10 Tips dan Trik Realme 3 Pro yang Wajid Diketahui

Realme 3 Pro menjadi salah satu smartphone yang paling menarik di kelas harga 3 jutaan rupiah. Pasalnya, baik dari hardware maupun fitur smartphone ini tampil begitu menonjol dibanding beberapa lawan-lawannya.

10 Tips dan Trik Realme 3 Pro yang Wajid Diketahui 1

 

Tidak heran jika Realme 3 Pro cukup laris di pasar Indonesia, dan mungkin termasuk penggunanya. Nah, jika iya, kami punya sederet tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kemampuan Realme 3 Pro dalam menunjang berbagai kebutuhan. Penasaran apa saja? Yuk, langsung saja simak:

1. Merekam video slow motion 960 fps

Sektor fotografi menjadi fitur unggulan yang dikedepankan oleh Realme 3 Pro. Meski begitu, smartphone ini tidak hanya mampu menghasilkan foto yang bagus, tetapi juga mumpuni untuk merekam video.

Fitur keren yang dibenamkan oleh Realme adalah Slow Motion. Kami sebut karena Anda bisa memilih mode slow-mo mulai dari 120 fps hingga 960 fps! Dengan 960 fps tentunya gerakan video akan jauh lebih lambat dan smooth.

Untuk mengaktifkannya: Masuk aplikasi Camera -> pilih Video -> klik tiga garis horizontal di sisi untuk membuka menu -> pilih Slow-Mo -> lalu pilih berapa frame rate yang Anda inginkan.

10 Tips dan Trik Realme 3 Pro yang Wajid Diketahui 2

2. mengaktifkan mode pemotretan Ultra HD

Anda ingin menghasilkan foto dengan resolusi lebih tinggi agar detailnya terlihat lebih tajam? Kamera Realme 3 Pro memungkinkan hal itu melalui sebuah fitur yang disebut mode UHD (Ultra HD).

Caranya: masuk ke aplikas Camera -> klik tiga garis horizontal lalu pilih mode Expert -> aktifkan mode Ultra HD dengan cara klik logo berbentuk empat berlian.

3. Menambahkan watermark pada foto

Menambahkan watermark pada foto belakangan mulai menjadi tren yang disukai, khususnya oleh pengguna yang gemar memamerkan karya mereka di media sosial. Pada Realme 3 Pro, Anda bisa dengan mudah menambahkan watermark bahkan beserta nama yang Anda inginkan tampil pada foto.

Caranya: masuk ke aplikasi Camera -> pilih icon Setting di pojok atas -> scroll ke bawah lalu aktifkan Watermark -> ganti Author sesuai dengan nama Anda.

Hasil foto Realme 3 Pro

4. Mendeteksi USB OTG

Anda yang belum familiar dengan ColorOS 6 mungkin bingung, kenapa saat menghubungkan USB OTG pada Realme 3 Pro tidak bisa terbaca. Itu karena secara default fitur tersebut memang belum diaktifkan. Anda wajib mengaktifkannya terlebih dahulu agar USB OTG yang Anda pasang bisa terbaca.

Caranya: masuk ke Settings -> pilih Additional Settings (pengaturan tambahan) -> lalu aktifkan OTG Connection.

5. Mengaktifkan fitur screen recording

Jika Anda suatu saat ingin merekam segala aktivitas yang terjadi pada layar smartphone Anda, misalnya merekam aksi Anda saat bermain game, Realme 3 Pro menyediakan fungsi screen recording.

Cara mengaktifkannya mudah: tarik jendela notifikasi ke bawah -> klik logo untuk membuka semua icon (apabila Screen Recording belum tersusun sebagai icon utama) -> lalu klik Start Screen Recording -> Allow Sound Recording.

6. Memaksimalkan Game Space

Realme 3 Pro dibekali Soc Snapdragon 710 AIE yang punya performa bagus untuk menjalankan game. Tapi untuk lebih memaksimalkan pengalaman yang ditawarkannya, Anda bisa memanfaatkan fitur Game Space pada smartphone ini.

10 Tips dan Trik Realme 3 Pro yang Wajid Diketahui 3

Caranya adalah dengan membuka aplikasi Game Space yang sudah terpasang secara built-in. Di dalam aplikasi tersebut Anda bisa memilih mode antara Competitive (performa tinggi), Balanced Mode (performa dan konsumsi daya yang efisien), atau Low Power (mode hemat daya).

Ada pula opsi untuk memblokir notifikasi yang masuk sehingga tidak mengganggu permainan, informasi mengenai sisa baterai, hingga kekuatan sinyal.

7. Kids Mode

Jika Anda ingin meminjamkan Realme 3 Pro Anda kepada anak-anak, ada baiknya Anda lebih dulu mengaktifkan Kids Mode. Sesuai namanya, dalam mode ini semua konten yang ditampilkan akan disesuaikan agar cocok dengan usia anak Anda.

Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings -> pilih Security -> lalu aktifkan Kids Space.

8. Dua akun chatting dan media sosial

Butuh dua akun WhatsApp atau Facebook yang aktif secara bersamaan di satu smartphone? Realme 3 Pro punya fitur bernama Clone Apps. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu membawa dua buah smartphone hanya untuk mengelola dua akun.

Caranya: masuk ke Settings -> pilih Clone Apps -> pilih aplikasi yang Anda inginkan.

10 Tips dan Trik Realme 3 Pro yang Wajid Diketahui 4

9. Mengambil screenshot dengan 3 jari

Mengambil screenshot adalah salah satu fitur Android yang paling berguna untuk penggunaan sehari-hari. Di Realme 3 Pro, Anda bisa lebih mudah melakukannya tanpa harus menekan tombol power dan tombol volume down secara bersamaan.

Caranya: masuk ke Settings -> pilih Convenience Aid -> pilih Gesture & Motion -> aktifkan 3-finger screenshot.

10. Mengaktifkan Driving Mode atau Riding Mode

Untuk Anda yang selalu beraktivitas dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor, Realme 3 Pro menyediakan fitur Driving Mode dan Riding Mode. Melalui dua mode tersebut Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa menelepon selama Anda menyetir, otomatis mengaktifkan Bluetooth utnuk terhubung ke mobil, dan sebagainya.

Caranya: masuk ke Settings -> pilih Smart Services -> pilih Smart Driving -> lalu pilih Driving Mode atau Riding Mode.

Itulah sederet tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pengalaman penggunaan yang lebih maksimal bersama Realme 3 Pro. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya!