Muncul di awal tahun 2019 ini, Fujifilm X-T30 berhasil menjadi kamera yang sangat menarik di kelas harganya karena membawa sederetan fitur canggih milik Fujifilm X-T3, termasuk kemampuan rekam video yang semakin mumpuni. Nah, untuk mengurangi rasa penasaran Anda berikut 5 fitur unggulan Fujifilm X-T30 yang membuatnya sangat ideal untuk para videografer.

1. Bisa merekam video 4K 30fps

5 Fitur Ini Bikin Fujifilm X-T30 Cocok Banget Bagi Videografer & <em>Content Creator</em> 1

Seperti X-T3 yang lebih mahal, X-T30 menggunakan sensor X-Trans CMOS 4 26,1 megapixel dan X-Processor 4 Quad Core-CPU. Sensor gambar dan prosesor generasi keempat dari Fujifilm ini membawa banyak peningkatan untuk perekaman foto dan video.

Mengandalkan sensor dan prosesor baru itu, Fujifilm X-T30 dapat merekam video 4K 30 fps dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Menurut informasi dari Fujifilm, X-T30 dapat merekam dalam resolusi 6K (6240×3510) untuk menghasilkan rekaman video 4K (3810 x 2160 pixel) dengan bitrate maksimum 200 Mbps yang lebih baik.

Kamera ini juga mendukung format DCI (17:9) untuk memberikan tampilan sinematis pada hasil rekaman video. TErsedia juga sederet fitur perekaman video yang akan menjadi favorit para videografer, seperti dukungan perekaman F-Log dan output 4:2:2 10-bit melalui port HDMI. Kedua fitur tersebut masih jarang dijumpai di kamera mirrorless seharga belasan juta rupiah. Sebagai tambahan, FUJIFILM X-T30 turut mendukung perekaman audio resolusi tinggi tanpa aksesori tambahan.

2. Autofocus cepat dengan dukungan fitur Face dan Eye-detection AF

5 Fitur Ini Bikin Fujifilm X-T30 Cocok Banget Bagi Videografer & <em>Content Creator</em> 2

Dengan teknologi autofocus hybrid AF yang cepat dan 425 titik fokus, Fujifilm X-T30 memiliki kinerja fokus yang cepat dan akurat. Juga tersedia fitur Face dan Eye-detection AF yang bisa digunakan saat merekam video. Fitur ini penting bagi Anda yang ingin merekam video dengan subyek manusia. Dilengkapi dukungan fitur “Face Select”, videografer bisa menentukan fokus ke wajah subyek hanya dengan menyentuh layar sentuhnya atau lewat tuas pengaturan titik focus yang tersedia. Selain lebih akurat, fitur tersebut mempermudah pengguna saat merekam video dengan fokus otomatis.

3. Simulasi film saat merekam video

5 Fitur Ini Bikin Fujifilm X-T30 Cocok Banget Bagi Videografer & <em>Content Creator</em> 3

Keunggulan lain yang ditawarkan Fujifilm X-T30 adalah disertakannya beragam efek simulasi film andalan Fujifilm yang berguna di beragam situasi. Fitur eksklusif ini masih jarang ditemukan di kamera merek lain. Film Simulation terinspirasi dari roll film Fujifilm yang legendaris. Pada Fujifilm X-T30, total tersedia 16 pilihan Film Simulation mulai dari Velvia, Provia, Classic Chrome, PRO Neg STD, PRO Neg Hi hingga ACROS.

5 Fitur Ini Bikin Fujifilm X-T30 Cocok Banget Bagi Videografer & <em>Content Creator</em> 4

Bahkan ada satu efek simulasi film yang dirancang untuk videografi yaitu ETERNA. Efek simulasi film ETERNA ini bisa menghasilkan rekaman video yang lebih sinematis dengan tonal warna yang lebih lembut. Pada praktiknya, melakukan color grading pada video dengan simulasi film ETERNA amat mudah karena warnanya yang cenderung lembut.

4. Bodi ringkas dan ringan

5 Fitur Ini Bikin Fujifilm X-T30 Cocok Banget Bagi Videografer & <em>Content Creator</em> 5

Satu keunggulan yang ditawarkan Fujifilm X-T30 adalah dimensi bodinya. Dibandingkan dengan Fujifilm X-T3, bodi X-T30 memiliki dimensi lebih ringkas dan ringan. Bobotnya hanya sekitar 383 gram. Dengan bodi yang ringkas dan ringan, menambahkan aksesori videografi seperti small rig atau mikrofon eksternal pada X-T30 tidak akan terlalu membebani penggunanya. Bobot ringan X-T30 juga membuatnya lebih nyaman digunakan saat merekam video di perjalanan.

5. Pilihan lensa lengkap

5 Fitur Ini Bikin Fujifilm X-T30 Cocok Banget Bagi Videografer & <em>Content Creator</em> 6

Dengan dukungan ekosistem lensa yang lengkap untuk berbagai kebutuhan, Anda akan lebih leluasa berkarya. Fujifilm menyediakan lensa X-Mount dari kisaran harga 4 jutaan rupiah, baik untuk lensa prime atau zoom. Bagi yang belum memiliki kamera Fujifilm dengan X-Mount atau ingin melengkapi lensanya, kami anjurkan membeli paket Fujifilm X-T30 beserta lensa (promo PWP atau Purchase with Purchase).

Rekomendasi pembelian

5 Fitur Ini Bikin Fujifilm X-T30 Cocok Banget Bagi Videografer & <em>Content Creator</em> 7

Bagi yang dananya terbatas, kami anjurkan mengambil paket Fujifilm X-T30 dengan lensa zoom kit Fujifilm XC15-45mm f/3.5-5.6 OIS PZ seharga Rp15.999.000. Jika menginginkan lensa zoom yang lebih mumpuni, terdapat paket bodi Fujifilm X-T30 dengan lensa Fujifilm XF18-55 f/2.8-4 R LM OIS seharga Rp18.499.000.

Jika tidak membutuhkan lensa zoom, paket Fujifilm X-T30 dengan lensa XF35mm f/2.0 di harga Rp16.499.000 (promo PWP) merupakan pilihan yang paling ekonomis. Walaupun ini merupakan lensa paling murah yang tersedia dalam paket X-T30 dengan lensa prime, lensa 35mm f/2.0 terbukti mampu menghasilkan foto menawan dalam bodi yang ringkas.

Jika butuh jangkauan lensa lebih panjang, juga terdapat paket XT-30 dengan lensa 50mm f/2.0 seharga 17,5 juta rupiah. Sebaliknya jika butuh lensa dengan jangkauan lebih panjang, pilih paket dengan lensa 23mm f/2.0 yang dijual 17,5 juta rupiah. Perlu diingat, harga paket PWP ini hanya berlaku selama masa promosi.

Pastikan juga produk Fujifilm yang dibeli memiliki garansi resmi Fujifilm Indonesia demi kenyamanan Anda saat menggunakannya.