Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review realme 5: Smartphone Terjangkau dengan AI Quad Camera dan Snapdragon 665 AIE

realme 5 2
4.5
Cek Harga

realme kembali menggebrak pasar Indonesia dengan meluncurkan realme 5 di kisaran harga yang menggiurkan. Mengusung tagline Quad Camera PowerHero, smartphone ini dibekali konfigurasi 4 kamera belakang dan dibanderol hanya 2 juta rupiah saja. Bahkan, selama flash sale, harganya menjadi Rp1.899.000.

Nah, pastinya sebagian besar dari Anda penasaran, apakah dengan harga yang setara dengan ketika realme 3 dirilis di Tanah Air, realme 5 mampu menghadirkan pengalaman yang sama asyiknya atau bahkan lebih baik dibanding pendahulunya? Tidak perlu panjang lebar, yuk, langsung saja simak ulasan lengkap kami:

Desain semakin menawan

Jika dilihat sekilas, realme 5 masih mengadopsi bahasa desain yang kurang lebih sama dengan realme 3 Pro. Sudut-sudut dan lekukannya mirip, di depan masih ada layar dengan poni minimalis, dan material pada bodinya masih sama. Namun perlu diketahui, realme telah melakukan beberapa perubahan untuk menyempurnakan desain yang sudah menjadi ciri khas mereka.

realme 5 2

Yang paling membedakan adalah tampilan pada back cover-nya. realme 5 mengedepankan desain potongan berlian dengan finishing glossy yang menawan ketika memantulkan cahaya. Berbeda dengan pola berlian matte yang biasa Anda temukan pada generasi terdahulu, desain back cover pada realme 5 menggunakan pola warna holografik nano yang diukir oleh laser lima sumbu. Untuk menghasilkan tampilan secantik ini, Realme telah melalui 15 kaliprototyping dan 79 kali penyesuain rinci.

realme 5 1

Dari segi pengoperasian, walaupun ukuran layarnya lebih besar realme 5 tetap nyaman digenggam dengan satu tangan. Kurva 3D yang sudah dioptimalkan di kedua sisi bodi membuat bingkainya lebih ramping. Melakukan navigasi dengan satu tangan pun masih oke. Bodi bagian belakangnya juga tidak licin, tapi masih punya masalah klasik yakni mudah kotor oleh sidik jari. Untungnya, Realme selalu menyediakan softcase dalam paket penjualannya.

Realme 5

realme 5 juga hadir dengan dua opsi warna baru, antara lain Crystal Blue (yang ada pada artikel review kami kali ini) dan Crystal Purple. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan selera Anda. Crystal Blue tampak lebih cerah dan penuh semangat, sementara Crystal Purple lebih menonjolkan sisi elegan.

Layar lebih lega dengan poni minimalis

Seperti disebutkan di atas, realme 5 juga menawarkan peningkatan dari segi layar. Anda kini disuguhkan ukuran yang lebih lega, 6,5 inci, dengan panel IPS dan resolusi HD+ 720 x 1600 pixel. Semakin besar layar maka semakin asyik pula untuk menikmati konten seperti video maupun games.

realme 5 4

Jika diperhatikan lebih detail, bagian poni pada layar realme 5 juga semakin kecil. Dimensinya berkurang sekitar 30 persen dibanding realme 3, sehingga rasio screen-to-body secara keseluruhan juga meningkat menjadi 89 persen. Artinya, lebih sedikit pula gangguan visual pada layar full screen ini.

Tingkat kecerahan layar realme 5 juga cukup baik untuk penggunaan outdoor di kondisi cahaya matahari yang terik. Konten masih bisa terlihat dengan jelas dan cukup nyaman dipandang, serta warna yang ditampilkan pun tampak optimal. Intinya, layar ini sudah sangat memadai untuk menunjang kebutuhan standar maupun hiburan sehari-hari.

ColorOS 6 berbasis Android 9.0 Pie

Realme 5 masih mengadopsi sistem operasi ColorOS 6 berbasis Android 9.0 Pie. Seperti biasa, tampilannya sederhana dan terasa ringan. Bisa dibilang, cukup mendekati stock Android alias Android murni tanpa banyak modifikasi dari segi user interface-nya.

realme pun telah menyesuaikan desain dan warna ikon agar lebih terlihat menyenangkan bagi pengguna yang berjiwa muda. Selain itu, tampilan pada home screen dibuat lebih ramping dan memiliki elemen yang lebih ringkas. Berbagai aplikasi yang telah diunduh bisa Anda akses dengan menggeser layar ke samping. Namun untuk daftar yang lebih lengkap, ColorOS 6 tetap menyediakan app drawer.

Beberapa aplikasi dan fitur bawaan khas ColorOS 6 masih akan Anda temukan di realme 5. Sebut saja Game Space, Smart Driving, Smart Assistant, Lock Screen Magazine, Clone Apps, dan sebagainya. Sedikit membahas tentang Game Space, fitur ini memungkinkan game berjalan lebih optimal baik dari segi grafis maupun jaringan. Selain itu, Anda juga memiliki opsi untuk memblokir notifikasi yang masuk agar tidak mengganggu permainan.

AI Quad Camera

realme 5 3

Bersama dengan realme 5 Pro, realme 5 menjadi smartphone pertama dari Realme yang mengusung konfigurasi 4 kamera belakang, atau disebut dengan AI Quad Camera. Pengguna disuguhkan kamera utama 12 megapixel dengan aperture f/1.8, kamera 8 megapixel dengan lensa ultra-wide 119 derajat, kamera portrait (depth sensor) 2 megapixel, dan kamera 2 megapixel dengan lensa macro 4cm.

Keberadaan 4 kamera dengan fungsi yang berbeda tersebut dijanjikan akan membuka era baru untuk pengalaman mobile photography. Apalagi Kamera belakang realme 5 juga juga didukung beberapa mode andalan Realme seperti Nightscape untuk memudahkan pemotretan di kondisi low-light, maupun Chroma Boost untuk menghasilkan warna yang lebih cerah dan menggugah selera.

Di atas kertas, realme 5 mengalami peningkatan yang cukup signifikan di area fotografi. Seperti diketahui, sang pendahulunya, realme 3, masih mengandalkan kamera belakang ganda yang terdiri dari 13 megapixel f/1.8 dan 2 megapixel depth sensor.

Hasil foto realme 5 (6)

Hasil foto realme 5 (5)

Lalu, bagaimana dengan hasil fotonya? Untuk kamera utamanya, di kondisi cahaya ideal gambar yang ditangkap tampak tajam dengan saturasi warna yang terlihat meningkat. Sementara untuk low-light, di level harganya bisa dibilang realme 5 merupakan salah satu yang terbaik berkat adanya mode Nightscape. Mode berbasis AI ini dapat meningkatkan detail pada foto, tingkat kecerahan, hingga dynamic range yang lebih baik. Artinya, foto di lokasi yang temaram akan terlihat lebih jelas.

Hasil foto realme 5 (8)

Hasil foto realme 5 (9)

Hasil foto realme 5 (19)

Hasil foto realme 5 (16)

Hasil foto realme 5 (1)

Asyiknya lagi, keberadaan lensa ultra-wide akan memudahkan Anda untuk mengambil foto grup atau foto pemandangan yang lebih luas, tanpa harus beranjak dari posisi Anda sebelumnya. Sementara depth sensor berguna untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh yang rapi, dan lensa macro cocok untuk memotret dari jarak dekat seperti bunga, tetesan air, dan yang lainnya.

Untuk merekam video, kamera realme 5 sudah mendukung resolusi 4K. Kamera depan dan belakang memiliki fungsi Electric Image Stabilization (EIS). Yang paling menarik, kamera belakang realme 5 dapat merekam video slow motion 720p di 240 fps.

Performa bertenaga dengan Snapdragon 665 AIE

Pada sektor performa, realme 5 dipersenjatai Snapdragon 665 AIE 11nm dengan CPU octa-core 2.0GHz. Upgrade yang menggiurkan dari Realme 3 yang menggunakan Helio P60. Di Indonesia sendiri, realme 5 tergolong yang pertama mengadopsi chipset terbaru dari Qualcomm tersebut.

Jika dibandingkan dengan chipset generasi sebelumnya, Snapdragon 665 AIE diklaim mengalami peningkatan performa hingga 20 persen lebih kencang. Ini membuat Realme 5 tidak hanya menjanjikan kinerja yang cepat, tapi juga mumpuni untuk urusan gaming. Dari segi efisiensi, Snapdragon 665 AIE juga lebih hemat daya.

Hasilnya bisa ditebak. Beberapa game yang kami jalankan dapat dimainkan dengan mulus tanpa kendala. Meski begitu, masih ada judul game, misalnya Asphalt 9, yang tampaknya belum optimal untuk dijalankan dengan Snapdragon 665 AIE. Wajar, ini adalah chipset baru. Nantinya pasti akan ada update dari game tersebut untuk mengoptimalkan kemapuan Snapdragon 665 AIE.

Baterai 5.000 mAh, bisa untuk 2 hari

Peningkatan lainnya yang bisa dinikmati oleh pengguna adalah pada kapasitas baterai. Jika Realme 3 dibenamkan baterai 4.230 mAh, pada Realme 5 kapasitasnya ditingkatkan menjadi 5.000 mAh. Realme mengklaim baterai tersebut memungkinkan Realme 5 bertahan lama hanya dengan sekali pengisian daya.

realme 5 battery 5.000 mAh

Selama kami mencobanya, realme 5 bisa menyala selama 1,5 hingga 2 hari dengan gaya pemakaian normal seperti chatting, media sosial, browsing, sesekali bermain games, dan sesekali menonton video di YouTube. Daya tahan yang memuaskan dan cocok untuk Anda yang malas membawa powerbank.

Kesimpulan

realme lagi-lagi berhasil meracik formula yang pastinya akan disukai oleh banyak pengguna di Indonesia. Spesifikasi mumpuni, kamera oke, desain bagus, baterai besar, dan harga yang terjangkau dapat Anda temukan di smartphone yang satu ini.

Dibanderol mulai dari Rp1.899.000 untuk varian 3/32 GB, realme 5 cocok untuk Anda pengguna muda yang selalu aktif dan membutuhkan daily driver yang menyenangkan untuk berbagai keperluan.

Yang Canggih:

  • Desain menawan dengan potongan berlian
  • Layar lega, asyik untuk menikmati konten
  • AI quad camera mampu menghasilkan foto yang oke di berbagai kondisi
  • Snapdragon 665 AIE cukup bertenaga untuk gaming
  • Baterai 5.000 mAh yang tahan lama
  • Harga terjangkau

Yang Kurang:

  • Bobot lumayan karena baterainya juga besar
  • Bodi bagian belakang mudah kotor oleh sidik jari
realme 5 2
realme 5
Harganya yang terjangkau dan spesifikasinya yang menggiurkan membuat realme 5 tampil begitu menonjol di kelasnya
4.5
Cek Harga
Back to top button