Quantcast
Foto & VideoNews

Phase One XT: Sistem Kamera Medium Format Paling Ringkas Phase One, Harganya 700 Jutaan Rupiah

Di bulan Juni 2019 lalu, Hasselblad menjadi pabrikan pertama yang merilis sistem kamera medium format paling ringkas. Tidak ingin ketinggalan dengan pesaingnya tersebut, Phase One kini juga meluncurkan sistem kamera medium format paling ringkas pertamanya yakni Phase One XT.

Phase one XT 1

Terdiri dari 3 komponen

Sejatinya sistem kamera medium format Phase One XT tetap mengusung konsep modular. Sistem kamera ini terdiri dari 3 komponen utama yaitu modul Digital Back, bodi kamera, dan lensa.

Phase one XT 2

Menurut Phase One, sistem kamera Phase One XT kompatibel dengan semua model Digital Back IQ4 besutannya. Pengguna bisa memilih digital back IQ4 dengan resolusi 150 megapixel, IQ4 150 megapixel Achromatic, dan IQ4 100 megapixel Trichromatic.

Untuk bodi kamera, rancangannya yang sangat ringkas dan ergonomis secara ekslusif mengadopsi desain Digital Back IQ4. Bodinya pun dilengkapi dengan 2 tombol rana kamera dan bisa mendukung ragam aksesoris.

Lensa dari pabrikan Rodenstock

Phase one xT 3

Debut perdana Phase One XT akan didukung 3 varian lensa dari pabrikan Jerman, Rodenstock. Ketiga lensa ini diantaranya Rodenstock HR Digaron-S 23mm f/5.6 super-wide, 32mm f/4 wide-angle, dan lensa normal 70mm f/5.6.

Untuk fitur lainnya, Phase One XT telah dilengkapi dengan fitur flash syncing dari PC port dan mendukung tether shooting lewat USB/Ethernet/Wi-Fi.

Dengan rancangannya yang sangat ringkas Phase One XT memang akan cocok untuk para fotografer yang gemar travelling dan membutuhkan sistem kamera medium format dengan sensor resolusi tinggi. Jika berminat, untuk membawa pulang satu sistem Phase One XT lengkap dengan Digital Back IQ4 150 megapixel dan 3 lensanya Anda wajib menyiapkan dana US$56,990 atau sekitar 795 juta Rupiah.

Back to top button