Review Kamera OPPO Reno, Lini Smartphone Kelas Menengah Atas yang Baru dari OPPO

Last updated:
4.4
Ponsel dengan kamera keren di kelas semi premium
Cek harga

Menemukan jati diri kembali merupakan sebuah proses yang tidak hanya dialami manusia, tapi juga perusahaan. Setelah merilis seri F dan R, OPPO melebur filosofi dari dua seri tersebut menjadi identitas baru. Reno merupakan jajaran produk terbaru dari OPPO yang diposisikan di kelas menengah atas dan premium.

Untuk debutnya, OPPO menyiapkan dua versi Reno yaitu Reno 10x zoom dan Reno tanpa embel-embel. Kami sudah mencoba langsung kamera zoom Reno 10x zoom saat jalan-jalan di artikel ini.

Kini giliran OPPO Reno yang tidak dilengkapi lensa telephoto. Seperti apa kemampuan fotografinya? Berikut ulasannya.

Mengandalkan Sensor Sony IMX586

Berbeda dengan OPPO Reno 10x zoom, bagian belakang OPPO Reno hanya memuat dua kamera. Terdapat tonjolan di bawah lensa yang berfungsi untuk menjaga agar lensa kamera Reno tidak menyentuh permukaan saat ditaruh di atas meja atau tempat lain.

Untuk kamera utama di belakang, OPPO Reno menggunakan sensor Sony IMX586 48 megapixel dengan lensa 26mm f/1.7, serta kamera kedua dengan sensor 5 megapixel dan lensa f/2.4 sebagai pengukur kedalaman. Sedangkan kamera depan menggunakan sensor 16 megapixel dengan lensa 26mm f/2.0.

Desain kamera depan cukup unik, dengan bentuk segitiga dan mekanisme motor yang kokoh. Saat dicoba ditekan, kamera depannya ini terasa kuat dan tidak akan mudah rusak kecuali disengaja. Juga terdapat sensor yang dapat mendeteksi saat Reno jatuh dalam posisi kamera depan terbuka. Begitu Reno terdeteksi sedang “melayang”, kamera depan ini akan langsung mengamankan diri ke tempatnya.

Dari sisi UI dan opsi kamera, OPPO Reno mirip seperti OPPO F11 Pro. Tidak banyak pilihan modus pemotretan seperti ponsel lain di kelas premium, tapi setidaknya hasil fotonya termasuk memuaskan.

Kamera ponsel OPPO terbaik saat ini

Setelah menggunakannya selama 2 minggu, kamera OPPO Reno ternyata melebihi ekspektasi. Dibandingkan OPPO Find X, hasil foto Reno jauh lebih baik. Terutama pada kondisi malam hari, berkat adanya Ultra Night Mode.

Dalam kondisi cahaya ideal, hasil foto Reno terlihat tajam dengan reproduksi warna yang cemerlang. Berikut contoh hasil foto Reno tanpa penyuntingan.

IMG20190603164340

IMG20190608123204

IMG20190528163521

Memotret dalam ruangan dengan kondisi remang-remang juga bisa dilakoni OPPO Reno dengan baik. Memang terlihat noise sedikit meningkat dan detil pada obyek menurun saat foto diperbesar, tapi akan masih terlihat baik di mata pengguna kebanyakan. Berikut hasil foto dalam ruangan di kondisi menjelang malam hari.

IMG20190609172437

IMG20190609172209

Jika diinginkan, Anda bisa meningkatkan saturasi warnanya dengan mengaktifkan fitur Dazzle Color, walaupun hasilnya cukup mencolok jika obyek yang dipotret memiliki warna seperti foto berikut.

IMG20190603141436

Untuk foto makro dari jarak dekat, kamera belakang OPPO Reno juga mumpuni. Detail dan ketajaman hasil fotonya amat baik, dengan reproduksi warna yang natural dan nyaman di mata. Berikut beberapa contoh hasil foto Reno dari jarak dekat.

IMG20190531153319

IMG20190609175115

Bagi yang sedikit meragukan kemampuan kamera depannya mengambil foto selfie karena memiliki desain motorik, Anda tidak perlu ragu. Kamera depan OPPO Reno mampu mengambil swafoto dengan baik, sambil tetap mempertahankan detail pada wajah seperti pada foto berikut.

IMG20190603165356

Salah satu keunggulan Reno yang didengung-dengungkan OPPO adalah kemampuannya memotret dalam kondisi minim cahaya. Dan ternyata OPPO Reno mampu menghasilkan foto malam hari yang cantik. Perlu diingat, Night Mode Reno membutuhkan tangan tetap stabil selama beberapa detik untuk hasil foto malam hari yang tajam.

Berikut beberapa hasil foto malam hari menggunakan Night Mode.

IMG20190603194504

IMG20190603200712

IMG20190603194952

Era baru bagi OPPO

OPPO Reno merupakan contoh baik tentang semakin matangnya sebuah brand menyikapi pasar. Jika dulu OPPO terus menyuarakan kemampuan swafoto di produknya, mereka kini telah naik kelas dengan Reno.

Hasil foto Reno ini akan membuat aktivitas fotografi berjalan dengan menyenangkan. UI dan fitur fotografi yang sederhana memang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Terlalu sederhana dan kurang lengkap bagi pengguna yang sudah mahir memotret, tapi mudah dikuasai dan cepat dioperasikan bagi pengguna awam.

Dengan hasil fotonya yang memuaskan di segala kondisi cahaya, OPPO Reno akan jadi pilihan ideal bagi pengguna ponsel yang mementingkan kemampuan kamera dan kemudahan penggunaan.

Yang Canggih:
+ Hasil foto tajam dengan warna yang matang di kondisi cahaya ideal
+ Foto dari jarak dekat amat baik, dengan efek bokeh yang alami
+ Noise pada kondisi minim cahaya cukup rendah
+ Foto malam hari amat baik dengan adanya Night Mode
+ UI kamera mudah digunakan
+ Hasil swafoto amat baik
+ Respons kamera amat cepat

Yang Kurang:
– Fitur fotografi tergolong minim
– Dazzle Color kadang menghasilkan foto dengan warna yang terlalu matang

Dengan hasil fotonya yang memuaskan di segala kondisi cahaya, OPPO Reno akan jadi pilihan ideal bagi pengguna ponsel yang mementingkan kemampuan kamera dan kemudahan penggunaan.
4.4
Ponsel dengan kamera keren di kelas semi premium
Cek harga
Baca juga
Sharkoon Gaming DAC PRO S: USB DAC Mungil yang Mendukung Hi-Res Audio