Home Mobile Gadget Smartphone Review Samsung Galaxy M30: Fitur Lebih Menggiurkan, Baterai Tetap Ekstra Besar

Review Samsung Galaxy M30: Fitur Lebih Menggiurkan, Baterai Tetap Ekstra Besar

3.6
Cek Harga

Di tengah sederet peluncuran Galaxy A-Series 2019, Samsung belum lama ini kembali menambahkan satu amunisi baru di kelas menengah tapi dari keluarga yang berbeda, yaitu Galaxy M30. Dibanding Galaxy M20 yang hadir lebih dulu awal tahun lalu, Galaxy M30 menawarkan beberapa peningkatan yang boleh dibilang cukup oke untuk membuatnya bersaing dengan lawan-lawannya.

Penasaran apa saja keunggulan yang dimiliki smartphone 3 jutaan rupiah ini? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkap kami:

Desain tidak jauh berbeda

Dari tampilan luarnya, sesungguhnya tidak ada sesuatu yang signifikan yang membedakan Galaxy M30 dengan Galaxy M20. Model desainnya masih sama dan tetap mengusung material polycarbonate yang dihias glossy agar terlihat lebih mewah.

Review Samsung Galaxy M30: Fitur Lebih Menggiurkan, Baterai Tetap Ekstra Besar 1

Walaupun desainnya mirip, warna back cover yang mengadopsi finishing gradasi membuat Galaxy M30 tampak lebih fresh dan kekinian. Ada dua varian warna yang disediakan oleh Samsung, yakni Charcoal Black dan Ocean Blue.

Untuk fisiknya sendiri, perbedaan akan terlihat dari jumlah kamera belakang yang kini ada tiga. Selebihnya sama. Bahkan jika dilihat dari depan, sulit membedakan antara Galaxy M30 dengan Galaxy M20.

Review Samsung Galaxy M30: Fitur Lebih Menggiurkan, Baterai Tetap Ekstra Besar 2

Karena mirip, jelas pengalaman pengoperasian yang ditawarkanya jelas sama juga. Walaupun hadir dengan layar yang ukurannya cukup besar, 6,4 inci, Galaxy M30 tetap asyik untuk dioperasikan dengan satu tangan.

Dimensinya ideal dan tidak tebal, serta memiliki bobot 174 gram yang membuatnya terasa pas untuk dimasukkan ke dalam saku celana. Materialnya juga tidak licin, meski bodi yang mudah kotor oleh sidik jari masih menjadi masalah klasik.

Review Samsung Galaxy M30: Fitur Lebih Menggiurkan, Baterai Tetap Ekstra Besar 3

Galaxy M30 menggunakan port USB Type-C. Selain itu, smartphone ini juga memiliki dua slot SIM-card dan satu slot microSD terdedikasi (bukan hybrid) yang bisa menampung kartu memroi hingga kapasitas 1 TB.

Layar Super AMOLED yang sedap dipandang

Bagi yang sudah pernah mencoba Galaxy M20 pasti tahu bahwa layar yang dimiliki sudah cukup mumpuni untuk memberikan tampilan yang tajam dan terang. Yang menarik, pada Galaxy M30 Samsung menanamkan panel yang lebih menggiurkan yakni Super AMOLED.

Review Samsung Galaxy M30: Fitur Lebih Menggiurkan, Baterai Tetap Ekstra Besar 4

Seperti disebutkan di atas, ukurannya 6,4 inci. Sementara resolusinya sudah Full HD+. Dengan panel Super AMOLED, Anda dijanjikan kualitas layar yang lebih cerah dengan warna yang kaya dan memanjakan mata.

Penggunaan di bawah sinar matahari yang terik jelas bukan masalah. Selain itu, ukurannya yang lebar juga terasa memuaskan saat digunakan untuk menikmati konten seperti video dan games, maupun saat menelusuri media sosial.

Oh iya, karena sudah menggunakan Super AMOLED, Anda bisa menikmati fitur Always-On Display untuk menampilkan beragam informasi seperti jam, tanggal, maupun notifikasi saat kondisi smartphone terkunci.

Android 9.0 Pie dengan OneUI

Galaxy M30 datang dengan sistem operasi Android 9.0 Pie yang menggunakan OneUI terbaru dari Samsung. Dengan OneUI, kurang lebih pengalaman yang ditawarkan mirip-mirip dengan yang ada di seri smartphone Samsung lainnya yang dibanderol lebih mahal. Tapi bedanya, belum ada Bixby di Galaxy M30.

Tampilannya segar dan penuh warna dengan icon-icon berdesain minimalis. Navigasinya mudah dan banyak fitur-fitur bawaan yang cukup berguna untuk membantu pemakaian sehari-hari.

Sebut saja Ultra Data Saving untuk menghemat konsumsi kuota internet. Ada pula Night Mode yang akan mengubah tema menjadi serba hitam sehingga lebih nyaman dilihat di malam hari atau ruangan yang gelap. Tidak ketinggalan, ada juga Dolby Atmos untuk mendukung audio yang lebih mantap didengar.

Tiga kamera belakang

Peningkatan lainnya ada pada sektor kamera. Galaxy M30 dipersenjatai konfigurasi triple-camera di belakang, yang terdiri dari 13 megapixel f/1.9, 5 megapixel f/2.2 ultra-wide 123 derajat, dan 5 megapixel sebagai depth sensor. Sementara untuk selfie, kamera depannya memiliki resolusi 16 megapixel, meningkat dari 8 megapixel pada Galaxy M20.

Review Samsung Galaxy M30: Fitur Lebih Menggiurkan, Baterai Tetap Ekstra Besar 5

Kamera Galaxy M30 sudah didukung Scene Optimizer untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan pengaturan yang optimal di berbagai kondisi pemotretan. Mode menarik lainnya adalah Live Focus untuk menciptakan foto dengan efek bokeh yang bisa diatur tingkat blurnya. Apalagi, kini sudah ada depth-sensor untuk membantu efek bokeh yang lebih rapi dan natural.

Lalu, bagaimana hasil fotonya? Pada kondisi cahaya yang ideal kualitas jepretan dari kamera Galaxy M30 bisa diandalkan, baik untuk kamera belakang maupun kamera selfie-nya. Detail yang ditangkap cukup baik, dan warnanya pun disajikan dengan kematangan yang cukup akurat. Tidak hanya itu, kamera ini juga memiliki dynamic range yang lumayan.

Hasil foto Galaxy M30 (8)

Hasil foto Galaxy M30 (7)

Hasil foto Galaxy M30 (10)

Hasil foto Galaxy M30 (2)

Hasil foto Galaxy M30 (4)

Hasil foto Galaxy M30 (5)

Ketika beralih ke kamera ultra-wide ada perbedaan kualitas khususnya dalam hal reproduksi warna. Tapi nilai plusnya, punya kamera dengan sudut pandang yang lebih lebar memudahkan Anda untuk mengabadikan momen tertentu seperti foto grup maupun menangkap pemandangan alam yang luas.

Hasil foto Galaxy M30 (12)

Sayangnya untuk low-light kualitasnya agak kurang menarik, dan Galaxy M30 juga belum dilengkapi Night Mode seperti pada kebanyakan smartphone di level harga setara. Untuk mendapatkan detail dan exposure yang lebih oke, ada baiknya Anda memanfaatkan mode Pro.

Performa kurang lebih sama dengan Galaxy M20

Beralih ke sektor performa, Galaxy M30 mengandalkan SoC Exynos 7904 octa-core dengan GPU Mali G71-MP2, yang ditemani dengan RAM sebesar 4 GB dan memori internal 64 GB. Chipset-nya memang sama dengan Galaxy M20, tapi RAM dan memori internalnya lebih besar.

Untuk pengoperasian sehari-hari pengalaman yang kami dapatkan tidak jauh berbeda dengan Galaxy M20. Cukup lancar tanpa ada kendala berarti. Untuk gaming pun masih bisa, asalkan dijalankan di pengaturan grafis yang rendah agar frame rate lebih stabil.

Intinya jika Anda adalah penggemar performa tinggi khususnya untuk gaming berat, Galaxy M30 mungkin belum termasuk pilihan yang tepat untuk Anda masukkan dalam daftar belanja. Tapi jika Anda termasuk gamer casual yang gemar memainkan game-game ringan, Galaxy M30 sudah mencukupi.

Baterai tahan lama

Dengan kapasitas 5.000 mAh, akan mudah bagi Anda untuk membawa Galaxy M30 selama beraktivitas seharian penuh. Dengan gaya pemakaian normal, smartphone ini bisa menyala sejak pagi hingga malam hari, atau bahkan dapat bertahan sampai 1,5 hari.

Untuk waktu charging-nya, dari kondisi di bawah 10 persen butuh waktu sekitar 2,5 jam agar dapat terisi penuh. Durasi charging yang menurut kami masih cukup oke untuk sebuah perangkat dengan baterai sebesar 5.000 mAh.

Kesimpulan

Dengan harga Rp3.399.000, Galaxy M30 mungkin bukan smartphone dengan performa paling mumpuni di kelasnya. Seperti diketahui, pada kisaran harga setara, Anda bisa menemukan sederet pilihan lainnya yang dibekali dengan chipset lebih gahar.

Review Samsung Galaxy M30: Fitur Lebih Menggiurkan, Baterai Tetap Ekstra Besar 6Meski begitu, Galaxy M30 tetap termasuk opsi yang menarik untuk Anda yang selalu mobile dan sedang mencari daily driver dengan daya tahan baterai memuaskan serta kualitas layar yang memanjakan mata. Selain itu, jika Anda sebelumnya berminat meminang Galaxy M20 tapi sedikit ragu karena spesifikasinya ‘tanggung’, beralih target ke Galaxy M30 merupakan solusi yang tepat.

Yang Canggih:

  • Layar Super AMOLED yang besar
  • Bodi cukup ramping dan enak digenggam
  • Baterai besar dan tahan lama
  • Kamera lumayan di kondisi cahaya ideal
  • Ada kamera dengan lensa ultra-wide
  • Android 9.0 Pie dengan OneUI
  • Port sudah USB Type-C

Yang Kurang:

  • Performa tidak sekencang pesaingnya
  • Kamera belum didukung Night Mode
  • Bodi mudah kotor oleh sidik jari

Smartphone ini cocok untuk Anda yang selalu mobile dan sedang mencari daily driver dengan daya tahan baterai memuaskan

3.6
Cek Harga

Review Samsung Galaxy M30: Fitur Lebih Menggiurkan, Baterai Tetap Ekstra Besar 7
Yossie Dwi Pranantohttps://www.yangcanggih.com
Penggemar game dan musik ini adalah Channel Editor untuk Mobile Gadget.