Quantcast
NewsSmartphone

Vivo Indonesia Pamerkan APEX 2019, Konsep Smartphone Canggih Tanpa Tombol

Vivo Indonesia pada Jumat (26/4), memamerkan smartphone terbarunya yang diperkenalkan secara global Januari lalu, yakni APEX 2019. Bagi yang belum tahu, ini adalah smartphone konsep yang dibekali beragam hardware terkini dan fitur super canggih.

Desain tanpa lubang port dan tombol

Vivo APEX 2019 Indonesia 2

Sedikit membahas tentang APEX, sama seperti tahun lalu, APEX 2019 mengimplementasikan beberapa inovasi yang belum pernah Vivo tampilkan sebelumnya. Nantinya, Vivo akan membenamkan teknologi baru tersebut di produk resmi mereka, tentunya setelah menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Pada APEX 2019, Vivo punya banyak terobosan yang menarik untuk dibahas. Dari segi desain misalnya. Ini adalah smartphone dengan sebutan Super Unibody, yang tidak memiliki port maupun tombol fisik sama sekali.

Menurut Vivo, bagian belakang ponsel dibuat melalui teknologi kaca yang kompleks demi menghasilkan bodi yang terintegrasi tanpa celah. Selain minimalis dan unik, Super Unibody hanya memiliki sediit lubang serta terasa sangat ergonomis ketika digenggam.

Kalau tidak memiliki tombol fisik, lalu bagaimana cara mengakses pengaturan volume maupun power? Vivo APEX 2019 menggunakan teknologi bernama Touch Sense yang posisinya ada di samping layaknya lokasi tombol power dan volume berada. Touch Sense sendiri merupakan tombol sentuhan yang sensitif terhadap tekanan.

Selain tanpa tombol, Vivo APEX 2019 juga tidak memiliki lubang port audio jack 3.5mm dan port untuk pengisian daya baik microUSB maupun USB Type-C. Untuk charging bisa menggunakan magnetic port untuk menempelkan charger pada bagian belakang ponsel. Tidak hanya berfungsi untuk mengisi daya, magnetic port tersebut juga bisa untuk transfer data.

Sensor sidik jari di seluruh layar

Vivo APEX 2019 Indonesia 4

Nah, ini yang paling menggiurkan. Vivo APEX 2019 mengusung teknologi full-screen fingerprint! Artinya, sensor sidik jari yang tertanam di layar tidak lagi hanya bisa diakses di bagian tertentu saja, tetapi di seluruh bagian layar. Ya, pengguna bisa membuka kunci ponsel hanya dengan menyentuh hampir di setiap sudut layar APEX 2019.

Inovasi lainnya yang tidak kalah menarik adalah Body Soundcasting Technology. Karena Vivo APEX 2019 tidak punya lubang speaker, audio dihasilkan melalui bagian belakang bodi. Ini dimungkinkan berkat mengadopsi teknologi speaker keramik pierzoelektrik ganda, sehingga bisa menghasilkan suara.

Snapdragon 855 dan dukungan 5G

Vivo APEX 2019 Indonesia 3

Membahas sektor performa, smartphone ini dipersenjatai dengan SoC kelas premium terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 855 lengkap dengan dukungan koneksi 5G melalui eSIM.

Bukan cuma kencang, APEX 2019 pun cocok untuk yang gemar multitasking karena memiliki RAM berkapasitas 12 GB. Memori internalnya juga tidak kalah besar, yakni 512 GB. Sementara untuk urusan fotografi, ada kamera belakang ganda yang terdiri dari 12 megapixel + 13 megapixel.

Apakah akan dirilis di Indonesia?

Vivo APEX 2019 Indonesia 1

Seperti disebutkan di atas, Vivo APEX 2019 adalah sebuah smartphone konsep. Artinya ini bukan produk jadi melainkan hanya perangkat yang dibuat untuk memamerkan beragam teknologi baru yang dimiliki oleh Vivo.

Nantinya, ada kemungkinan teknologi-teknologi tersebut akan ditanamkan pada smartphone Vivo selanjutnya, seperti yang terjadi pada Vivo NEX di tahun 2018 lalu. Apakah bakal tersedia di Indonesia? Semua kembali lagi kepada kebutuhan para pengguna.

Back to top button