SSD NVMe: Resep Bikin PC Ngebut Bagi Gamer dan Content Creator

Satu elemen penting saat bermain game PC atau menyunting konten yang membutuhkan tenaga besar seperti video adalah kecepatan. Guna menyajikan pengalaman dan efisiensi yang lebih baik, dibutuhkan PC yang memiliki kinerja cepat.

PC yang cepat butuh SSD

Kecepatan sebuah PC tidak hanya ditentukan oleh tipe prosesor, RAM atau GPU saja. Media penyimpanan juga memainkan faktor penting untuk menghasilkan PC dengan kinerja ngebut. Dengan media penyimpanan yang cepat, respons sistem dan semua aplikasi akan dapat dijalankan dengan lebih cepat. Jadi bagi para gamer, main game akan lebih nyaman karena tidak butuh waktu lama untuk menunggu.

Manfaat bagi pengguna yang menggunakan PC untuk bekerja juga amat jelas. Proses editing dan rendering (model 3D atau video) bisa dijalankan dengan lebih cepat, sehingga lebih efisien dari sisi waktu dan biaya.

WD Black SN750 NVMe SSD

Bagi yang serius tentang gaming atau ingin mendapatkan efisiensi lebih saat bekerja dengan PC, ada Western Digital Black Series NVMe SSD. Seri Black dari WD ini memang ditujukan untuk digunakan di PC dengan kinerja tinggi seperti PC Gaming dan PC untuk para profesional di bidang kreatif seperti desain grafis, desain 3D atau video editing. Jadi tidak heran jika performa menjadi salah satu prioritas utama WD saat merancang Black Series.

Dirancang untuk PC Desktop, WD Black SN750 NVMe SSD ini hadir dalam beberapa pilihan kapasitas, yaitu 250GB, 500GB, 1TB dan 2TB. Untuk kapasitas 500GB ke atas, juga tersedia versi dengan Heatsink yang dapat menurunkan suhu SSD saat bekerja maksimal.

Kecepatan menjadi salah satu fitur unggulan WD Black SSD. Dengan kecepatan baca hingga 3.470MB/detik (untuk model 1TB) seperti ditunjukkan oleh CrystalDiskMark, rata-rata peningkatan kecepatan waktu game load dari hard disk ke SSD akan mencapai lebih dari 60 persen. Sedangkan dibandingkan SSD biasa, WD Black SN750 NVME SSD akan lebih cepat antara 10-20 persen.

Peningkatan performa ini akan terasa bagi para gamer yang sering memainkan game dengan ukuran file besar. Dan sepertinya hampir semua game PC baru yang memiliki grafis menawan hadir dengan ukuran besar.

WD Black SSD Dashboard

Untuk memaksimalkan WD Black SN750, Western Digital telah menyiapkan aplikasi WD Black SSD Dashboard. Pada aplikasi ini, Anda bisa melakukan berbagai pengaturan mulai dari memperbaharui firmware, melihat status SSD, memantau performa, melakukan diagnostik, hingga menghapus semua data dengan aman.

Satu fitur Dashboard yang berguna bagi para gamer adalah Gaming Mode. Fitur ini eksklusif tersedia di WD Black SSD dan tipe yang lebih tinggi. Dalam kondisi Gaming Mode aktif, SSD akan berjalan secara maksimal untuk memastikan performa tinggi secara konsisten. Namun efek sampingnya, konsumsi daya akan meningkat.

Baca juga
Ricoh GRIII Mendarat di Indonesia dengan Harga Resmi 13 Juta Rupiah