Quantcast
Foto & VideoKamera sakuNews

Canon PowerShot G5 X Mark II: Bodi Lebih Ringkas, Kini Bisa Rekam Video 4K

Masih di lini kamera saku Canon PowerShot, selain Canon PowerShot G7 X III, Canon juga mengumumkan PowerShot G5 X Mark II. Meluncur pertama kali 4 tahun silam, Canon PowerShot G5 X Mark II kini hadir dengan wajah baru dengan kemampuan foto video yang semakin mumpuni.

Canon PowerShot G5 X Mark II 1

Serupa tapi tak sama

Satu hal yang menarik dari Canon PowerShot G5 X Mark II adalah kamera saku ini mengusung DNA yang sama seperti Canon PowerShot G7 X III. Di sektor desain Canon PowerShot G5 X Mark II resmi meninggalkan desain bodi ala DSLR versi lawasnya, dan beralih ke rancangan bodi yang lebih ringkas.

Canon PowerShot G5 X Mark II 2

Sekilas desainnya ini sangat mirip dengan Canon PowerShot G7 X III, lengkap dengan layar sentuh yang bisa dilipat ke atas. Bedanya, Canon PowerShot G5 X Mark II hadir dengan jendela bidik elektronik OLED yang bisa disembunyikan.

Canon PowerShot G5 X Mark II 3

Perbedaan lain kemudian bisa terlihat di sektor lensa. Canon PowerShot G5 X Mark II hadir dengan lensa 24mm berkemampuan zoom optical 5x atau setara lensa 24-120mm.

Spesifikasi sama seperti Canon PowerShot G7 X III

Seperti Canon PowerShot G7 X III, Canon PowerShot G5 X Mark II juga membawa Stacked CMOS sensor 1 inci yang resolusinya 20 megapixel dan prosesor Canon Digic 8.

Dengan demikian, kemampuan foto video kedua kamera ini akan sama. Canon PowerShot G5 X Mark II tetap bisa memotret tanpa henti hingga 20fps, bisa merekam video tanpa crop hingga resolusi 4K/30p, HDR, dan video gerakan lambat di resolusi Full HD 1080/120p.

[table] Spesifikasi; Canon PowerShot G5 X Mark II
Sensor; 1 inci Stacked BSI-CMOS, 20 megapixel
Prosesor; Canon DIGIC 8
ISO; hingga ISO 12800
Lensa; 24-120mm, 5x Optical Zoom
Autofocus; Contrast Detect (sensor), Multi-area, Center, Selective single-point, Tracking, Single, Continuous, Touch, Face Detection, Live View
Layar; Layar sentuh 3 inci, 1.040.000 titik
Flash; ya
Continuos shoot; hingga 20 fps
Video; hingga 4K/30p, Full HD hingga 1080/120p, HDR, tanpa crop
Kartu memori; SD/SDHC/SDXC card (UHS-I compatible)
Konektivitas; WiFi, Bluetooth
Bobot; 340 gram
Dimensi; 111 x 61 x 46 mm
[/table]

Canon PowerShot G5 X Mark II 4

Untuk fitur lain, Canon PowerShot G5 X Mark II hadir dengan antarmuka baru seperti kamera EOS Canon, punya mode Star untuk memotret bintang, dan baterai yang bisa digunakan hingga sekitar 230 jepretan foto dan 180 jepretan foto jika menggunakan jendela bidik elektronik. Sayangnya, tidak seperti Canon PowerShot G7 X Mark III baterainya ini tidak bisa diisi ulang lewat powerbank.

Canon PowerShot G5 X Mark II akan hadir di bulan Agustus 2019 dengan harga jual US$899.

Back to top button