Review BenQ EW3270U, Monitor 4K HDR Terjangkau Untuk Gaming

4.5
Monitor 4K HDR Terjangkau

Saat ini konten multimedia yang mendukung HDR mulai banyak bermunculan dari film hingga game. Bahkan, Sony dengan konsol jagoannya, Playstation 4, akhirnya merilis Playstation 4 Pro yang mendukung game HDR. Sayangnya, untuk menikmati konten HDR konsumen wajib merogoh kocek yang cukup dalam karena HDR TV harga jualnya masih relatif tinggi.

Review BenQ EW3270U, Monitor 4K HDR Terjangkau Untuk <em>Gaming</em> 1

Tapi, untunglah dukungan fitur HDR tidak hanya di TV saja. Fitur HDR kini mulai menular ke monitor yang salah satunya bisa ditemukan di monitor 4K HDR BenQ EW3270U. Penasaran apa saja kehebatan BenQ EW3270U? Simak review kami berikut ini.

Desain standar

Sektor desain nampaknya memang bukan fokus utama dari monitor ini. Pasalnya, BenQ EW3270U hadir dengan desain yang terlihat standar dan minimalis. Panel layarnya yang berukuran 32 inci dikelilingi dengan bingkai yang cukup tipis. Andai saja bingkai layarnya dibuat sedikit lebih tipis lagi, tampilan BenQ EW3270U kami jamin akan terlihat lebih cantik dan kekinian. Sementara bagian leher dan alas penampangnya amat baik dan terasa kokoh.

Review BenQ EW3270U, Monitor 4K HDR Terjangkau Untuk <em>Gaming</em> 2

Untuk menjaga tampilannya agar tetap minimalis, BenQ menempatkan tombol-tombol navigasinya di bagian bawah kanan layar. Tombol-tombol navigasi tersebut berukuran cukup besar dan nyaman untuk ditekan.

Review BenQ EW3270U, Monitor 4K HDR Terjangkau Untuk <em>Gaming</em> 3

Akses ke setiap menu pengaturannya pun sangat jelas dan tidak terlalu dalam sehingga lebih mudah digunakan.

Review BenQ EW3270U, Monitor 4K HDR Terjangkau Untuk <em>Gaming</em> 4

Satu-satunya tombol yang terlihat hanyalah tombol hotkey HDR/BI+ yang ada di pojok kanan bawah layarnya. Tombol ini berguna untuk mempercepat mengaktifkan mode HDR dan BI+ yang dibawanya. Bergeser ke tengah, tepat di bawah monitor ini bisa ditemukan poni. Poni ini membawa sensor cahaya yang bisa mendeteksi pencahayaan dan temperatur warna.

Review BenQ EW3270U, Monitor 4K HDR Terjangkau Untuk <em>Gaming</em> 5

Secara keseluruhan kami cukup puas dengan desain monitor ini. Meski ukuran 32 inci memang cukup besar, tapi setidaknya rancangan BenQ EW3270U masih lebih hemat tempat jika dibandingkan dengan TV layar datar yang berukuran sama.

Konektivitas lengkap

Berlanjut ke sektor konektivitas, semua port konektivitasnya ditempatkan di bagian belakang bodi. Monitor ini hanya membawa 4 port yang terdiri dari 1 port USB-Type C, 2 port HDMI 2.0, dan 1 port DisplayPort 1.2.

Review BenQ EW3270U, Monitor 4K HDR Terjangkau Untuk <em>Gaming</em> 6

Berkat keempat port ini, Anda bisa menghubungkannya ke PC, Laptop hingga konsol game. Port konektivitas pada monitor ini dirancang menghadap ke bawah. Tujuannya memang agar lebih terlihat rapih. Tapi hal ini juga menjadikan akses ke setiap port tersebut menjadi agak sulit dijangkau. Secara keseluruhan, deretan konektivitas yang dimiliki BenQ EW3270U termasuk lengkap sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencabut pasang jika ingin menggunakan monitor ini ke perangkat lain.

Kualitas visual 4K yang amat baik

Review BenQ EW3270U, Monitor 4K HDR Terjangkau Untuk <em>Gaming</em> 7
BenQ EW3270U hadir dengan teknologi panel VA yang resolusinya 4K 10 bit. Mengusung teknologi panel VA dan dukungan teknologi HDR ada beberapa keunggulan yang kami rasakan saat menikmati konten di layarnya.

Dibandingkan panel IPS, panel VA yang didukung teknologi HDR mampu menyajikan visual dengan rasio kontras yang lebih tinggi. Saat di skenario gelap, warna hitam akan terlihat sangat pekat. Lebih baik jika dibandingkan panel LCD pada umumnya. Sudut penglihatannya pun cukup lebar yakni hingga sekitar 178 derajat. Jadi dilihat dari berbagai sisi visual di monitor ini masih tetap terlihat relatif konsisten.

Berkat resolusi layar 4K 10 bit dan mendukung cakupan warna 95% DCI-P3, tampilan yang tersaji di layarnya terlihat tajam dan warnanya juga sangat memanjakan mata. Ini menjadikan BenQ EW3270U cocok untuk Anda yang gemar menikmati konten multimedia seperti menonton film. Atau, para gamer juga bisa mengandalkannya sebagai 4K gaming monitor untuk bermain game dari PC, laptop atau konsol game seperti Playstation 4 Pro.

BenQ EW3270U juga langsung membawa sepasang speaker terintegrasi dengan kualitas audio yang cukup baik. Jadi, Anda tidak perlu repot untuk menghubungkannya ke sistem audio.

Didukung fitur eye care untuk melindungi mata

Selain teknologi HDR dan resolusi 4K yang menjadi keunggulannya, ada satu keunggulan lain yang ditawarkan monitor 4K BenQ EW3270U. Monitor ini juga didukung dengan fitur Eye Care yang berguna untuk melindungi mata saat menatap monitor ini dalam jangka waktu yang lama.

Fitur Eye Care BenQ EW3270U mencakup fitur Low Blue Light Filter untuk meminimalkan pancaran sinar biru, flicker free atau bebas kedipan, dan BI+. BI+ atau Brightness Intelligence Tech adalah salah satu fitur yang hanya bisa Anda jumpai di monitor ini. Fitur BI+ memanfaatkan sensor cahaya yang dibawanya untuk mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis menyesuaikan kondisi cahaya di ruangan Anda.

Untuk mencoba fitur ini Anda bisa langsung menekan tombol BI+ yang ada di pojok kanan bawah layar. Kami melakukan beberapa komparasi antara fitur HDR dan BI+ saat diaktifkan dan di nonaktifkan dengan memutar konten opening game GOD OF War. Komparasinya berikut ini:

HDR OFF/BI+ OFF: Tanpa mengaktifkan mode HDR dan BI+ adegan ini terlihat cukup gelap dengan kontras yang rendah dan tonal warna yang agak kemerahan.
Review BenQ EW3270U, Monitor 4K HDR Terjangkau Untuk <em>Gaming</em> 8

HDR ON/BI+ OFF: Saat HDR diaktifkan kelebihannya tampilan di layar terlihat menjadi lebih cerah dan kontras warna meningkat cukup signifikan dengan tonal area gelap terang yang terlihat lebih jelas.
Review BenQ EW3270U, Monitor 4K HDR Terjangkau Untuk <em>Gaming</em> 9

HDR OFF/BI+ ON: Saat HDR dinonaktifkan dan hanya mengaktfikan BI+ saja, di mode ini tingkat kecerahan layar otomatis akan menyesuaikan pencahayaan di ruangan. Jadi, patut dicatat untuk pengujian mode ini mungkin hasilnya akan berbeda-beda karena bergantung pada tingkat pencahayaan ruangan Anda. Dari pengujian kami di kondisi pencahayaan ruangan yang cukup, di mode ini kekurangannya hanya kontras sedikit lebih menurun dan warna kembali kemerahan seperti semula (HDR OFF/BI+ OFF), sementara tingkat kecerahan layarnya terlihat agak meningkat namun tetap nyaman di mata.

Review BenQ EW3270U, Monitor 4K HDR Terjangkau Untuk <em>Gaming</em> 10

HDR ON/BI+ ON: Nah, saat kedua mode diaktifkan menurut kami mode ini yang paling pas. Selain tingkat kecerahan layar meningkat, berkat HDR kontras dan warna yang tersaji juga lebih baik.

Review BenQ EW3270U, Monitor 4K HDR Terjangkau Untuk <em>Gaming</em> 11

Kesimpulan

Di tengah pertumbuhan konten HDR yang semakin populer dari film hingga game, BenQ EW3270U bisa menjadi solusi yang lebih hemat tanpa harus membeli HDR TV yang harga jualnya lebih mahal. Singkatnya, kami cukup puas dengan monitor ini. Dengan harga jual di kisaran 7,3 juta Rupiah, BenQ EW3270U tetap sangat optimal untuk sekedar mencicipi konten HDR atau bermain game berkat ukuran panel layarnya yang besar, resolusi layar 4K dan dukungan fitur BI+ yang tidak akan ditemukan di monitor lain sekelasnya. Monitor ini bisa jadi pilihan yang ideal untuk para penggemar film atau gamer yang sedang mengincar 4K gaming monitor.

Yang Canggih:
+ Panel layar 4K HDR
+ Harga relatif terjangkau
+ Dimensi besar
+ Fitur BI+ sangat berguna

Yang kurang:
– Port konektivitas sulit dijangkau
– Speaker internal kurang bertenaga

Monitor 4K HDR yang terjangkau
BenQ EW3270U tetap sangat memuaskan dan optimal untuk sekedar mencicipi konten HDR atau bermain game berkat ukuran panel layarnya yang besar, resolusi layar 4K dan dukungan fitur BI+ yang tidak akan ditemukan di monitor lain sekelasnya.
4.5
Monitor 4K HDR Terjangkau