Anker PowerPort Atom PD1: Charger USB-C Paling Kecil di Dunia

Perangkat gadget yang mengusung konektivitas USB Type-C saat ini memang sudah cukup banyak dan terus bertambah. Tapi, sayangnya ukuran charger USB-C masih relatif besar dan cukup menyita tempat saat diajak berpergian. Sebagai solusinya Anker memperkenalkan inovasi charger USB-C terbarunya yang diberi nama PowerPort Atom PD1.

svg%3E

Usung teknologi GAN

Berbeda dengan charger USB-C pada umumnya yang berbentuk besar, PowerPort Atom PD1 hadir dengan rancangan desain yang sangat ringkas. Bahkan, charger ini diklaim sebagai charger USB-C paling kecil di dunia. Rahasianya, PowerPort Atom PD1 mengusung teknologi charger dengan material GaN (Gallium Nitride) yang memang diprediksi akan menjadi teknologi charger di masa yang akan datang.

svg%3E

svg%3E

Sebagai pengganti material Silikon di teknologi charger lawas, GaN memang diklaim lebih efisien. Dengan demikian charger dengan material ini bisa hadir dengan rancangan yang lebih kecil, karena material GaN menghasilkan panas yang lebih sedikit jika dibandingkan charger berbasis material silikon.

Output 30 Watt

Anker PowerPort Atom PD1 hadir dengan kemampuan output daya 30 Watt. Artinya, charger mungil ini bisa digunakan untuk isi ulang baterai iPhone, tablet, laptop dan perangkat USB-C lain dengan lebih cepat dan sangat aman. Sebagai gambaran, jika dibandingkan dengan charger 5W bawaan iPhone, Anker PowerPort Atom PD1 bisa isi ulang baterai iPhone 8 2,5 kali lebih cepat. Untuk pengisian baterai hingga 50% hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

Anker PowerPort Atom PD1 dijual dengan harga US$30. Belum ada info kapan produk ini akan tersedia di Indonesia.