OPPO Reno 10x Zoom Pamerkan Performa Gaming Kencang dengan Snapdragon 855

Menjelang peluncuran Reno 10x Zoom di Indonesia, OPPO kembali mengajak awak media untuk mencicipi smartphone terbarunya tersebut. Setelah sebelumnya memamerkan kualitas kamera Reno dengan kemampuan 10x hybrid zoom, kini giliran sektor performa yang jadi fokus OPPO dalam acara yang digelar di Jakarta, Jumat (3/5).

Gaming super kencang dengan Snapdragon 855

OPPO Reno 10x Zoom Pamerkan Performa Gaming Kencang dengan Snapdragon 855 1

Bagi yang belum tahu, OPPO Reno 10x Zoom dipersenjatai SoC garapan Qualcomm yang saat ini berstatus sebagai yang paling kencang di lini produk mereka, yakni Snapdragon 855. Chipset 7nm tersebut dibekali CPU Kryo 485 dan GPU Adreno 640.

Yang menarik, Qualcomm menjanjikan bahwa Snapdragon 855 memiliki peningkatan performa CPU mencapai 45 persen, dan peningkatan performa rendering grafis hingga 20 persen dibanding generasi sebelumnya.

Kinerja AI juga tiga kali lebih tinggi dari Snapdragon 845. Selain itu, prosesor ini juga mendukung daya tahan baterai yang lebih lama. Menurut OPPO, ketahanan baterai tersebut merupakan hal yang penting.

Dengan bekal tersebut, tentunya OPPO Reno 10x Zoom menjanjikan performa ngebut untuk semua kebutuhan, termasuk urusan gaming. Aryo Meidianto selaku PR Manager OPPO Indonesia menjelaskan bahwa kemungkinan lag saat bermain PUBG Mobile berkurang hingga 44,1 persen. Sementara di game Arena of Valor (AOV), stabilitas frame rate meningkat mencapai 31,38 persen.

OPPO Reno 10x Zoom Pamerkan Performa Gaming Kencang dengan Snapdragon 855 2

Hasilnya memang sesuai klaim. Saat kami mencoba memainkan PUBG Mobile dengan pengaturan tinggi (HDR dan frame rate Ultra), frame rate yang didapat memang stabil dan memuaskan.

Grafis terlihat amat bagus, mulus, dan selama bermain semua terasa responsif dan tidak terasa peningkatan suhu yang berlebihan. Begitu pula saat menjalankan Asphalt 9. Lancar dan tidak ada lag yang mengganggu jalannya permainan.

Kerennya lagi, hasil pengujian menggunakan AnTuTu Benchmark juga mampu menyajikan skor yang terbilang mantap, yakni 353138. Rincian skor yang lebih lengkap bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

OPPO Reno 10x Zoom Pamerkan Performa Gaming Kencang dengan Snapdragon 855 3

Selain berkat dukungan Snapdragon 855, kinerja tinggi dari OPPO Reno 10x Zoom juga tidak lepas dari sistem operasi ColorOS 6 terbaru, yang memiliki fitur bernama Hyperboost 2.0. Termasuk di dalamnya pengguna juga disuguhkan Game Boost 2.0 untuk meminimalisir gangguan notifikasi, serta Touch Boost agar kontrol dengan layar sentuh terasa lebih responsif.

ISP terbaru: Spectra 380

Untuk urusan fotografi, Snapdragon 855 pada OPPO Reno 10x Zoom hadir dengan ISP terbaru Qualcomm Spectra 380, yang menggabungkan beragam akselerasi perangkat keras dari kapabilitas Computer Vision (CV), sehingga memungkinkan untuk memberikan fitur komputasi fotografi dan pengambilan video yang lebih canggih.

OPPO Reno 10x Zoom Pamerkan Performa Gaming Kencang dengan Snapdragon 855 4

Snapdragon 855 juga merupakan platform mobile pertama yang diklaim dapat menangkap HDR 4K dengan mode portrait. Video-video ini dapat menghasilkan latar belakang bokeh yang lembut.

Agar dapat menyimpan konten secara efisien, Snapdragon 855 menambahkan akselerasi perangkat keras dengan pengkodean format file HEIF, sehingga mengurangi ukuran file hingga 50 persen dibandingkan dengan Snapdragon 845.

Pamerkan varian 5G

Nah, bagaimana? Semakin penasaran dengan kemampuan dari OPPO Reno 10x Zoom? Smartphone ini dijadwalkan bakal diluncurkan secara resmi di Indonesia sekitar bulan Juni 2019 mendatang. Soal kisaran harga, OPPO hingga sekarang masih menutupnya rapat-rapat.

OPPO Reno 10x Zoom Pamerkan Performa Gaming Kencang dengan Snapdragon 855 5

Sekadar informasi tambahan, dalam acara yang sama di Jakarta, OPPO sempat memamerkan varian Reno 10x Zoom yang sudah mendukung jaringan 5G dengan modem Snapdragon X50. Menurut Aryo Meidianto, smartphone ini akan meluncur di Swiss dalam waktu dekat.

Kehadiran Reno 10x Zoom versi 5G di Indonesia seolah membuktikan bahwa OPPO saat ini sudah punya produk yang siap dengan teknologi baru tersebut, dan tinggal menunggu bagaimana kesiapan infrastruktur di Tanah Air saja.