Home Liputan Mengenal HarmonyOS, Sistem Operasi Baru Garapan Huawei

Mengenal HarmonyOS, Sistem Operasi Baru Garapan Huawei

Huawei belum lama ini mengumumkan kehadiran sistem operai terbaru garapan mereka sendiri yang diberi nama HarmonyOS. Menurut Huawei, OS anyar tersebut punya beberapa keunggulan utama yang membuatnya berbeda dari Android.

4 fitur teknis pembeda

Mengenal HarmonyOS, Sistem Operasi Baru Garapan Huawei 1

 

Dalam workshop yang digelar di Jakarta, Selasa (27/8), Huawei menjelaskan bahwa HarmonyOS adalah OS yang ringan dan ringkas. Setidaknya ada 4 fitur teknis utama yang dikedepankan HarmonyOS dan menjadikannya berbeda dengan OS yang ada saat ini:

Seamless

Seamless pada HarmonyOS berarti sistem operasi ini diklaim sebagai yang pertama dengan arsitektur terdistribusi. Nantinya, pengembang aplikasi tidak perlu berurusan dengan teknologi yang mendasari aplikasi terdistribusi, sehingga mereka bisa tetap fokus terhadap logika servis individual yang ada.

Smooth

HarmonyOS mengadopsi Deteministic Latency Engine yang akan menetapkan prioritas dan batasan waktu pelaksaan tugas untuk penjadwalan di awal. Sumber daya akan cenderung mengarah ke tugas dengan prioritas tinggi dan dapat mengurangi latensi respon aplikasi hingga 25,7 persen. Mikrokernel ini dapat membuat kinerja Inter Process Communication (IPC) lima kali lebih efisien.

Secure

HarmonyOS dijanjikan memiliki sistem keamanan yang lebih tangguh dibanding Android. Ini karena Huawei menggunakan metode Trusted Execution Environment (TEE) yang lebih aman dibanding Rich Execution Environment (REE) pada Android.

Unified

HarmonyOS menjanjikan kemudahan pada pengembang aplikasi. Berkat Integrated Development Environment (IDE), pengembang dapat membuat kode aplikasi mereka sekali saja, lalu menggunakan di beberapa perangkat yang lain. Selain itu, OS ini mendukung beragam bahasa programming seperti C/, C++, Java, JavaScript dan Kotlin.

Tidak akan dirilis untuk smartphone dalam waktu dekat

Yang perlu digarisbawahi adalah, HarmonyOS bukan diciptakan untuk menggantikan Android atau alternatifnya. Sistem operasi masih terus dikembangkan, dan dalam tahap awal akan lebih dulu dibenamkan pada perangkat seperti Smart TV, smartwatch, speaker, dan produk IoT lainnya.

Untuk smartphone? Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei Consumer Business Group, James Lu, mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memastikan kapan HarmonyOS akan dirilis untuk smartphone.

Tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membangun ekosistem HarmonyOS. Apalagi, jika ingin menyaingi ekosistem Android yang bisa dibilang sudah sangat besar.

Mengenal HarmonyOS, Sistem Operasi Baru Garapan Huawei 2
Yossie Dwi Pranantohttps://www.yangcanggih.com
Penggemar game dan musik ini adalah Channel Editor untuk Mobile Gadget.