Quantcast
Aksesoris Foto & VideoFoto & VideoNews

Sony TOUGH CFExpress Type B: Kartu Memori CFExpress Super Cepat dan Tangguh

Kecepatan baca hingga 1.7GB/detik

Di tahun lalu, ProGrade Digital yang digawangi oleh para eksekutif Lexar dan SanDisk berhasil mencatatkan diri sebagai pabrikan pertama yang mendemonstrasikan teknologi CFexpress 1.0. Kartu memori CFExpress besutan ProGrade Digital tersebut selain menawarkan kapasitas yang sangat besar hingga 1TB juga mampu memindahkan data dengan sangat cepat. Kecepatan baca kartu memori CFExpress dari ProGrade Digital ini bisa hingga 1.4 GB/detik atau 1400MB/detik dan kecepatan tulisnya hingga 1000MB/detik.

sony CFExpress 128GB 1

Tidak ingin ketinggalan dengan ProGrade Digital, Sony kini meluncurkan pesaingnya yakni Sony TOUGH CFExpress Type B. Bedanya, CFExpress dari Sony ini diklaim lebih cepat dan sangat tangguh.

Kecepatan baca hingga 1700MB/detik

Sony TOUGH CFExpress Type B berhasil menyalip kartu memori CFExpress ProGrade Digital dengan kemampuan pemindahan data hingga 1.7GB/detik atau 1700MB/detik untuk kecepatan bacanya. Sementara untuk kecepatan tulisnya bisa hingga 1480MB/detik.

Menurut Sony, kecepatannya ini 3 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan kartu memori CFast paling cepat besutannya yang mampu menawarkan kecepatan baca hingga 530MB/detik. Dengan kecepatan baca tulisnya yang sangat cepat maka Sony TOUGH CFExpress Type B bisa menjadi pilihan kartu memori yang sangat tepat untuk kamera yang dipersenjatai sensor resolusi tinggi dengan kemampuan rekam video 4K.

Pilihan kapasitas hanya hingga 512GB

Meski lebih cepat, Sony TOUGH CFExpress Type B menawarkan pilihan opsi kapasitas yang lebih kecil jika dibandingkan CFExpress ProGrade Digital. Debut perdana Sony TOUGH CFExpress Type B hanya akan tersedia dengan kapasitas 128GB saja. Kedepannya Sony juga berencana akan menyediakan pilihan kapasitas 256GB dan 512GB.

Rancangan sangat tangguh

Keunggulan lain dari Sony TOUGH CFExpress Type B adalah rancangan bodi yang sangat tangguh. Bodinya 3 kali lebih kuat jika dibandingkan kartu memori CFExpress Standar. Bodi Sony TOUGH CFExpress Type B telah dirancang anti bengkok, tahan jatuh dari ketinggiaan hingga 5 meter, tahan cuaca, tahan sinar X, anti-statis, dan dilengkapi pelindung sinar UV.

Sony TOUGH CFExpress Type B rencananya akan tersedia di kuartal ketiga tahun 2019. Belum ada informasi lebih lanjut berapa banderol harganya nanti di pasaran.

Back to top button