[CES 2019] ASUS ZenBook S13: Laptop dengan Bingkai Layar Paling Tipis di Dunia

Laptop tipis dan ringan menjadi primadona di CES 2019. Salah satu yang sangat mencuri perhatian adalah jagoan baru ASUS yang diberi nama ZenBook S13.

svg%3E

Laptop dengan bingkai layar paling tipis

ASUS ZenBook S13 hadir dengan desain yang sangat unik. Laptop ini terlihat seperti ada poni atau notch di bagian layarnya. Poni tersebut memuat webcam mengingat sudah tidak ada cukup ruang di bingkai layarnya yang hanya setebal 2,5mm.

Dengan bingkai layar yang sangat tipis, rasio aspek layar ke bodi ZenBook S13 bisa mencapai 97%. Ini menjadikannya laptop dengan bingkai layar paling tipis di dunia. Kompromi lain dari bingkai layarnya yang sangat tipis ASUS hanya bisa memasang panel layar Full HD. Walau belum resolusi 4K, panel layarnya tetap masih mumpuni untuk menghasilkan visual yang tajam.

svg%3E

Laptop paling tipis dengan kartu grafis diskrit

Prestasi lain yang berhasil dicapai ASUS ZenBook S13 adalah hadirnya kartu grafis diskrit. ASUS ZenBook S13 menjadi laptop paling tipis dengan kartu grafis diskrit. Spesifikasinya berikut ini

[table] Spesifikasi; ASUS ZenBook S13
Prosesor; Intel Core i5-8265U / Intel Core i7-8565U
Kartu grafis; Nvidia GeForce MX150
Layar; 13.9 inci, Full HD 1920 x 1080 pixel
RAM; hingga 16GB DDR3
SSD; hingga SSD PCIe SSD 1TB
Konektivitas; 2 port USB 3.1 Type-C dan USB 3.1 port, microSD reader
[/table]

Walau kartu grafis yang dibawanya bukan termasuk kartu grafis kelas atas dan kurang ideal untuk game AAA, setidaknya performanya sudah cukup untuk kebutuhan multimedia dan menjalankan game-game kasual yang tidak memerlukan kinerja grafis ekstra.

Sayangnya, ASUS masih belum membocorkan lebih lanjut kapan laptop ini akan tersedia di pasaran. Harga jualnya pun masih dirahasiakan. Tapi, menurut prediksi kami harganya bisa berada di kisaran 20 jutaan Rupiah.