Opera Mini Hadirkan Fitur Berbagi File Tanpa Koneksi Internet

Browser yang dikenal dengan kemampuan menghemat datanya, Opera Mini, memperkenalkan fitur baru yang cukup menarik. Disebut File Sharing, sesuai namanya fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi file seperti foto, video, maupun audio dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Tidak butuh koneksi internet

svg%3E

Nah, yang membuat fitur File Sharing pada Opera Mini cukup menonjol adalah kemampuannya untuk berbagi file secara offline, yang artinya pengguna tidak harus terhubung ke internet. Walaupun demikian, berbagi file antara perangkat yang berdekatan tetap didukung dengan kecepatan yang tinggi, yakni 200 kali lebih ngebut dibandingkan Bluetooth.

“Dengan fitur file sharing offline baru, pengguna Opera Mini kini dapat berbagi file dengan orang-orang di dekat mereka secara cepat, tanpa perlu khawatir tentang koneksi Internet lambat atau data seluler mahal,” kata Krytian Kolondra, Head of Browsers Opera.

Sekadar informasi, File Sharing pada Opera Mini memanfaatkan fungsi Wi-Fi Direct. Opera Mini menyediakan jaringan tertutup guna mendukung aktivitas berbagi file cepat dan aman antar perangkat. Yang tidak kalah penting, cara penggunaanya cukup mudah.

svg%3E

Untuk mengirim atau menerima file, pengguna hanya perlu mengetuk File Sharing pada menu dan memilih Kirim (Send) atau Terima (Receive). Opera Mini kemudian akan menampilkan sebuah kode QR untuk dipindai oleh perangkat terkait, dan kedua perangkat akan terhubung. Apabila proses pengiriman file telah berhasil, kedua perangkat akan menerima notifikasi dan penerima dapat mengaksesnya melalui tombol Diterima (Received) di Opera Mini.

svg%3E

Beragam fitur dalam ukuran yang kecil

Dengan fitur file sharing offline, Opera terus memperbarui pengalaman Anda saat menjelajah Internet dengan menambahkan fitur kreatif baru pada peramban Ponselnya. Peramban Opera Mini hadir dengan fitur-fitur, seperti, blokir iklan (ad-blocker), mode malam (night-mode), dan fitur membaca berita cerdas.

Semua fitur itu tersedia dalam ukuran kecil, tidak lebih dari 10 MB. Melalui fitur baru, Opera Mini memungkinkan navigasi lebih cepat dan aman pada situs Web, penyimpanan data utama, akses ke konten online dan offline. Tambahan file sharing offline pada Opera Mini merupakan bagian dari strategi Opera untuk membuat produk Ponsel yang disesuaikan untuk beradaptasi dengan kebutuhan pengguna dalam pasar berbeda.