Inilah Kelebihan dan Kekurangan Fujifilm X-T100 Bagi yang Minat Membelinya

Sebagai kamera Fujifilm X-T series yang paling terjangkau, Fujifilm X-T100 memang salah satu opsi yang sangat menarik di segmen mirrorless kelas pemula. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membelinya simak dulu kelebihan dan kekurangannya di artikel berikut ini.

svg%3E

Kelebihan

1. Desain retro ala Fujifilm X-T Series
svg%3E
Dibandingkan mirrorless kelas pemula lain, Fujifilm X-T100 tampil menonjol dengan desain retronya yang sangat menggoda. Bahkan, desainnya ini sekilas mirip dengan Fujifilm X-T20 yang dibanderol dengan harga lebih mahal.

2. Bodi ringkas, dilengkapi aksesoris grip tambahan
svg%3E
Dimensi bodinya pun masih tergolong ringkas. Jadi, kamera ini tetap mudah untuk diajak berpergian. Ditambah dengan dukungan aksesoris grip langsung di paket penjualannya, Fujifilm X-T100 juga semakin nyaman untuk digunakan.

3. Dilengkapi jendela bidik elektronik
Fujifilm X-T100 juga dilengkapi jendela bidik elektronik. Mengusung teknologi OLED, viewfinder elektroniknya sangat memadai untuk membantu kegiatan memotret. Dengan jendela bidik ini, Anda akan sangat terbatu saat memotret di kondisi pencahayaan yang sangat terang atau sangat gelap.

4. Layar fleksibel
svg%3E
Fujifilm X-T100 turut membawa layar LCD Fleksibel 3-inci yang lengkap dengan fitur sentuhan. Untuk menyesuaikan sudut pengambilan, layarnya bisa dimiringkan atau bisa dilipat keluar untuk mempermudah vlogging dan selfie.

5. Hasil foto memuaskan
Seperti X-A5, X-T100 dipersenjatai sensor CMOS APS-C yang resolusinya 24.2 megapixel yang didukung kinerja autofocus Phase Detection 91 titik untuk memotret.

DSCF9732

DSCF9798

svg%3E

DSCF9968

DSCF9814

Meski tidak dipersenjatai sensor X-Trans, seperti kamera Fujifilm X-T Series kami tetap puas dengan hasil tangkapan gambarnya meski menggunakan lensa KIT bawaanya Fujinon XC 15-45mm F3.5-5.6 OIS Power Zoom.

6. Baterai tahan lama
Baterai Fujifilm X-T100 bisa digunakan untuk memotret hingga sekitar 430 jepretan foto. Pada prakteknya saat kami membawanya pergi liburan baterainya ini memang tergolong tahan lama jika dibandingkan dengan kamera lain sekelasnya.

7. Harga kompetitif
Dengan harga jual yang di kisaran Rp8.999.000, Fujifilm X-T100 cocok untuk pengguna pemula yang membutuhkan kamera mirrorless dengan jendela bidik elektronik dan desain bodi retro yang tampil gaya.

Yang Kurang:

svg%3E
1. Kemampuan rekam video 4K kurang berguna
Hadir dengan spesifikasi yang sama seperti X-A5, Fujifilm X-T100 juga dilengkapi dengan kemampuan rekam video 4K. Namun, sayangnya kemampuan rekam video 4K tersebut nyaris tidak berguna karena hanya mampu merekam di kecepatan 15fps.

2. Layar tidak bisa disentuh saat memilih menu
Walau layarnya telah dilengkapi fitur sentuhan, namun layar tersebut punya keterbatasan. Saat akses menu pengaturan, Anda tetap harus menggunakan tombol navigasi yang tersedia di samping layar dan tidak bisa memilih opsi pengaturan yang tersedia dengan menyentuh layarnya.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Fujifilm X-T100. Semoga artikel ini bisa membantu Anda sebelum memutuskan untuk membelinya. Hasil foto dari Fujifilm X-T100 selengkapnya tanpa proses penyuntingan bisa di lihat di akun FLICKR resmi yangcanggih.com berikut ini.

Verified by MonsterInsights