Quantcast
KomputerLaptop GamingReview

Review HP Pavilion Gaming 15: Laptop 14 Jutaan untuk Bekerja dan Bermain Game

HP Pavilion Gaming 15 7
3.6
Cek Harga

Selain seri Omen yang menawarkan performa gaming kelas atas, HP memiliki jajaran laptop laptop dari keluarga Pavilion Gaming yang punya spesifikasi menarik tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Salah satu produknya yang dijual di pasaran Indonesia saat ini adalah HP Pavilion Gaming 15.

Dengan harga di kisaran belasan juta rupiah, HP Pavilion Gaming 15 menyajikan performa yang sanggup menjalankan game-game masa kini untuk Anda para gamer dengan budget terbatas. Penasaran seperti apa kemampuannya? Yuk, simak ulasan kami.

Kesan gaming yang minimalis

HP Pavilion Gaming 15 7

Jika biasanya laptop gaming selalu mengedepankan desain yang futuristik dengan DNA gaming yang begitu kental, lain cerita pada HP Pavilion Gaming 15. Sekilas, kesan gaming-nya terasa minimalis dan tidak terlalu menonjol.

Laptop ini didominasi warna hitam di sekujur bodinya. Warna lain yang terlihat hanyalah pada logo HP serta dari warna hijau lampu backlit pada keyboard. Selebihnya, tidak ada ornamen-ornamen warna atau lampu yang biasanya Anda temukan di perangkat gaming.

HP Pavilion Gaming 15 2

HP mengusung material yang merupakan perpaduan antara plastik dan aluminium dengan kualitas rancang bangun yang menurut kami cukup baik. Bagian engselnya tidak seluruhnya menyambungkan bodi dengan layar. Ada dua celah di sisi kiri dan kanan.

Lubang ventilasi ada tepat di kedua celah tersebut. Posisinya menurut kami cukup ideal untuk membuat proses pengeluaran panas berjalan optimal. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir suhu pada bodi laptop meningkat dan kurang nyaman disentuh.

HP Pavilion Gaming 15 1

Secara keseluruhan kami amat menyukai desain minimalis dari HP Pavilion Gaming 15. Dengan tampilan seperti ini kami merasa HP Pavilion Gaming 15 cocok untuk dibawa ke manapun, termasuk untuk bekerja dan bertemu dengan klien, dan bukan hanya untuk urusan main game.

Yang kurang kami sukai adalah material pada laptop ini lumayan mudah kotor oleh sidik jari. Selain itu, meski HP Pavilion Gaming 15 punya bobot yang agak berat. yakni 2,17 kg, meski masih memungkinkan untuk dibawa beraktivitas sehari-hari. Untuk urusan ketersediaan port, laptop ini dibekali 1 port HDMI 2.0, 1 port audio jack combo, RJ-45, USB 3.1 Type-C Gen 1, serta 3 port USB 3.1 Gen 1 dan SD card reader.

Layar dan audio oke, keyboard nyaman

HP Pavilion Gaming 15 menawarkan layar IPS berukuran 15,6 inci dengan resolusi Full HD. Kualitasnya layarnya cukup memuaskan, dengan tingkat kecerahan dan warna yang amat baik. Sudut pandangnya juga luas dan tidak reflektif meski Anda menggunakan laptop ini di tempat terang.

Seperti dari sektor audio, HP membenamkan speaker Bang & Olufsen. Kualitas suaranya lantang dan jernih. Ditambah lagi, Anda juga bisa mengaktifkan fitur Audio Boost untuk meningkatkan performa audionya.

HP Pavilion Gaming 15 4

Beralih ke papan ketik, HP Pavilion Gaming 15 punya keyboard full size yang lengkap dengan numpad di sisi sebelah kanan. Keyboard ini tergolong asyik untuk mengetik cepat karena punya jarak antar tombol yang pas dan tactile feedback yang nyaman.

Seperti disebutkan di atas, keyboard pada HP Pavilion Gaming 15 didukung lampu backlit berwarna hijau. Mungkin tidak semua orang suka warna ini, tapi setidaknya cukup menunjang untuk Anda mengakses keyboard di tempat yang gelap.

HP Pavilion Gaming 15 3

Intel Core i7 dan GTX 1050

Varian HP Pavilion Gaming 15 yang kami ulas kali ini dipersenjatai prosesor Intel Core i7 8750H Coffee Lake, VGA Nvidia GeForce GTX 1050 4GB GDDR5, RAM DDR4 8 GB, serta storage berupa HDD SATA 1 TB.

Kombinasi yang tentunya sudah memadai untuk menjalankan beberapa game terbaru, meski bukan di pengaturan grafis tertinggi. Untuk game kompetitif seperti DOTA 2, CS: Go, maupun Overwatch, performanya sudah mencukupi. Frame rate yang diberikan tergolong tinggi dan cukup stabil.

Harus diketahui bahwa sesungguhnya kami kurang suka dengan penggunaan HDD meski kapasitasnya cukup besar. Menurut kami, hard disk pada HP Pavilion Gaming 15 sedikit membuat pencapaian kinerja kurang optimal. Solusinya adalah Anda harus menggantinya dengan SSD yang punya kecepatan jauh lebih kencang dan menjadikan HDD 1 TB sebagai ruang penyimpanan data saja.

Membahas soal manajemen suhu, untungnya selama menjalankan game berat laptop ini tidak terlalu panas. Hanya hangat saja tapi tidak terlalu mengganggu. Kinerja kipasnya cukup baik untuk membuang panas, walaupun lumayan berisik.

Kesimpulan

hp pavilion gaming 15 1Untuk Anda yang punya tidak terlalu besar tapi ingin punya laptop gaming, HP Pavilion Gaming 15 bisa menjadi opsi yang menarik. Laptop ini mampu menjalankan berbagai game populer masa kini, serta bisa diandalkan untuk mengedit foto maupun video.

Dengan harga 14-15 jutaan rupiah, HP Pavilion Gaming 15 cocok untuk Anda para yang membutuhkan perangkat untuk bekerja dan bermain game sekaligus.

Yang Canggih:

  • Desain tidak menonjolkan kesan gaming, cocok untuk dibawa di segala kondisi
  • Layar IPS yang memanjakan mata
  • Audio jernih dan cukup lantang
  • Keyboard nyaman untuk mengetik cepat
  • Performa oke, suhu terjaga
  • Port cukup komplit

Yang Kurang:

  • Bodi mudah kotor
  • Kipas berisik saat beban kerja tinggi
[table]Spesifikasi;HP Pavilion Gaming 15
Layar;IPS 15,6 inci Full HD
Prosesor;Intel Core i7 8750H
Kartu grafis;Nvidia GeForce GTX 1050 4GB GDDR5
RAM;8 GB DDR4
Storage;HDD SATA 1 TB
Port;1 port HDMI 2.0, 1 port audio jack combo, RJ-45, USB 3.1 Type-C Gen 1, serta 3 port USB 3.1 Gen 1 dan SD card reader
[/table]
HP Pavilion Gaming 15 7
HP Pavilion Gaming 15
HP Pavilion Gaming 15 cocok untuk Anda para yang membutuhkan perangkat untuk bekerja dan bermain game sekaligus.
3.6
Cek Harga
Back to top button