Home Mobile Gadget Kesan Pertama Mencoba Realme X, Smartphone Tanpa Poni Tercanggih Realme

[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Realme X, Smartphone Tanpa Poni Tercanggih Realme

Setelah Realme 3 Pro, kini giliran Realme X yang akan diperkenalkan. Jika Realme 3 Pro lebih menekankan pada performa tinggi di tingkat harga yang amat terjangkau, maka Realme X hadir di atasnya dengan menawarkan beberapa fitur yang biasa ditemukan di smartphone kelas menengah atas.

Sebut saja fitur pemindai sidik jari di bawah layar, kamera depan swafoto dengan desain pop-up seperti pada OPPO F11 Pro, dukungan suara surround Dolby Atmos, serta chipset Qualcomm Snapdragon 710 yang kencang tapi irit daya.

Kesan pertama menggunakan Realme X

Realme 3 X Black & White

Dibandingkan dengan Realme 3 Pro, Realme X terasa lebih langsing dan tipis. Tanpa case, bodinya yang halus terasa licin saat di genggaman. Layarnya langsung menarik perhatian. Selain penuh dan tidak terpotong poni, layarnya mampu menampilkan konten dengan warna yang cemerlang.

Ini tidak mengherankan, mengingat Realme X telah dibekali layar AMOLED Full HD+ yang unggul dalam menampilkan visual dengan warna matang. Pemilihan jenis layar ini dibutuhkan untuk pemindai sidik jari di bawah layar yang saat ini hanya dapat digunakan di ponsel dengan layar OLED.

Respons sensor sidik jari saat membuka layar termasuk gegas. Tidak kalah dengan ponsel flagship dan semi premium terkini.

Hasil foto lebih baik

Mengemas sensor Sony IMX586 dengan resolusi maksimum 48 megapixel, inilah smartphone Realme dengan spesifikasi kamera terbaik untuk saat ini. Dari sisi menu dan fitur, kamera utama Realme X masih identik dengan Realme 3 Pro. Namun dari pengujian singkat, hasil foto dari kamera utama Realme X terlihat lebih superior dibandingkan Realme 3 Pro.

Saya mencoba kamera Realme X saat berkunjung ke Disneyland Hongkong dan Ocean Park. Dalam beragam kondisi cahaya, hasil foto yang ditawarkan Realme X ternyata cukup memuaskan. Berikut beberapa contoh hasil foto Realme X tanpa penyuntingan sama sekali.

Realme X

Realme X

Reproduksi warna cenderung matang, walaupun tidak menggunakan efek Chroma Boost. Dalam kondisi minim cahaya atau malam hari, kamera Realme X juga tetap handal. Dengan fitur Nightscape, kamera Realme X akan dapat mengambil foto dalam berbagai exposure. Kemudian ponsel akan menggabungkannya menjadi foto yang lebih terang dengan rentang dinamika cahaya yang lebih luas. Konsepnya mirip seperti HDR. Berikut hasil foto dalam mode Nightscape.

Realme X Night Mode

Night Mode Realme X

Kamera selfie Realme X yang dapat bersembunyi jika tidak dibutuhkan juga mampu menghasilkan swafoto yang baik.

Efek mempercantik atau Beautify dari kamera depannya juga terlihat cukup alami. Wajah kurang mulus akan disulap menjadi mulus tanpa cela seperti berdandan.

Terbaik dari Realme untuk saat ini

Performa Realme X sendiri tidak berbeda dengan Realme 3 Pro yang menggunakan prosesor sejenis. Memainkan game populer seperti PUBG Mobile atau Mobile Legends akan dapat dilakoninya dengan mudah. Hilangnya poni di layar juga membuat Realme X lebih nyaman untuk bermain game atau menonton film. Apalagi mengingat layar AMOLED Realme X yang tajam dan mampu menampilkan warna yang matang.

Dari sisi harga, walaupun belum diumumkan hingga saat ini, Realme X merupakan smartphone paling mahal Realme di Indonesia untuk saat ini. Dibandingkan dengan Realme 3 Pro, Realme X memang terlihat dan terasa lebih premium. Kemampuan kamera Realme 3 Pro yang sudah baik kini ditingkatkan lagi di Realme X.

Bagi yang penasaran, nantikan ulasan lengkap Realme X di sini pada tanggal 25 Juli 2019.

[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Realme X, Smartphone Tanpa Poni Tercanggih Realme 1
Kristian Tjahjonohttps://yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2003 di beberapa majalah gadget internasional, serta menggarap proyek-proyek digital untuk berbagai klien teknologi