Samsung ISOCELL GM1 dan ISOCELL GD1: Duo Sensor Resolusi Tinggi Berukuran 1/2 inci Untuk Smartphone

Selain terus meningkatkan performa smartphone, para vendor saat ini juga berkompetisi untuk adu banyak modul kamera di smartphone. Seperti misalnya Huawei P20 Pro dan Mate 20 Pro yang hadir dengan konfigurasi 3 kamera belakang atau Samsung Galaxy A9 (2018) yang merupakan smartphone pertama dengan 4 kamera di belakang.

svg%3E

Tapi, faktanya jumlah kamera di smartphone memang tidak menjamin kualitas gambar. Sensor gambar tetap menjadi kunci utama untuk menghadirkan bidikan gambar yang berkualitas. Untuk itulah Samsung mengumumkan inovasi sensor gambar terbarunya yakni ISOCELL GM1 dan ISOCELL GD1.

Usung teknologi ISOCELL Plus dan Tetracell

Duo sensor terbaru Samsung ini nyaris identik dengan ukuran yang sama yakni 1/2 inci. Perbedaannya hanya di resolusi saja. ISOCELL GM1 menawarkan resolusi sensor 48 megapixel dan ISOCELL GD1 resolusinya 32 megapixel.

svg%3E

Keduanya membawa teknologi isolasi pixel terbaru Samsung, ISOCELL Plus, yang mengusung desain sensor BSI (Back Side Illumination) CMOS dengan rancangan pixel 0,8 micrometer. Tidak hanya itu saja, kedua sensor ini juga hadir dengan teknologi Tetracell.

Berkat teknologi Tetracell keduanya mampu mengemas jumlah pixel yang lebih banyak karena 1 pixel terdiri dari gabungan 4 pixel. Dengan demikian sensor ini bisa dipastikan mampu menangkap cahaya yang lebih banyak dan semakin andal di kondisi minim cahaya. Menurut klaim Samsung, sensor ISOCELL GM1 dan ISOCELL GD1 memiliki tingkat sensitivitas cahaya yang setara sensor 12 megapixel dan 8 megapixel dengan rancangan pixel 1.6 micrometer.

Selain menawarkan resolusi tinggi dan kemampuan menangkap gambar di kondisi minim cahaya yang lebih baik, kedua sensor ini nantinya juga akan mendukung fitur penstabil elektronik. Khusus untuk ISOCELL GD1 Samsung juga menambahkan dukungan pengambilan gambar HDR secara real time.

Samsung ISOCELL GM1 dan ISOCELL GD1 akan mulai diproduksi massal di akhir tahun 2018. Apakah debut perdana sensor ini akan muncul di Samsung Galaxy S10? Kita tunggu saja tanggal mainnya.