Vivo V15 Pro: Pertama dengan SD 675. Baca review-nya di sini

Review Acer Swift 3 (SF314-54G): Laptop Ramping dengan Performa Bertenaga dan Fitur Komplit

4.3
Cek Harga

Untuk mendukung mobilitas pengguna laptop berdesain tipis dan ringan memang bisa jadi pilihan. Untuk itulah memasuki generasinya yang keempat, Acer Swift 3 kini tidak hanya hadir dengan bodi yang ramping tapi juga menjanjikan performa yang bisa diandalkan. Ingin tahu lebih jauh kehebatan laptop ini, simak reviewnya di artikel berikut.

Desain menarik

Sejak pertama melihatnya kami langsung terkesan dengan desainnya yang sangat cantik dan ramping. Daya tariknya yang lain Acer Swift 3 juga terlihat premium.

Di saat laptop sekelasnya kebanyakan hadir dengan cover penutup bermaterial plastik, Acer Swift 3 tampil menonjol dengan cover dan bagian dalam bodi yang lebih istimewa dengan material brushed alumunium. Secara keseluruhan laptop ini pun terasa sangat kokoh, bobotnya yang sekitar 1,5 Kg juga masih relatif ringan dan cukup ideal untuk diajak bermobilitas.

Keunggulan Acer Swift 3 yang lain meski ramping laptop ini juga tidak pelit port konektivitas. Di sisi kiri bodinya bisa ditemukan 1 port HDMI, 2 port USB 3.0, 1 port USB 3.1 Type C dan jack audio. Menariknya, salah satu port USB 3.0 tersebut dilengkapi fitur Power-Off USB Charging. Jadi bisa mendukung isi ulang baterai via kabel USB saat laptop dalam keadaan Sleep. Salah satu fitur yang cukup berguna dan bisa jadi penolong saat baterai gadget lain dalam kondisi kritis. Sementara di sisi kanan bodi tersedia port USB 2.0 dan slot kartu memori SD.

Layar cukup oke

Di sektor layar Acer Swift 3 membawa panel layar IPS Full HD yang ukurannya 14 inci. Layarnya ini cukup istimewa karena telah diperkuat lapisan corning gorilla glass dan engsel layarnya bisa dibuka hingga rata dengan permukaan meja. Jadi, pengaturan sudut penglihatan layarnya bisa diatur senyaman mungkin sesuai selera pengguna.

Panel layarnya juga dikelilingi bingkai yang relatif tipis. Tapi, hanya di sisi kiri kanannya sementara bagian atas bingkainya masih relatif tebal karena bagian tersebut terdapat Webcam. Andai saja panel layarnya dikelilingi bingkai yang tipis di semua sisinya, kami jamin tampilan Acer Swift 3 akan semakin mencuri perhatian.

Walau begitu kami cukup puas dengan visual yang tersaji di layarnya. Tampilan di layarnya terlihat tajam dengan warna yang cukup baik. Tingkat kecerahan layarnya juga cukup baik. Mengusung panel layar yang anti pantul, panel layarnya juga lebih nyaman di mata karena tidak akan menangkap bayangan di sekitar. Seperti laptop Acer yang lain di Acer Swift 3 kami juga masih menjumpai opsi Blue Light Shield yang berguna untuk melindungi mata dari pancaran sinar biru yang membahayakan mata.

Keyboard dengan lampu backlit

Beralih ke sektor keyboard, keyboard Swift 3 hadir dengan ukuran tombol yang relatif kecil. Jarak antar tombolnya cukup berdekatan dan tombolnya juga cukup rata dengan bodi jadi kurang nyaman saat digunakan untuk mengetik.

Penempatan tombol tombol power yang menyatu dengan keyboard juga cukup menjadi masalah. Tombol power yang berada di pojok kanan atas di antara tombol Del dan Backspace ini sering kali tidak sengaja tertekan. Untunglah saat tertekan tidak menjadikan laptop ini langsung masuk ke mode Sleep. Tombol ini dilengkapi fitur Acer Button yang akan memunculkan opsi pengaturan jika ditahan beberapa detik. Opsi yang tersedia mencakup mematikan layar, sleep, hibernate atau shut down.

Walau keyboardnya kurang nyaman, satu nilai tambah Acer telah melengkapi keyboardnya ini dengan lampu backlit yang berguna untuk menunjang kegiatan mengetik di kondisi pencahayaan temaram.

Bergeser ke bawah keyboard, kami juga bisa menemukan sensor sidik jari yang berguna untuk pengaman. Sensor sidik jarinya cukup baik dan bisa mengenali jari dengan waktu yang relatif singkat. Selain itu tersedia juga trackpad mouse yang ukurannya besar. Berkat ukuran trackpad mouse yang besar kami bisa dengan lebih mudah bernavigasi mengarahkan pointer mouse. Responnya dengan sentuhan jari juga sangat baik. Hanya saja Trackpad mouse ini kurang nyaman saat ditekan.

Performa pas untuk beragam kebutuhan


Acer Swift 3 yang kami review berikut hadir dengan konfigurasi Intel Core i7-8550U dan RAM 8GB. Menariknya, Acer Swift 3 juga mengijinkan pengguna untuk upgrade RAM tersebut hingga besaran 20GB. Satu poin positif untuk Acer Swift 3 karena cukup jarang kami jumpai laptop berdesain ramping dengan RAM yang bisa diupgrade. Ruang penyimpanannya juga sangat lapang dengan gabungan SSD dengan kapasitas 128GB dan hard disk yang kapasitasnya 1TB. Untuk hasil benchmarknya berikut ini:

Dengan spesifikasinya tersebut dari pengujian kami Acer Swift 3 mampu menjalankan beragam kebutuhan komputasi. Mengolah dokumen, berselancar di internet, menikmati konten multimedia di resolusi 4K hingga menyunting foto dan video bisa dijalankan laptop ini dengan tanpa masalah. Bahkan, berkat dukungan kartu grafis Nvidia GeForce MX150 2GB Acer Swift 3 masih bisa diandalkan untuk bermain game casual di pengaturan grafis tertentu. Kinerjanya juga relatif senyap, walau begitu di beberapa skenario penggunaan saat kinerja komputasi optimal area keyboardnya akan terasa sedikit hangat sehingga kurang nyaman saat digunakan.

Baterai cukup tahan lama

Acer Swift 3 hadir dengan baterai yang diklaim bisa tahan hingga 10 jam. Pada prakteknya untuk penggunaan sehari-hari dengan skema tingkat gelap terang 50 persen, terhubung ke WiFi, digunakan untuk mengetik dokumen sambil berselancar di dunia maya dan sesekali membuka Youtube baterainya masih bisa tahan hingga sekitar 7 jam. Cukup untuk mendukung aktivitas seharian. Sementara saat kami uji untuk memutar konten video di resolusi 4K dengan durasi 2 jam baterainya ini hanya berkurang sekitar 16% saja.

Kesimpulan

Acer Swift 3 bisa jadi opsi yang menarik di laptop kelas menengah untuk pengguna yang bermobilitas tinggi, apalagi ini juga ditunjang dengan daya tahan baterainya yang cukup tahan lama. Keunggulannya yang lain Acer Swift 3 juga memungkinkan pengguna untuk upgrade RAM yang jarang bisa dilakukan di laptop dengan bodi ramping. Dengan harga jual sekitar 10,899 Juta Rupiah, Acer Swift 3 menawarkan keseimbangan antara performa yang bertenaga, fitur komplit dan desain ramping yang menawan.

Yang Canggih:
+ Desain ramping yang menawan
+ Performa mumpuni untuk beragam kebutuhan
+ RAM bisa diupgrade
+ Engsel layar bisa dibuka hingga rata dengan permukaan meja
+ Baterai cukup tahan lama
+ Sensor sidik jari
+ Dilengkapi lampu backlit keyboard
+ Harga kompetitif

Yang Kurang:
– Keyboard dan Trackpad mouse kurang nyaman digunakan
– Suara speaker kurang bertenaga
– Tombol power penempatannya cukup menggangu

Acer Swift 3 menawarkan keseimbangan antara performa yang bertenaga, fitur komplit dan desain ramping yang menawan.
4.3
Cek Harga