Inilah Kelebihan dan Kekurangan Nokia 3.1 Plus, Smartphone Terjangkau dengan NFC

Fitur NFC mulai menjadi kebutuhan di kota besar seperti Jakarta, khususnya bagi mereka yang sering melewati jalan tol atau beraktivitas dengan transportasi umum seperti KRL dan MRT. Dengan adanya NFC pada smartphone, pengguna bisa mengecek saldo e-money mereka sekaligus melakukan isi ulang.

Sayangnya fitur ini lebih banyak ditemukan pada smartphone kelas atas. Namun jangan khawatir, HMD Global melalui Nokia 3.1 Plus sudah menyediakan NFC dengan harga yang terjangkau, yakni hanya 1,8 juta rupiah.

Nah, jika Anda tertarik membeli smartphone ini, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya:

Yang Canggih:

Build quality amat baik

Nokia 3.1 Plus sama sekali tidak terlihat seperti smartphone murah. Sebaliknya, kesan yang disajikan justru cukup premium. Smartphone ini mengusung material polycarbonate yang terasa nyaman ketika bersentuhan dengan kulit. Selain itu, material tersebut juga tidak licin dan enak untuk digenggam karena bobotnya juga pas.

Layar lebar dan terang

Nokia 3.1 Plus hadir dengan layar IPS 5,99 inci. Resolusi masih HD+ saja, tapi untungnya masih terlihat cukup tajam. Tanpa adanya poni, Nokia lebih memilih memakai aspect ratio 18:9.

Dari segi kualitas layar ini cukup lumayan. Tingkat kecerahannya juga baik, tidak ada kesulitan berarti untuk dilihat di bawah sinar matahari. Secara keseluruhan, layar Nokia 3.1 Plus masih memadai untuk menikmati beragam konten, termasuk untuk nonton film.

NFC jadi bintang utama

Bisa dibilang, inilah yang menjadi nilai jual utama dari Nokia 3.1 Plus. Cukup mengejutkan memang ketika HMD Global menjelaskan bahwa versi Nokia 3.1 Plus yang dijual di Indonesia didukung NFC. Pasalnya, kebanyakan vendor justru menghilangkan fitur tersebut untuk menekan harga. Dengan Nokia 3.1 Plus, Anda tidak perlu lagi menyiapkan dana besar hanya demi mendapatkan smartphone ber-NFC.

Android One, jaminan dapat update

Smartphone ini mengadopsi sistem operasi Android 9.0 Pie murni dan tergabung dalam program Android One. Artinya, Nokia 3.1 Plus dijanjikan akan selalu mendapatkan pembaruan keamanan bulanan selama tiga tahun dan update OS selama dua tahun, sebagai jaminan dari program Android One.

Baterai awet

Dibekali baterai 3.500 mAh, meski sekilas memang kurang besar, tapi ternyata mampu memberikan daya tahan yang memuaskan. Untuk gaya pemakaian normal, Anda bisa berharap baterai Nokia 3.1 Plus mampu membuatnya menyala hingga 2 hari.

Yang Kurang:

Bodi mudah kotor

Meski secara kualitas rancang bangun patut diacungi jempol, sayangnya Nokia 3.1 Plus masih punya masalah klasik, yakni bodi yang mudah kotor oleh sidik jari. Solusinya, pasang casing.

Kamera kurang menarik

Di kisaran harganya, bisa dibilang Nokia 3.1 Plus kurang mampu menyajikan kamera yang menarik. Hasil fotonya pas-pasan, dan tidak bisa diandalkan untuk low-light karena tidak ada Night Mode.

Performa tidak sekencang pesaingnya

Pada sektor performa pun Nokia 3.1 Plus kurang menonjol. Memang kinerjanya mulus, tapi jika sudah diadu dengan para pesaingnya untuk urusan gaming, smartphone ini tampil kurang bertenaga.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Nokia 3.1 Plus. Semoga artikel kali ini bisa membantu Anda menetapkan pilihan!

Baca juga
Sambut Bulan Ramadan, IM3 Ooredoo Luncurkan Paket New Freedom Hingga 60GB dan Gratis Telepon Ke Semua Operator