Quantcast
Mobile GadgetNewsWearable

Garmin Umumkan Fenix 6X Pro Solar, Smartwatch Pertamanya dengan Tenaga Surya

Garmin mengumumkan kehadiran produk terbarunya yang diberi nama Fenix 6X Pro Solar. Yang menarik, smartwatch ini disebut sebagai perangkat pertama dari Garmin yang bisa ditenagai oleh sinar matahari. Seperti apa kecanggihannya?

Power Glass untuk tambahan daya

Garmin Fenix 6X Pro Solar 3

 

Garmin Fenix 6X Pro Solar adalah jam tangan dengan layar 1,4 inci 280 x 280 pixel. Di atas layarnya tersebut, ada lapisan transparan bernama Power Glass yang tidak lain merupakan panel surya. Lewat panel inilah sinar matahari dikonversi menjadi energi untuk smartwatch.

Meski begitu, Fenix 6X Pro Solar tidak sepenuhnya mengandalkan sinar matahari. Ia tetap memiliki baterai yang mampu membuatnya menyala hingga 21 hari. Dengan bantuan Power Glass yang aktif dan terus disinari matahari, dayanya bisa bertambah sampai 3 hari atau 6 jam jika GPS dihidupkan.

Bukan cuma itu, Fenix 6X Pro Solar juga memiliki mode battery-saver yang ketika digunakan akan memperpanjang daya tahan baterai mencapai 80 hari, dan ekstra 40 hari lagi (total 120 hari) jika memanfaatkan panel suryanya sebelum akhirnya butuh untuk charging ulang.

Untuk fitur lainnya, Fenix 6X Pro Solar juga dibekali GPS, GLONASS, dan Galileo sebagai pelacak lokasi, altimeter, barometer, serta sensor untuk memonitor kadar oksigen dalam darah. Bodi titaniumnya juga tangguh dan tahan air dengan sertifikasi 10ATM. Selain itu, ada pula memori internal 32 GB untuk menampung file seperti musik lalu mendengarkannya lewat headphone Bluetooth.

Garmin Fenix 6X Pro Solar

Harga premium

Dengan segala kecanggihannya tersebut, Garmin membanderol Fenix 6X Pro Solar di angka yang bisa dibilang cukup premium. Konsumen yang berminat wajib menyiapkan dana sebesar US$1150 atau sekitar 16,3 juta rupiah. Selain Fenix 6X Pro Solar, Garmin juga meluncurkan sederet smartwatch dari keluarga Fenix 6 series lainnya yang dijual dengan harga mulai dari US$599.99.

Back to top button