Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

Review ASUS ZenBook 14 UX433F: Laptop 14 inci dengan Bodi Paling Ringkas Saat Ini

4.5
Cek Harga

Di tahun 2019 ini tren laptop gaming nampaknya masih akan terus berlanjut. Tapi, jika dicermati popularitas laptop gaming di tahun ini sepertinya harus berbagi porsi dengan kemunculan laptop di kategori tipis dan ringan. Tahun 2019 memang diprediksi akan menjadi momen kebangkitan laptop-laptop berdesain langsing yang sempat meredup. Menariknya, tidak seperti masa lalu laptop tipis dan ringan di tahun 2019 kini unjuk gigi dengan bodi yang semakin ringkas namun tetap bertenaga. Beberapa pabrikan komputasi pun terlihat telah siap menyambut tren ini. Salah satunya adalah ASUS dengan jagoannya ASUS ZenBook 14 UX433F yang akan kami review di artikel berikut.

Bodi sangat ringkas, tipis dan ringan

Masuk di keluarga ASUS ZenBook, ASUS ZenBook 14 UX433F tetap datang dengan mengedepankan desain Zen khas ZenBook yang premium dan minimalis sekaligus sangat elegan.

Unit ASUS ZenBook 14 UX433F yang kami review kali ini datang dengan balutan warna Icicle Silver dengan sentuhan aksen warna rose gold yang sangat cantik. Untuk opsi warna lain tersedia warna Royal Blue dan Burgundy Red

Selain desain yang sangat menawan dan kokoh dengan bodi alumunium, daya tarik ASUS ZenBook 14 UX433F yang lain adalah dimensinya yang kini sangat ringkas. Bahkan, dimensinya ini lebih ringkas dari MacBook Air keluaran 2018 yang berukuran 13 inci.

Dipadukan dengan profil bodi dengan ketebalan hanya sekitar 1,59cm dan bobot yang sekitar 1,19 Kg, ASUS ZenBook 14 UX433F sangat hemat tempat di dalam tas. Saat diajak berpergian juga tidak akan membuat pundak pegal. Anda pun tidak perlu khawatir karena rancangan bodinya juga tangguh dengan bodi yang telah lolos uji standar militer.

ASUS ZenBook 14 UX433F juga wajib diacungi jempol dengan port konektivitasnya yang lengkap. Meski bodinya sangat tipis di sisi kiri bodinya bisa ditemukan port HDMI, USB 3.1 dan USB 3.1 Type-C. Sementara di sisi kanan tersedia port USB 2.0 Type-A, jack audio dan microSD reader.

Layar yang nyaris sempurna

Di ASUS ZenBook 14 UX433F ini ASUS tetap mempertahankan formula layar NanoEdge Display andalannya dengan bingkai layar super tipis. Imbasnya, rasio layar ke bodinya bisa mencapai hingga 92%. Inilah sebabnya dimensi ASUS ZenBook 14 UX433F bisa semakin ringkas.

Kami pun sangat puas dengan layar Full HD yang berukuran 14 inci tersebut. Meski panel layar IPS yang diusungnya belum dilengkapi fitur sentuhan, panel layarnya sangat menawan dengan tingkat ketajaman dan warna yang sangat baik. Sayangnya, saat digunakan di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan matahari yang terik layarnya agak sulit terlihat meski tingkat kecerahan layar sudah diatur paling maksimum. Walau begitu untuk penggunaan di dalam ruangan dengan kondisi pencahayaan normal layarnya tetap sangat sedap untuk dipandang.

Keistimewaan lain dari ASUS ZenBook 14 UX433F adalah desain engsel ErgoLift yang akan menaikkan posisi keyboard saat layar terbuka. Menurut ASUS, desain ini bisa memberikan pengalaman mengetik yang lebih nyaman. Keuntungan lain, dari desain ErgoLift ini adalah sirkulasi udara akan lebih baik sehingga area bawah keyboard tidak terlalu terasa hangat. Selain itu output suaranya juga akan lebih terasa bertenaga.

Pada prakteknya, berkat desain ErgoLift ini mengetik di keyboard ASUS ZenBook 14 UX433F memang cukup nyaman. Tentunya ini juga didukung dengan ukuran tombol-tombol keyboard yang berukuran relatif besar dan tidak terlalu rapat.

Penempatan tombol power di pojok kanan atas keyboardnya mungkin menjadi salah satu problem bagi sebagian orang yang belum terbiasa. Pasalnya, tombol power yang posisinya ada di atas tombol Backspace dan tombol Delete ini sering kali akan membuat pengguna salah pencet dan menjadikan laptop masuk ke mode “Sleep”.

Di ASUS ZenBook 14 UX433F yang kami review ini touchpad mouse-nya juga belum hadir dengan fitur NumberPad yang memungkinkan touchpad mouse tersebut bisa memunculkan LED keypad numerik. Kendati demikian, touchpad mouse ini tetap nyaman digunakan. Responnya dengan sentuhan jari juga sangat baik.

Performa memadai untuk beragam kebutuhan


ASUS ZenBook 14 UX433F tersedia 3 model dengan 3 pilihan konfigurasi yang berbeda. Untuk unit yang kami review berikut adalah versinya yang paling rendah dengan prosesor Intel Core i5-8265U, RAM 8GB dan PCIe SSD yang kapasitasnya 256GB. Untuk hasil benchmarknya berikut ini:

Secara keseluruhan dengan spesifikasinya tersebut ASUS ZenBook 14 UX433F sudah memadai untuk beragam kebutuhan dari mengolah dokumen, browsing hingga menyunting foto dan video sederhana. Menikmati konten multimedia di resolusi 4K juga bisa dijalankan laptop ini dengan mulus. Kinerjanya pun cukup senyap dan relatif tidak cepat panas.

Tapi, dengan spesifikasinya tersebut kami memang tidak menyarankan Anda untuk bermain game. Jika ingin bermain game dan tidak terlalu mementingkan pengaturan grafis dengan pengaturan grafis optimal, ASUS ZenBook 14 UX433F dengan dukungan kartu grafis diskrit Nvidia GeForce MX150 atau varian tertingginya dengan Intel Core i7-8565U dan Nvidia GeForce MX150 2GB bisa jadi pilihan.

Baterai cukup tahan lama

Lalu bagaimana dengan daya tahan baterainya? ASUS mengklaim daya tahan baterainya ini bisa bertahan hingga sekitar 14 jam. Tapi, dari pengujian kami daya tahan baterainya masih sanggup bertahan sekitar 8 jam dengan skema pengaturan gelap terang 50%, terhubung ke WiFi dan digunakan untuk mengetik dan browsing. Saat kami menonton video di resolusi 4K selama 2 jam baterainya pun hanya berkurang 15% saja. Cukup tahan lama dan bisa menemani aktivitas kami seharian di luar ruangan.

Kesimpulan

Memadukan desain mewah yang cantik dan elegan, dimensi yang sangat ringkas dan performanya yang tetap bertenaga untuk beragam kebutuhan, ASUS ZenBook 14 UX433F adalah salah satu laptop tipis dan ringan yang wajib Anda pertimbangkan di tahun ini. Apalagi, daya tahan baterainya juga tergolong tahan lama dan bisa mendukung aktivitas pengguna seharian di luar ruangan.

Dengan banderol harga yang menyentuh angka Rp15.299.000 untuk varian Intel Core i5-8265U, 8GB, dan SSD 256GB laptop ini memang tidak murah dan tergolong premium. Jika tidak keberatan dengan harganya tersebut, ASUS ZenBook 14 UX433F akan cocok untuk para profesional muda atau pekerja kantoran yang membutuhkan laptop dengan desain cantik, ringkas dan performa yang bisa diandalkan.

Yang Canggih:
+ Dimensi sangat ringkas
+ Bodi tangguh
+ Performa memadai untuk beragam kebutuhan
+ Keyboard nyaman dengan desain ErgoLift
+ Ruang penyimpanan cukup besar
+ Konektivitas lengkap
+ Baterai cukup tahan lama

Yang Kurang:
– Tombol power mudah terpencet secara tidak sengaja
– Layar agak sulit terlihat di kondisi pencahayaan yang sangat terang
– Touchpad mouse belum dilengkapi fitur NumberPad

ASUS ZenBook 14 UX433F
Cocok untuk para profesional muda atau pekerja kantoran yang membutuhkan laptop dengan desain cantik, ringkas dan performa yang bisa diandalkan.
4.5
Cek Harga