Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

Xiaomi Umumkan Mi Mix 3, Smartphone dengan Layar AMOLED 6,4 Inci dan Kamera Geser

Xiaomi akhirnya memperkenalkan smartphone flagship terbarunya yang diberi nama Mi Mix 3. Penerus Mi Mix 2 ini membawa banyak peningkatan yang bukan hanya dari sektor spesifikasi, tetapi juga fitur serta teknologi andalannya.

Sistem kamera geser

Salah satu fitur yang paling membedakan Xiaomi Mi Mix 3 dengan generasi sebelumnya adalah sistem kamera geser. Ya, kurang lebih mirip dengan yang ditawarkan oleh Oppo Find X. Dengan sistem seperti ini, semua kamera letaknya tersembunyi dan baru akan muncul ketika dibutuhkan.

Xiaomi Mi Mix 3 dibekali kamera belakang ganda dengan konfigurasi Sony IMX363 12 megapixel f/1.8 Dual Pixel dengan OIS + 12 megapixel telephoto f/2.4. Yang menarik, kamera ini punya Night Mode terbaru yang memungkinkan pengguna menangkap gambar di kondisi minim cahaya dengan long exposure.

Selain itu, kamera belakang dari Mi Mix 3 didukung AI Scene recognition dan kemampuan untuk merekam video slow motion di 960fps. Kombinasi yang cukup mewakili kelasnya sebagai smartphone flagship.

Sementara untuk yang gemar selfie, Xiaomi menyediakan kamera depan ganda 24 megapixel + 2 megapixel. Sensor utamanya memakai Sony IMX576 yang diklaim jago untuk urusan pemotretan low light meski resolusinya diturunkan menjadi 6 megapixel di kondisi tersebut.

Layar besar, hardware gahar

Sektor menggiurkan lainnya dari Xiaomi Mi Mix 3 adalah layarnya yang menggunakan panel AMOLED dengan ukuran 6,4 inci Full HD+. Ratio screen-to-body perangkat ini tergolong fantastis, yakni mencapai 93,4 persen.

Untuk menjamin performa yang paling kencang, Xiaomi Mi Mix 3 dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 845 dengan opsi RAM mulai dari 6 GB, 8 GB, hingga 10 GB. Sedangkan untuk penyimpanan data, ada pilihan 128 GB dan 256 GB (tanpa slot microSD).

Baterai smartphone ini berkapasitas 3200 mAh. Memang terkesan kurang besar, tapi untungnya sudah didukung Quick Charge 4+ untuk pengisian daya lebih cepat, maupun wireless charging 10W yang charger-nya sudah termasuk dalam paket penjualan.

Xiaomi Mi Mix 3 rencananya akan dijual ke pasaran pada November 2018 mendatang. Ada beberapa pilihan warna, antara lain Onyx Black, Jade Green, dan Sapphire Blue dengan banderol mulai dari US$474 atau sekitar 7,2 juta rupiah.

Ada pula edisi spesial Forbidden City dengan RAM 10 GB dan memori internal 256 GB yang dibanderol US$720 atau sekitar 11 juta rupiah. Yang lebih menarik, ada pula varian Mi Mix 3 dengan dukungan 5G yang akan dijual pada kuartal pertama 2019 nanti.