Quantcast
KomputerLaptopNews

[Computex 2019] ASUS ZenBook Pro Duo dan ZenBook Duo: Laptop Pertama di Dunia dengan ScreenPad Plus yang Revolusioner

Mengawali ajang Computex 2019 yang berlangsung di Taipei, Taiwan, ASUS langsung menghadirkan dua laptop yang sangat revolusioner. Dua laptop yang mencuri perhatian ini adalah ASUS ZenBook Pro Duo dan ZenBook Duo yang merupakan laptop pertama di dunia dengan ScreenPad Plus.

ASUS ZenBook Pro Duo 1

ScreenPad Plus sebagai layar kedua

ScreenPad Plus adalah layar kedua. Jadi, di ZenBook Pro Duo dan ZenBook Duo ini Anda akan menemukan 2 panel layar sentuh yang terdiri dari panel layar utama dan panel layar ScreenPad Plus yang ditempatkan tepat di atas keyboardnya.

ASUS ZenBook Duo 3

ScreenPad Plus yang hadir dengan rasio aspek layar 32:9 di ASUS ZenBook Pro Duo dan ZenBook Duo hadir dengan 2 pilihan ukuran. Ukuran yang lebih besar 14 inci bisa ditemukan di ASUS ZenBook Pro Duo dan 12.6 inci di ASUS ZenBook Duo. Resolusi keduanya juga berbeda. ScreenPad Plus di ASUS ZenBook Pro Duo resolusinya 4K dan untuk ASUS ZenBook Duo resolusinya Full HD.

Sebagai layar kedua, ScreenPad Plus akan sangat menguntungkan untuk kegiatan multitasking. Selain untuk menampilkan konten visual, ScreenPad Plus turut didukung dengan software ScreenXpert untuk menyederhanakan jendela aplikasi yang berjalan dan mananjemen aplikasi. ScreenPad Plus juga dilengkapi fitur adaptif yang telah mendukung beberapa aplikasi dan bisa menerima input pena stylus aktif.

Panel layar utama berbeda

Selain beda ukuran dan resolusi ScreenPad Plus, sektor layar utama ASUS ZenBook Pro Duo dan ZenBook Duo juga berbeda.

ASUS ZenBook Pro Duo 3

ASUS ZenBook Pro Duo hadir dengan layar sentuh NanoEdge OLED 15.6 inci yang resolusinya 4K. Layar ASUS ZenBook Pro Duo ini sangat istimewa karena telah mendukung HDR, menawarkan rasio kontras 100,000:1 dan cakupan gamut warna DCI-P3 100%. Sementara, ASUS ZenBook Duo resolusi layarnya hanya Full HD dengan ukuran 14 inci.

Singkatnya, di ASUS ZenBook Pro Duo Anda akan menemukan 2 panel layar 4K dan di ASUS ZenBook Duo 2 panel layar Full HD.

Performa sangat mumpuni

ASUS ZenBook Duo 1
Beralih ke sektor dapur pacu, ASUS ZenBook Pro Duo menawarkan performa yang lebih bertenaga jika dibandingkan dengan ASUS ZenBook Duo.

ASUS ZenBook Pro Duo ditenagai pilihan prosesor Intel generasi ke-9 hingga Intel Core i9 dan kartu grafis Nvidia RTX 2060. Sangat mumpuni untuk mendukung kegiatan penciptaan konten. Sekilas perbedaan spesifikasi keduanya berikut ini.

[table]Spesifikasi; ASUS ZenBook Pro Duo (UX581); ASUS ZenBook Duo (UX481)
Prosesor; hingga Intel Core i9 9th Gen; hingga Intel Core i7
RAM; hingga 32GB; hingga 32GB
GPU; Nvidia GeForce RTX 2060; Nvidia GeForce MX250
Ruang penyimpanan; 1TB PCIe 3.0 x4 SSD; 1TB PCIe 3.0 x4 SSD
Layar; sentuh NanoEdge OLED 15.6 inci 4K UHD 3840 x 2160 pixel, 14 inci ScreenPad Plus 32:9 4K UHD 3840 x 1100; sentuh 14 inci NanoEdge Full HD 1920 x 1080 pixel, ScreenPad Plus 12.6 inci 32:9 Full HD
Konektivitas; Thunderbolt 3 USB Type-C, WiFi 6; Thunderbolt 3 USB Type-C, WiFi 6
Sistem operasi; Windows 10; Windows 10
[/table]
windows hello
ASUS ZenBook Pro Duo dan ZenBook Duo mendukung fitur Windows Hello

Selain mengedepankan fitur ScreenPad Plus, ASUS ZenBook Pro Duo dan ASUS ZenBook Duo juga menawarkan fitur lain yang tidak kalah menarik. Sebut saja seperti ErgoLift Tilting Keyboard andalan ASUS yang menawarkan posisi mengetik lebih nyaman dan sirkulasi pembuangan panas yang lebih baik, IR Camera yang mendukung fitur Windows Hello untuk membuka kunci layar dengan mengenali wajah pengguna, sektor audio dari pabrikan Harman Kardon dan hadir asisten virtual Amazon Alexa.

ASUS ZenBook Pro Duo 2

Meski sudah resmi diperkenalkan, ASUS masih menutup rapat berapa harga jualnya. Kendati demikian, rencananya ASUS ZenBook Pro Duo dan ASUS ZenBook Duo akan tersedia di pasaran kuartal ketiga tahun ini.

Back to top button