Innodisk Fire Shield SSD: SSD Tangguh yang Tahan Api

SSD saat ini mulai banyak diadopsi sebagai ruang penyimpanan untuk menggantikan hard disk. Untuk itulah Innodisk berinovasi menghadirkan sebuah SSD tangguh yang diberi nama Fire Shield SSD.

Tahan api dan anti bakar

Hadir dengan dimensi 3.5 inci, Innodisk Fire Shield SSD mengusung memori flash SLC atau iSLC NAND sebagai media penyimpanan.

Tidak seperti SSD pada umumnya, SSD ini hadir dengan rancangan bodi khusus. Rancangan bodinya mengusung 3 lapisan proteksi yang bisa melindunginya dari jatuh, temperatur ekstrim hingga kobaran api.

SSD ini bisa tahan hingga temperatur 800 derajat celcius. Bahkan, data yang tersimpan di dalamnya diklaim bisa tetap aman dan terlindungi 100% meski terbakar api hingga sekitar 30 menit.

Kendati demikian, meski tahan api SSD ini tidak akan langsung bisa digunakan setelah terbakar. Menurut Innodisk, setelah terbakar api untuk mendapatkan kembali data-data yang tersimpan diperlukan seorang ahli dan bantuan perangkat pemulihan khusus.

Tidak dijual umum

Innodisk belum menginformasikan lebih lanjut berapa harga jual dari SSD ini. Dilihat dari keunggulan yang ditawarkannya, Fire Shield SSD nampaknya akan ditujukan untuk kebutuhan khusus dan bukan dijual untuk umum. Dengan fitur ketangguhannya Fire Shield SSD bisa digunakan untuk beragam skenario. Seperti misalnya digunakan sebagai kotak hitam di kendaraan, atau aplikasi lain yang membutuhkan penyimpanan yang sangat andal di beragam industri.

Baca juga
Polaroid Originals Hadirkan Kamera Instan OneStep 2: Stranger Things Edition