Home Mobile Gadget Tertarik dengan Vivo S1? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Tertarik dengan Vivo S1? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Vivo S1 hadir sebagai seri baru dan menjadi opsi menarik untuk pengguna yang mencari smartphone 3 jutaan rupiah. Pasalnya, Vivo menawarkan perpaduan yang pas antara penampilan eksterior yang ciamik dengan sederet hardware oke yang tertanam di dalamnya.

Namun bukan berarti ini adalah perangkat yang sempurna. Untuk Anda yang masih bimbang apakah layak mengeluarkan dana Rp3.599.000 untuk meminangnya, Anda bisa menyimak terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo S1:

Yang Canggih:

1. Desain bagus dengan warna gradasi

Tertarik dengan Vivo S1? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya 1

Vivo S1 tergolong smartphone dengan desain yang cukup cantik. Tampilannya minimalis jika dilihat dari depan, dengan dominasi layar berbezel tipis yang hanya menyisakan poni kecil di atasnya. Beralih ke belakang, Vivo S1 menampilkan perpaduan warna dan efek pantulan cahaya yang menawan melalui dua variannya, yakni Cosmic Green (yang ada di artikel review kami kali ini), dan Skyline Blue.

Membahas lebih lanjut varian Cosmic Green, menurut kami tampilan yang justru lebih dominan kebiruan terlihat begitu menggoda. Apalagi, Vivo menambahkan ornamen gold seperti pada frame di sekeliling kamera maupun pada logo Vivo.

2. Layar tajam dan memanjakan mata

Tertarik dengan Vivo S1? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya 2

Vivo S1 dibekali layar berukuran 6,38 inci dengan panel Super AMOLED dan resolusi Full HD+. Tampilannya khas Super AMOLED, yakni terang dengan warna-warna yang kaya dan memanjakan mata. Cocok untuk menunjang berbagai kebutuhan seperti browsing, menonton video, hingga bermain games.

3. Screen Touch ID cepat dan akurat

Smartphone ini dibekali sensor sidik jari di dalam layar yang disebut Screen Touch ID. Vivo tergolong salah satu produsen pertama yang mengembangkannya. Tidak heran, pada Vivo S1 kemampuan Screen Touch ID semakin baik dan responsif saat memindai sidik jari. Kinerjanya juga terasa cepat.

4. Performa cukup untuk gaming

Vivo S1 dipersenjatai SoC MediaTek yang tergolong baru, yaitu Helio P65 octa-core, dengan RAM 4 GB dan memori internal 128 GB. Kombinasi yang tentunya menjanjikan kinerja mulus untuk berbagai kebutuhan, termasuk gaming.

Terbukti, selama kami menggunakan smartphone ini tidak pernah ada masalah terkait performa. Untuk penggunaan sehari-hari terasa mulus dan responsif, dan untuk main game pun lancar. Kami sempat mencoba beberapa judul populer seperti PUBG Mobile yang bisa dijalankan di setting High dengan frame rate yang stabil, maupun Asphalt 9 yang dapat dinikmati tanpa kendala berarti.

5. Memori internal lega

Seperti disebutkan di atas, Vivo S1 punya memori internal 128 GB. Kapasitas yang lega sehingga memungkinkan Anda untuk lebih banyak menyimpan file baik itu foto, video, aplikasi, atau games yang ukurannya besar.

6. Kamera cukup baik, ada lensa ultra-wide

Tertarik dengan Vivo S1? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya 3

Vivo S1 dibekali AI Triple Camera di belakang yang terdiri dari kamera utama 16 megapixel f/1.78 dengan sensor Sony IMX499, kamera kedua 8 megapixel f/2.2 Super Wide Angle 120 derajat, serta kamera 2 megapixel depth sensor. Sementara untuk selfie, ada AI Camera Selfie 32 megapixel di depan.

Hasil jepretannya cukup oke, asalkan Anda memotret di kondisi cahaya yang ideal. Untuk pemotretan low light juga masih lumayan. Kamera selfie-nya juga bagus karena mampu menghasilkan foto yang tajam dengan akurasi warna dan dynamic range yang baik.

7. Baterai besar dan sudah didukung Dual-Engine Fast Charging

Vivo S1 hadir dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yakni 4.500 mAh. Menariknya lagi, smartphone ini dilengkapi dengan dukungan Dual-Engine Fast Charging. Untuk penggunaan sehari-hari dengan gaya pemakaian normal jelas sangat mudah untuk bisa bertahan selama seharian penuh, atau bahkan, bisa sampai 1,5 hari. Proses chargingnya pun lumayan ngebut. Butuh waktu kurang dari 2 jam dari kondisi di bawah 10 persen hingga terisi penuh.

Tertarik dengan Vivo S1? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya 4

Yang Kurang:

1. Kamera belum didukung Night Mode

Sayangnya hingga artikel ini dibuat kamera Vivo S1 belum memiliki Night Mode untuk meningkatkan kualitas pemotretan di malam hari. Meski begitu, tetap ada kemungkinan di masa depan fitur tersebut akan dirilis lewat update, seperti yang terjadi pada V15.

2. Port belum USB Type-C

Vivo S1 masih menggunakan port microUSB lama. Akan lebih menarik jika sudah memakai Type-C seperti beberapa smartphone lainnya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo S1. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi Anda yang berencana membeli Vivo S1 dalam waktu dekat.

Tertarik dengan Vivo S1? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya 5
Yossie Dwi Pranantohttps://www.yangcanggih.com
Penggemar game dan musik ini adalah Channel Editor untuk Mobile Gadget.