layarnya masih bisa menampilkan informasi dengan baik saat disetel ke tingkat brightness maksimum.

Performa kencang

Berbekal chipset Qualcomm Snapdragon 712 AIE, Realme 5 Pro termasuk ngebut untuk smartphone di kelasnya. Kami mencoba memainkan banyak game populer dan Realme 5 Pro dapat menjalankannya dengan baik. PUBG Mobile misalnya, bisa dimainkan dengan mulus pada setting grafis HD. Tidak ada rasa panas atau penurunan kecepatan saat bermain terus menerus. Bahkan saat mencoba untuk merekam video time-lapse selama 1 jam, kami tidak merasakan panas berlebih di ponsel ini.

svg%3E

Performa saat menavigasi menu dan menggunakan fungsi-fungsinya juga terasa gegas dan tidak tersendat. Secara keseluruhan, performa Realme 5 Pro akan memuaskan sebagian besar pengguna kecuali pengguna yang menuntut setting grafis tertinggi saat bermain game.

Satu keunggulan chipset Qualcomm Snapdragon 712 AIE terletak pada efisiensi dayanya. Jika SD710 sudah dikenal irit dayat, maka SD 712 AIE ini sedikit lebih irit lagi. Dengan pola pemakaian sering merekam foto dan video serta bermain game, baterai Realme 5 Pro bisa bertahan lebih dari 15 jam.

Quad-camera untuk kreativitas ekstra

Memahami kebutuhan segmen pengguna muda yang amat gemar memotret dan merekam video, Realme memasukkan fitur quad-camera di kamera belakang Realme 5 Pro. Selain kamera utama 48 megapixel, terdapat kamera ultra-wide 8 megapixel, kamera ultra-macro 2 megapixel dan kamera portrait 2 megapixel.

svg%3E

Dari pengujian kami, hasil foto kamera utama 48 megapixel Realme 5 Pro mampu menghasilkan foto-foto keren di kondisi cahaya ideal dengan mudah. Berikut hasil foto Realme 5 Pro tanpa penyuntingan sama sekali.

IMG20190923091955

IMG20190922160951

IMG20190922163007

IMG20190910163329

Jika saturasi warna dan kontras terasa menurun, aktifkan Chroma Boost untuk mengatasinya. Perlu diingat, tidak semua obyek akan cocok untuk efek ini.

Chroma Boost

IMG20190924162855

Performa kamera ultra lebar Realme 5 Pro juga baik di kondisi minim cahaya. Hanya saja hasilnya masih di bawah kamera utama, terlihat dari dynamic range dan detail di hasil akhirnya. Berikut contohnya.

svg%3E

IMG20190924162319

IMG20190924162313

Tapi keunggulan kamera ultra lebar yang dapat memasukkan lebih banyak subyek dan obyek ke dalam satu frame akan sangat berguna jika ingin memotret pemandangan dengan efek dramatis seperti foto berikut.

IMG20190922164454

Beralih ke cahaya temaram, kamera utama Realme 5 Pro masih mampu menghasilkan foto yang bersih dengan detail cukup. Realme 5 Pro juga menyediakan Nightscape, modus pemotretan malam hari atau minim cahaya yang menggabungkan beberapa foto dengan berbagai setting exposure ke dalam satu foto yang memiliki dynamic range lebih tinggi. Berikut hasil foto Realme 5 Pro dengan mode Nightscape.

IMG20190907190907

Night Mode realme 5 pro

Night Mode

Foto portrait manusia menjadi andalan Realme 5 Pro. Selain terlihat alami, kamera portrait Realme 5 Pro dapat menghasilkan bokeh yang cukup rapi. Hanya terlihat telinga bagian belakang dan rambut yang melambai-lambai ikut “dibokehkan” oleh kamera Realme 5 Pro. Dengan jarak subyek yang agak dekat dan jarak background yang agak jauh, hasil foto portrait Realme 5 Pro amat baik dan melebihi ponsel lain di kelas harganya.

Berikut hasil foto mode Portrait Realme 5 Pro tanpa penyuntingan.

IMG20190923080901

IMG20190910170043

Kamera ultra-macro Realme 5 Pro memiliki jarak fokus efektif 4cm. Dari pengalaman menggunakan, memotret dari jarak 4cm yang amat dekat ini lebih efektif untuk obyek tidak bergerak seperti bunga, action figure, dan sebagainya. Memotret binatang yang sering bergerak akan menjadi tantangan mengingat area fokus yang ditangkap tajam akan cukup kecil.

IMG20190923095716

ultra macro

Dari pengujian kami, memotret dengan Realme 5 Pro amat menyenangkan. Pilihan empat kameranya akan membuat pengguna lebih kreatif saat memotret beragam obyek. Jika bicara hasil foto kamera utamanya, Realme X masih lebih unggul. Namun perlu diingat, Realme X tidak memiliki kamera ultra-wide dan kamera ultra-macro.

Penanda era baru mobile photography

Realme 5 Pro merupakan salah satu bukti bahwa persaingan ponsel di segmen kelas menengah amat sengit. Penerapan empat kamera belakang sepertinya akan menjadi tren mobile photography baru. Walaupun begitu, keterbatasan fungsi kamera tambahan ini membuatnya tidak akan menarik semua kalangan.

Tidak hanya nyaman untuk foto-foto dan video, Realme 5 Pro juga layak dilirik berkat paduan baterai yang tahan lama, performa yang kencang, serta pilihan warna atraktif.

Dengan rasio harga dan performa yang terbaik di kelasnya saat ini, Realme 5 Pro akan memuaskan pengguna yang suka main game, pengguna yang ingin lebih kreatif saat memotret, atau pengguna yang hanya ingin smartphone kencang tapi dengan harga relatif terjangkau.

Yang Canggih:
+ Performa kencang untuk harganya
+ Foto dari kamera ultra wide bagus di kondisi cahaya ideal
+ Hasil foto kamera utama bagus
+ Kamera makro dengan jarak fokus ekstra dekat
+ Efek Portrait rapi dan enak dilihat
+ Baterai tahan lama dengan pengisian cepat
+ Desain terlihat mewah dengan pilihan warna yang tidak mainstream
+ Bisa merekam video 4K, fitur langka di ponsel 3 jutaan rupiah
+ Slot kartu SIM terpisah dengan slot microSD
+ Harga terjangkau untuk fitur dan spesifikasinya

Yang kurang:
– Kualitas layar tidak sebaik layar Realme X yang terpaut beberapa ratus ribu rupiah
– Kamera dengan lensa ultra makro rentan terhadap guncangan
– Resolusi kamera makro terbatas
– Bodi belakang mudah kotor terkena sidik jari
– Hasil foto dari kamera ultra wide menurun kualitasnya di kondisi minim cahaya

Smartphone Tercanggih di Kelas 3 Jutaan Rupiah
Tidak hanya nyaman untuk foto-foto dan video, Realme 5 Pro juga layak dilirik berkat paduan baterai yang tahan lama, performa yang kencang, serta pilihan warna atraktif.Dengan rasio harga dan performa yang terbaik di kelasnya saat ini, Realme 5 Pro akan memuaskan pengguna yang suka main game, pengguna yang ingin lebih kreatif saat memotret, atau pengguna yang hanya ingin smartphone kencang tapi dengan harga relatif terjangkau.
4.5
Cek Harga
Verified by MonsterInsights