Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Review Canon iNSPIC [S]: Kamera Instan Trendi yang Bisa Jadi Printer Portabel



4
Cek Harga

Beberapa waktu lalu PT Datascrip menghadirkan dua kamera instan perdana Canon yaitu Canon iNSPIC [S] dan iNSPIC [C]. Dibandingkan kamera instan dari pabrikan lain, Canon iNSPIC [S] dan iNSPIC [C] membawa beragam fitur yang lebih menarik sehingga mampu menawarkan pengalaman menggunakan kamera instan yang lebih seru dan berbeda. Penasaran apa saja keunggulan yang ditawarkan kamera ini? Simak ulasan lengkap kami berikut ini..

canon inspic s 1

Desain bodi warna-warni yang sangat ringkas

Canon iNSPIC yang akan kami review kali ini adalah Canon iNSPIC [S] yang merupakan varian Canon iNSPIC paling lengkap. Canon iNSPIC [S] hadir dengan 3 pilihan warna bodi. Untuk unit yang kami terima bodinya berwarna Pearl White, sementara dua opsi warna lainnya yaitu Matte Black dan Rose Gold.

canon inspic s 6

Untuk dimensinya Canon iNSPIC [S] tergolong sangat ringkas dan ringan jika dibandingkan kamera instan dari pabrikan lain. Bodinya yang relatif tipis memungkinkan kamera ini bisa masuk ke dalam saku celana sehingga sangat mudah diajak berpergian.

canon inspic s 5

Desainnya pun terlihat minimalis. Tidak banyak tombol yang dibawanya. Di bagian atas bodinya terdapat satu lampu indikator, tuas pengaturan flash, tombol power dan tombol shutter.

canon inspic s 4

Beralih ke bagian belakang bodi terdapat jendela bidik, tombol untuk mengatur ukuran cetakan foto, dan tombol untuk re-print atau mencetak ulang. Tidak ada layar di sini. Selain itu kami juga menjumpai panel penutup yang berguna untuk menempatkan kertas fotonya.

Anda juga tidak perlu khawatir membuka tutup panel tempat kertas fotonya tersebut. Ini karena kertas foto iNSPIC [S] bukanlah film seperti kamera instan pada umumnya yang akan terbakar jika panel penutupnya tersebut terbuka.

canon inspic s 7

Tampak depan untuk Canon iNSPIC [S] bagian lensanya dilengkapi dengan kaca bulat berukuran besar untuk mempermudah mengatur komposisi saat selfie. Selain itu tersedia juga ring light LED melingkar yang berguna untuk memberikan efek cahaya agar foto selfie lebih optimal.

Selain lampu LED tersebut tersedia flash yang akan sangat membantu saat memotret di kondisi minim cahaya. Untuk pengaturan flash bisa diatur lewat tuas pengaturan flash yang ada di atas bodinya.

canon inspic s 3

Di bagian bawah bodinya tersedia slot kartu microSD yang bisa menampung kartu microSD dengan kapasitas hingga 256GB dan port micro USB untuk isi ulang baterai. Jika baterai habis, iNSPIC [S] juga telah mendukung pengisian baterai lewat powerbank.

Mudah digunakan, cetakan foto cukup bagus

Seperti kamera instan pada umumnya, kamera ini sangat mudah digunakan. Selama ada kertas foto di dalam iNSPIC [S] saat tombol shutter ditekan secara otomatis kamera akan mengambil foto dan langsung mencetaknya.

hp 200 g3 aio 728 yc

canon inspic s 2

Foto yang sudah diambil juga bisa dicetak ulang lewat tombol reprint yang tersedia. Jika kertas habis iNSPIC [S] tidak akan bisa mengambil foto, meskipun kartu microSD disisipkan.

Untuk memotret Canon iNSPIC [S] mengandalkan sensor 8 megapixel. Sementara untuk mencetak foto kamera ini mengusung teknologi cetak ZINK Zero Ink yang tanpa tinta. Jadi, Anda hanya perlu kertas foto khususnya saja untuk mendapatkan hasil cetakan foto.

canon inspic s 10

Dari pengujian kami, Canon iNSPIC [S] mampu menghasilkan cetakan foto yang relatif tajam dengan warna yang cukup baik di kertas fotonya yang berukuran 2×3 inci. Opsi cetakan foto ada dua yaitu 2×3 inci atau 2×2 inci. Waktu cetak fotonya juga relatif singkat. Untuk mencetak satu foto diperlukan waktu sekitar 45 detik.

canon inspic s 11

Keunggulan lain dari Canon iNSPIC [S] kertas fotonya tersebut berupa stiker sehingga bisa ditempel sebagai ornamen untuk menghias sisi belakang smartphone, laptop, tablet, cermin, dll. Kertas fotonya inilah yang menjadikan iNSPIC [S] lebih istimewa jika dibandingkan dengan kamera instan lain.

Bisa jadi printer portable

Canon iNSPIC [S] dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth. Dengan demikian Anda bisa menghubungkan kamera ini ke smartphone. Lewat bantuan aplikasi Canon Mini Print ini, Anda bisa menggunakan iNSPIC [S] sebagai printer portable untuk mencetak foto yang tersimpan di memori internal smartphone atau foto yang sudah diambil sebelumnya yang tersimpan di microSD iNSPIC [S]. Selain itu aplikasinya ini juga menyediakan fitur remote shooting dan mencetak foto dari layanan lain seperti Facebook, Instagram, Google Photos dan Dropbox.

Sayangnya, kami tidak menjumpai opsi pengaturan on/off konektivitas Bluetooth tersebut. Ini artinya konektivitas Bluetooth Canon iNSPIC [S] selalu dalam posisi On yang menurut kami akan cukup berdampak pada daya tahan baterainya.

Aplikasi Canon Mini Print yang tersedia untuk iOS dan Android ini tidak hanya menyediakan fitur cetak foto saja. Di aplikasi tersebut bisa ditemukan beragam tools sederhana untuk menyunting foto, efek warna, bingkai, membuat kolase, menambahkan teks dan untuk berkreasi tersedia ragam opsi sticker yang sangat menarik.

Untuk daya tahan baterainya, Canon iNSPIC [S] ditenagai dengan baterai 700mAh. Menurut Canon, untuk sekali isi ulang baterainya ini bisa digunakan untuk menghasilkan sekitar 25 cetakan foto.

Kesimpulan

Sebagai kamera instan Canon iNSPIC [S] tidak hanya sekedar alat untuk memotret. Membawa ragam fitur seperti dukungan Bluetooth yang memungkinkan iNSPIC [S] jadi printer portabel untuk mencetak foto dari smartphone, kertas foto berupa stiker dan kaca serta ring LED light di bagian lensanya, menjadikan iNSPIC [S] bisa diandalkan untuk berkreasi dan seru-seruan saat berkumpul bersama teman atau keluarga.

Dengan harga jual yang ada di kisaran 2 jutaan Rupiah Canon iNSPIC [S] termasuk kamera instan yang wajib dilirik dan sangat kami rekomendasikan untuk anak muda yang gemar berkreasi dengan cetakan foto.

Yang Canggih:
+ Mudah digunakan
+ Cetak foto tanpa tinta
+ Bisa jadi printer portabel
+ Dilengkapi LED ring Light
+ Desain trendi yang ringkas dan ringan
+ Hasil cetakan foto cukup baik
+ Kertas foto stiker
+ Bisa isi ulang baterai lewat powerbank

Yang Kurang:
– Tidak ada opsi menonaktifkan Bluetooth
– Daya tahan baterai relatif singkat
– tidak dilengkapi layar LCD

Canon iNSPIC [S] termasuk kamera instan yang wajib dilirik dan sangat kami rekomendasikan untuk anak muda yang gemar berkreasi dengan cetakan foto.
4
Cek Harga
More Stories
altos 1
Acer Luncurkan Rangkaian Solusi dan Teknologi dari Altos