Samsung ISOCELL Bright GW1: Sensor Kamera 64 Megapixel untuk Smartphone

Samsung mengumumkan kehadiran dua 0.8 micrometer pixel image sensor terbaru yakni ISOCELL Bright GW1 dan ISOCELL Bright GM2. Nama yang disebut pertama merupakan sensor dengan resolusi 64 megapixel.

ISOCELL Bright GW1

svg%3E

ISOCELL Bright GW1 merupakan sensor gambar dengan resolusi paling tinggi di lini sensor 0.8 micrometer milik Samsung. Dengan teknologi Tetracell pixel-merging dan algoritma remosaic, GW1 dapat menghasilkan foto 16 megapixel yang terang di kondisi cahaya yang minim.

“Dengan pixel yang lebih tinggi dan teknologi advanced pixel, Samsung ISOCELL Bright GW1 dan GM2 akan membawa level fotografi yang baru untuk perangkat mobile masa kini yang akan meningkatkan dan membantu mengubah cara kita merekam kehidupan sehari-hari,” kata Yongin Park, executive vice president of sensor business at Samsung Electronics.

Selain itu, ISOCELL Bright GW1 juga dapat menciptakan foto 64 megapixel dengan detail tinggi ketika memotret di kondisi cahaya yang memadai. Menariknya lagi, sensor ini diklaim mampu mendukung real-time HDR hingga 100-decibels (dB).

svg%3E

Sebagai perbandingan, dynamic range dari sensor konvesional hanya sekitar 60dB, sementara mata manusia punya sekitar 120dB. Dengan ISOCELL Bright GW1, hasil yang lebih tajam juga dapat dirasakan saat merekam video slow motion Full HD di 480 fps.

ISOCELL Bright GM2

Beralih ke ISOCELL Bright GM2, ini adalah sensor gambar dengan resolusi 48 megapixel yang juga mengadopsi teknologi Tetracell untuk menangkap gambar dengan baik di kondisi low light.

Sama seperti GW1, ISOCELL Bright GM2 pun dibekali teknologi Dual Conversion Gain (DCG) yang akan mengubah cahaya yang ditangkap menjadi sinyal elektrik tergantung dari iluminasi lingkungan sekitar.

Baik ISOCELL Bright GW1 maupun ISOCELL Bright GM2 dikabarkan akan mulai diproduksi pada pertengahan tahun 2019 mendatang. Belum ada informasi smartphone mana dari Samsung yang akan lebih dulu menggunakan sensor tersebut.

Verified by MonsterInsights