Canon RF 24-240mm f/4-6.3 IS USM: Lensa Full Frame Pertama Canon dengan Dynamic IS

Ekosistem lensa Canon RF kembali bertambah. Melengkapi 5 lensa yang sudah diluncurkan sebelumnya, lensa keenam di keluarga lensa RF ini adalah Canon RF 24-240mm f/4-6.3 IS USM.

Lebih kecil dan ringan

Dengan jarak fokal 24-240mm, lensa ini akan cocok untuk para pengguna yang tidak ingin repot gonta-ganti lensa saat travelling. Untuk itulah rancangan bodinya juga dibuat lebih kecil dan ringan jika dibandingkan dengan lensa Canon RF lainnya. Bobotnya ini hanya sekitar 750 gram. Tapi, meski dirancang untuk para traveller sayangnya rancangan bodi lensa ini belum dilengkapi dengan fitur tahan cuaca.

Dilengkapi Dynamic IS

Sebagai lensa telefoto zoom Canon RF 24-240mm f/4-6.3 IS dilengkapi fitur penstabil. Lensa ini menjadi lensa full frame pertama Canon yang dilengkapi dengan fitur penstabil Dynamic IS. Fitur penstabilnya ini disokong sistem penstabil hingga 5-stop, yang memungkinkan fotografer untuk mengambil foto dan video yang minim blur tanpa perlu bantuan tripod sekalipun di kondisi pencahayaan yang minim.

Teknologi autofocus Nano USM


Canon RF 24-240mm f/4-6.3 IS juga dilengkapi dengan teknologi autofocus Nano USM. Teknologi ini mampu menyajikan kinerja autofocus yang cepat dan presisi saat memotret atau merekam video. Selain itu, tersedia juga dukungan fitur full-time manual focus yang memungkinkan fotografer untuk melakukan pengaturan focus saat di mode Autofocus.

Untuk fitur lain, Canon RF 24-240mm f/4-6.3 IS bisa melakukan fokus hingga jarak 0.5 meter, dan 0.78 meter saat posisi zoom maksimal. Lensa ini juga dilengkapi dengan cincin kendali yang bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna. Jika tidak digunakan untuk pengaturan fokus manual, cincin kendalinya tersebut bisa dialihkan untuk mengatur kompensasi ekposur, kecepatan rana kamera, bukaan diafragma, atau ISO. Cukup disayangkan Canon RF 24-240mm f/4-6.3 IS USM belum dilengkapi dengan fitur tahan cuaca.

Canon RF 24-240mm f/4-6.3 IS akan tersedia di bulan September 2019 dengan harga jual US$900. Lensa ini juga akan menjadi lensa kit untuk Canon EOS RP dengan harga jual sepaket US$2200. Lebih murah dari paket kit Canon EOS RP dengan lensa RF 24-105mm f/4L IS USM.

Baca juga
SSD NVMe: Resep Bikin PC Ngebut Bagi Gamer dan Content Creator