Berminat Membeli Samsung Galaxy A30? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Salah satu smartphone terbaru Samsung dari keluarga A-series 2019 yang sudah dirilis di Indonesia adalah Galaxy A30. Dibanderol dengan harga Rp3.399.000, perangkat ini sekilas memang terlihat menggiurkan baik dari segi eksterior maupun fitur yang ditawarkannya.

Mendekati Lebaran, tentunya sebagian dari Anda ada yang sudah menjadikan Galaxy A30 sebagai target belanja dalam menyambut hari raya. Namun sebelum memutuskan untuk membelinya, ada baiknya Anda memahami lebih jauh tentang Galaxy A30 dengan melihat kelebihan dan kekurangannya di bawah ini:

Yang Canggih:

1. Desain oke dan enak digenggam

Samsung Galaxy A30 memang tidak menampilkan terobosan desain yang inovatif. Meski begitu, di kelas harganya smartphone ini tergolong memiliki tongkrongan yang sedap dipandang, serta ramping dan enak digenggam.

Khusus untuk yang berwarna biru, bodi bagian belakangnya akan menyajikan efek pantulan cahaya yang cantik. Warna birunya juga bsia terlihat berbeda tergantung dari arah cahaya dan bayangan di sekelilingnya. Selain biru, ada pula warna hitam dan putih.

2. Layar Super AMOLED yang memuaskan

 

Galaxy A30 mengusung layar dengan desain Infinity-U dengan poni minimalis. Ukurannya 6,4 inci dengan resolusi Full HD+ dengan panel Super AMOLED yang tidak mudah ditemukan di smartphone lainnya dengan harga setara.

Kehadiran panel Super AMOLED menurut kami merupakan nilai plus dari smartphone ini. Anda yang mencari perangkat dengan kualitas layar istimewa wajib menjadikan Galaxy A30 sebagai target belanja.

Pasalnya, gambar yang dihasilkan terlihat tajam dan kaya warna. Tingkat kecerahannya juga amat baik dan membuat konten tetap terlihat jelas meski berada di bawah terik matahari. Kerennya lagi, Anda juga bisa menikmati fitur Always-On Display yang akan menampilkan berbagai informasi seperti jam, tanggal, dan notifikasi saat layar dalam kondisi mati.

3. Sudah menggunakan OneUI

Galaxy A30 sudah menggunakan OneUI terbaru berbasis Android 9.0 Pie. Bagi yang belum, OneUI merupakan user interface yang sama dengan yang dipakai pada seri Galaxy S10. Menurut kami, antarmuka pada Galaxy A30 sangat menyenangkan dan mudah untuk mengakses berbagai fitur. Tampilannya juga fresh dengan warna-warna icon yang terlihat cemerlang di layar Super AMOLED.

4. Kamera cukup bagus dan punya lensa wide

Galaxy A30 menawarkan konfigurasi kamera belakang dengan sensor utama 16 megapixel f/1.7 yang sudah didukung PDAF, dan sensor 5 megapixel dengan lensa ultra-wide f/2.2. Sedangkan untuk selfie, ada 16 megapixel f/2.0 di depan.

Hasil foto Samsung Galaxy A30 (10)

Hasil foto Samsung Galaxy A30 (8)

Hasil foto Samsung Galaxy A30 (9)

Hasil fotonya cukup baik terutama di kondisi cahaya yang ideal. Yang juga kami suka, lensa ultra-wide amat membantu melakukan pemotretan dengan sudut yang lebih luas tanpa harus repot beranjak dari posisi Anda.

5. Baterai tahan lama

Dibekali baterai 4.000 mAh, ketahanan Galaxy A30 tergolong mantap. Anda bisa dengan tenang membawa smartphone ini untuk beraktivitas seharian penuh tanpa khawatir baterai habis di tengah jalan. Hasil pengujian dengan PC Mark Battery Test pun amat baik, dan waktu chargingnya juga cepat.

6. USB Type-C dan Samsung Pay

Samsung Galaxy A30 telah mengadopsi port USB Type-C. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Samsung Pay untuk kemudahan pembayaran dengan dompet digital.

Yang Kurang:

1. Performa tidak sekencang pesaingnya

Inilah menurut kami yang menjadi kelemahan Galaxy A30. Smartphone tersebut masih mengandalkan SoC yang sama dengan Galaxy M20, yakni Exynos 7904 octa-core dengan GPU Mali G71 MP2.

Dipadukan dengan RAM 4 GB, untuk penggunaan sehari-hari Galaxy A30 memang masih gesit menangani berbagai pekerjaan standar. Namun jika sudah bicara soal gaming, performanya berada di bawah para pesaingnya di kisaran harga setara. Untuk PUBG Mobile dan Mobile Legends masih oke, asal bukan di setting grafis tinggi.

2. Kamera belum dibekali Night Mode

Anda yang sering mengikuti perkembangan smartphone beberapa bulan ke belakang pastinya sudah familiar dengan Night Mode. Ya, intinya ini adalah fitur untuk memudahkan memotret di kondisi low light dengan hasil yang lebih baik. Sayangnya, Galaxy A30 belum punya fitur tersebut.

3. Bodi mudah kotor dan tergores

Satu hal yang kami kurang suka juga adalah bodi bagian belakang yang menjadi magnet sidik jari dan gampang tergores. Solusinya? Pasang casing, beres!

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang kami temukan selama menguji Samsung Galaxy A30. Bagaimana? Sudah lebih yakin dalam memutuskan pilihan?

Baca juga
Leica M-E (Typ 240): Harga Jual Lebih Terjangkau, Bisa Rekam Video Full HD