[CES 2019] ASUS ROG Mothership: Komputer Gaming Pertama dengan Konsep 2-in-1

Pernahkah Anda membayangkan Microsoft menghadirkan Surface Pro tapi yang dirancang khusus untuk gamer? Ide ini memang terdengar cukup gila, tapi ASUS berhasil mewujudkannya lewat ASUS ROG Mothership.

Pertama dengan konsep 2-in-1

ASUS ROG Mothership adalah laptop gaming pertama ASUS dengan layar yang bisa dilepas pasang. Saat layar dan keyboardnya terpasang, ASUS ROG Mothership akan menjadi laptop gaming biasa. Tapi, ketika layar 17.3 incinya tersebut dilepas dari keyboard, ROG Mothership bisa langsung berfungsi seperti tablet PC berkat dukungan baterai yang dibawanya.

Secara teori konsep ini memang akan memungkinkan gamer bisa bermain game di mana saja. Tapi, pada prakteknya dengan dimensi layar 17.3 inci yang cukup besar dan bobotnya yang sekitar 4,5 Kg ASUS ROG Mothership nampaknya akan kurang ideal untuk diajak bermobilitas. Kendati demikian, keuntungan lain gamer setidaknya bisa bebas menggunakan keyboard atau mouse andalannya untuk bermain game.

Spesifikasi sangat bertenaga

Patut diakui konsep 2-in-1 yang ditawarkan ASUS ROG Mothership memang sangat unik. Tapi, yang lebih menggoda adalah spesifikasinya yang sangat bertenaga.

Spesifikasi ASUS ROG Mothership
Layar IPS Panel 17.3 inci, Full HD 1920 x 1080 pixel
Prosesor Intel Core i9-8950HK
Kartu grafis Nvidia GeForce RTX 2080 8GB
RAM hingga 64GB
Ruang penyimpanan SSD 512GB, 3 port M.2 NVMe
Konektivitas 3 x USB-C Thunderbolt, USB-C port, 4 x USB Type-A port, HDMI, SD card slot, dan Ethernet port
Bobot 4,6 Kg

Panel layar ASUS ROG Mothership juga istimewa karena telah mendukung cakupan warna sRGB 100%, refresh rate 144Hz dan waktu respon 3 milidetik. Jadi gamer bisa menikmati pengalaman gaming dengan visual yang lebih mulus dan warna yang lebih akurat. Tidak ketinggalan, untuk mengimbangi performanya yang sangat bertenaga ASUS juga turut melengkapinya dengan sistem pendingin yang mumpuni.

Belum ada info lebih lanjut berapa banderol harga dari ASUS ROG Mothership ini. Kendati demikian ASUS berencana melepas produk ini ke pasaran di akhir kuartal pertama tahun 2019.

Baca juga
[Gadget Guide] Panduan Memilih Smartphone Samsung Galaxy A-Series 2019