Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Realme C1: Opsi Menarik di Kisaran Harga 1 Jutaan Rupiah

This section contains some shortcodes that requries the Jannah Extinsions Plugin. Install it from the Theme Menu > Install Plugins.
4.3
Cek Harga

Realme hadir di Indonesia dengan membawa formula yang menarik, yakni menghadirkan smartphone dengan desain yang bagus, spesifikasi mumpuni di kelasnya, serta harga yang terjangkau untuk banyak kalangan.

Formula tersebut sejauh ini memang yang paling banyak dicari oleh masyarakat Tanah Air. Tidak heran, beberapa smartphone keluaran Realme selalu mendapat sambutan positif, termasuk untuk Realme C1.

Sekadar mengingatkan, Realme C1 adalah ponsel termurah yang dimiliki Realme saat ini untuk pasar Indonesia. Harganya hanya sekitar 1,5 juta rupiah. Meski begitu, produk tersebut punya banyak keunggulan yang membuat sangat layak untuk Anda lirik.

Penasaran? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya:

Desain oke, tidak terlihat murahan

Walaupun produknya dijual murah, Realme tampaknya tahu betul cara untuk menyajikan desain yang tetap bagus. Realme C1 adalah buktinya. Materialnya belum metal, sama seperti smartphone lainnya di kelas harganya. Tapi secara penampilan, Realme C1 terlihat lebih sedap dipandang.

Kualitas rancang bangunnya solid dan sama sekali tidak murahan. Cover belakangnya polos, tanpa pola diamond seperti pada Realme 2. Meski begitu, warna Deep Black-nya membuat Realme C1 mampu memberi kesan elegan. Selain Deep Black, ada pula opsi warna Ocean Blue.

Realme C1

Beralih ke depan, smartphone ini mengandalkan layar yang besar untuk sebuah smartphone 1 jutaan rupiah. Ukurannya 6,2 inci HD+, dengan notch atau poni pada bagian atasnya dan telah dilindungi Gorilla Glass. Asyiknya lagi, ratio screen-to-body Realme C1 terbilang tinggi, mencapai 88,8 persen. Itu artinya, bezel di sekeliling layar cukup tipis.

Walaupun layarnya besar dan ketebalannya 8,2mm, ketika digenggam Realme C1 tetap terasa pas di tangan dan bisa dengan mudah Anda masukkan ke saku celana. Pengoperasian dengan satu tangan masih memungkinkan, dan bodinya juga tidak licin.

 

Namun yang cukup mengganggu adalah cover belakangnya yang menjadi magnet sidik jari. Untungnya, Realme menyediakan softcase bening dalam paket penjualan. Secara keseluruhan Realme C1 bisa disebut sebagai perangkat dengan desain yang menarik di kelas harganya.

Layar asyik untuk berbagai kebutuhan

Seperti disebutkan di atas, Realme C1 hadir dengan layar 6,2 inci resolusi HD+. Untuk kelas harganya, cukup jarang yang menawarkan layar sebesar ini, apalagi sudah mengusung desain poni yang modern.

Dari segi kualitas, layar Realme C1 tergolong cukup baik untuk mendukung berbagai kebutuhan. Tampilan masih tampak tajam dan keluaran warnanya juga sedap dipandang mata. Cocok untuk menikmati konten video atau bermain game.

Tingkat kecerahannya juga tergolong lumayan dan masih oke untuk penggunaan di bawah sinar matahari. Selain itu, layar Realme C1 juga didukung fitur Night Shield yang mengurangi emisi cahaya biru agar mata tidak cepat lelah.

Dari sektor audio tidak ada yang spesial. Kualitas suara yang dihasilkan lewat speaker juga biasa saja. Setidaknya, masih mencukupi untuk sekadar menemani Anda menonton video di YouTube atau Facebook.

ColorOS 5.1 dengan sederet fitur menarik

Realme C1 mengadopsi sistem operasi ColorOS 5.1 berbasis Android 8.1 Oreo. Kurang lebih tampilannya agak mirip dengan smartphone Oppo. Fitur-fitur yang dibenamkan di dalamnya pun sama.

Secara default user interface ini tidak memiliki app drawer. Anda cukup menggeser layar ke sebelah kanan untuk menampilkan semua aplikasi yang ada. Bicara soal aplikasi bawaan, Realme C1 terisi beberapa bloatware seperti Babe, UC Browser, J&T Express dan yang lainnya.

Yang selalu kami suka dari ColorOS adalah kinerjanya yang mulus dan terasa ringan. Selain itu, Anda juga disuguhkan beberapa fitur yang berguna seperti “Start Recording Screen” untuk merekam aktivitas di layar, Quiet Time, App Split-Screen, dan Game Space.

Fitur terakhir sesuai namanya sangat bermanfaat ketika Anda sedang bermain game. Sama seperti fitur serupa di smartphone Oppo, Game Space akan mengakselerasi kemampuan grafis Realme C1 dan menghalau semua notifikasi yang masuk sehingga tidak mengganggu tampilan di layar.

Sayangnya, untuk sektor keamanan Realme C1 belum didukung sensor sidik jari. Artinya Anda hanya bisa mengandalkan sistem buka kunci standar seperti PIN atau pattern, maupun memanfaatkan fitur Face Unlock.

Kamera tidak mengecewakan

Biasanya sebuah smartphone yang dijual di harga 1 jutaan rupiah dibekali kemampuan kamera yang tidak terlalu bisa diandalkan untuk mengabadikan momen sehari-hari. Namun Realme C1 berbeda. Kameranya tergolong cukup baik di kelasnya.

Smartphone ini hadir dengan konfigurasi kamera belakang ganda yang terdiri dari sensor 13 megapixel + 2 megapixel lengkap dengan mode portrait (bokeh). Untuk yang gemar selfie, ada kamera 5 megapixel di depan.

Selain portrait, mode yang ditawarkan oleh kamera Realme C1 memang tidak banyak. Tapi yang menarik, mode Sticker tetap tersedia yang artinya memungkinkan Anda membuat foto selfie dengan hiasan yang lucu.

Hasil foto Realme C1 (3)

Hasil foto Realme C1 (1)

Hasil foto Realme C1 (3)

Hasil foto Realme C1 (4)

Lalu, bagaimana hasil fotonya? Untuk kondisi pemotretan outdoor dengan cahaya yang memadai goto yang dihasilkan lumayan tajam, dan reproduksi warnanya juga tidak mengecewakan. Saat memotret di dalam ruangan pun demikian, asalkan cahayanya tidak terlalu minim.

Hasil foto Realme C1 (9)

Intinya kamera Realme C1 cukup oke untuk sekadar memotret dan mengunggahnya ke media sosial. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat koleksi foto kami yang lebih lengkap di akun Flickr Yangcanggih.com.

Performa oke, asyik untuk main game

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, Realme C1 menyajikan kombinasi antara spesifikasi menarik dengan harga yang terjangkau. Anda akan menemukan SoC Qualcomm Snapdragon 450 yang ditemani RAM 2 GB dan memori internal 16 (ada slot microSD).

Di atas kertas, Snapdragon 450 tentunya cukup mumpuni untuk mendukung berbagai kebutuhan standar dengan lancar. Sejauh pengalaman kami mengulas berbagai smartphone Android, untuk gaming pun Snapdragon 450 masih oke.

Ternyata Realme C1 pun demikian. Untuk memainkan game populer seperti Mobile Legends smartphone ini termasuk bisa menanganinya dengan lancar, walaupun tentunya harus memilih pengaturan grafis yang rendah. Tapi setidaknya, frame rate yang dihasilkan cukup stabil. Untuk PUBG Mobile? Masih bisa, kok!

Untuk lebih menggambarkan seperti apa performa Realme C1, simak hasil pengujian kami menggunakan beberapa aplikasi benchmark berikut ini:

Baterai awet

Yang tidak kalah menarik, Realme C1 punya baterai 4230 mAh. Di level harganya kapasitas tersebut tergolong amat besar dan menggiurkan. Bahkan ada beberapa pesaingnya yang harganya lebih tinggi tidak dibekali baterai sebesar ini.

Dengan modal baterai 4230 mAh, tentunya ekpektasi kami adalah daya tahan baterai yang lama. Apalagi, hardware Realme C1 lainnya seperti chipset Snapdragon 450 dan layar dengan resolusi HD seharusnya tidak rakus daya.

Hasilnya pun sesuai harapan. Realme C1 bisa bertahan selama 1 hari penuh dari pagi hingga malam untuk penggunaan normal yang aktif seperti chatting, mengakses media sosial, dan sesekali menonton YouTube atau bermain game. Jika Anda termasuk orang yang tidak terlalu aktif di media sosial, mungkin baterainya bisa bertahan sampai 1,5 atau 2 hari.

Kesimpulan

Sejauh ini Realme cukup berhasil menyajikan pilihan smartphone dengan desain yang oke, spesifikasi menggiurkan, dan harga yang ramah kantong. Tidak heran jika Realme nantinya akan menjadi lawan tangguh yang wajib diwaspadai lawan-lawannya.

 

Soal Realme C1, kami merasa ini adalah salah satu opsi paling menarik untuk Anda yang mencari smartphone dengan budget 1 jutaan rupiah. Bisa dibilang, apa yang Realme C1 tawarkan di atas rata-rata produk pesaing. Mungkin Realme bisa menjadi pilihan yang sempurna jika saja sudah memiliki sensor sidik jari.

Dibanderol 1,5 juta rupiah, Realme C1 cocok untuk generasi muda yang membutuhkan smartphone murah untuk mendukung berbagai kegiatannya sehari-hari.

Yang Canggih:

[tie_list type=”thumbup”]

  • Desain dan kualitas rancang bangun tergolong baik
  • Layar besar dan modern
  • ColorOS yang ringan dan punya banyak fitur
  • Performa oke dengan Snapdragon 450
  • Kamera lumayan untuk sekadar mengabadikan momen sehari-hari
  • Daya tahan baterai memuaskan
  • Harga menarik

[/tie_list]

Yang Kurang:

[tie_list type=”thumbdown”]

  • Tidak ada sensor sidik jari
  • Bodi bagian belakang mudah kotor

[/tie_list]

Spesifikasi Realme C1
Layar IPS 6,2 inci HD+
SoC Qualcomm Snapdragon 450
RAM 2 GB
Memori internal 16 GB (ada slot microSD)
Kamera belakang 13 megapixel + 2 megapixel
Kamera depan 5 megapixel
Baterai 4230 mAh
Sistem operasi ColorOS 5.1 (Android 8 Oreo)
Fitur Face unlock
Realme C1
Punya dana 1 jutaan rupiah? Realme C1 layak jadi pilihan!
4.3
Cek Harga

Beri komentar

Related Articles

Back to top button