[Hands-On] Mencoba Realme C1, Smartphone Murah dengan Spesifikasi Menarik di Kelasnya

Realme hadir di Indonesia sebagai penantang serius bagi lawan-lawannya di persaingan smartphone Android kelas menengah ke bawah. Satu hal yang membuat brand ini patut diperhitungkan adalah kombinasi antara spesifikasi yang menarik dengan harga yang menggiurkan.

Dari ketiga smartphone Realme yang diperkenalkan baru-baru ini, Realme C1 bisa dibilang termasuk yang paling menjadi sorotan. Pasalnya, smartphone ini hanya dibanderol 1,4 juta rupiah saja dan jika dibandingkan para pesaingnya di level harga setara, spesifikasi yang ditawarkan terlihat lebih menonjol.

Nah, dalam sebuah acara yang digelar di Jakarta, Kamis (25/10), Realme mengajak kami untuk mencoba langsung seperti apa kecanggihan Realme 2. Penasaran bagaimana kesan pertama yang kami dapatkan? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Desain cukup bagus

Realme tampaknya tahu betul cara untuk menyajikan desain yang tetap bagus, walaupun produknya dijual murah. Realme C1 adalah buktinya. Materialnya belum metal, sama seperti smartphone lainnya di kelas harganya. Tapi secara penampilan, Realme C1 terlihat lebih sedap dipandang.

Kualitas rancang bangunnya solid dan sama sekali tidak murahan. Cover belakangnya polos, tanpa pola diamond seperti pada Realme 2. Meski begitu, warna Deep Black-nya membuat Realme C1 mampu memberi kesan elegan. Selain Deep Black, ada pula opsi warna Ocean Blue.

Beralih ke depan, smartphone ini mengandalkan layar yang besar untuk sebuah smartphone di bawah 1,5 juta rupiah. Ukurannya 6,2 inci HD+, dengan notch atau poni pada bagian atasnya dan telah dilindungi Gorilla Glass. Asyiknya lagi, ratio screen-to-body Realme C1 terbilang tinggi, mencapai 88,8 persen. Itu artinya, bezel di sekeliling layar cukup tipis.

Walaupun layarnya besar dan ketebalannya 8,2mm, ketika digenggam Realme C1 tetap terasa pas di tangan dan bisa dengan mudah Anda masukkan ke saku celana. Pengoperasian dengan satu tangan masih memungkinkan, dan bodinya juga tidak licin.

Namun yang cukup mengganggu adalah cover belakangnya yang menjadi magnet sidik jari. Untungnya, Realme menyediakan softcase bening dalam paket penjualan. Secara keseluruhan Realme C1 bisa disebut sebagai perangkat dengan desain yang menarik di kelas harganya.

Spesifikasi menarik, kamera menjanjikan

Seperti disebutkan di atas, Realme C1 menyajikan kombinasi antara spesifikasi menarik dengan harga yang terjangkau. Anda akan menemukan SoC Qualcomm Snapdragon 450 yang ditemani RAM 2 GB dan memori internal 16 (ada slot microSD).

Di atas kertas, Snapdragon 450 tentunya cukup mumpuni untuk mendukung berbagai kebutuhan standar dengan lancar. Sejauh pengalaman kami mengulas berbagai smartphone Android, untuk gaming pun Snapdragon 450 masih oke. Judul-judul populer seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile harusnya bisa dijalankan dengan cukup mulus walaupun bukan di pengaturan grafis tertinggi.

Yang tidak kalah menarik, Realme C1 punya baterai 4230 mAh. Di level harganya kapasitas ini tergolong amat besar dan menggiurkan. Menarik untuk mencoba lebih jauh seperti apa daya tahannya untuk penggunaan sehari-hari.

Beralih ke sektor kamera, Realme C1 hadir dengan konfigurasi kamera belakang ganda yang terdiri dari 13 megapixel + 2 megapixel lengkap dengan mode portrait (bokeh), serta kamera selfie 5 megapixel.

Kami sempat mencoba kamera tersebut di lokasi acara. Hasilnya menurut kami cukup baik untuk kondisi pemotretan outdoor dengan cahaya yang memadai. Foto yang dihasilkan lumayan tajam, dan reproduksi warnanya juga tidak mengecewakan. Berikut beberapa foto yang kami abadikan:

Hasil foto Realme C1 (2)

Hasil foto Realme C1 (3)

Hasil foto Realme C1 (5)

Hasil foto Realme C1 (9)

Kesimpulan awal

Kami sempat menyebut Realme 2 sebagai standar baru sebuah smartphone di bawah 2 juta rupiah. Tidak menutup kemungkinan kami juga bisa menyebut Realme C1 sebagai standar baru untuk harga di bawah 1,5 juta. Meski begitu, tentunya itu harus melewati pengujian (review) yang lebih lengkap nanti.

Intinya, ini adalah perangkat yang menarik. Kesan pertama kami terhadap Realme C1 amat positif, dan menurut kami semua pesaingnya di level harga setara wajib waspada. Sekadar mengingatkan, Realme C1 dibanderol Rp1,4 juta dan mulai akan dijual melalui flash sale di Lazada pada 30 Oktober 2018 mulai jam 11.00.

Spesifikasi Realme C1
Layar IPS 6,2 inci HD+
SoC Qualcomm Snapdragon 450
RAM 2 GB
Memori internal 16 GB (ada slot microSD)
Kamera belakang 13 megapixel + 2 megapixel
Kamera depan 5 megapixel
Baterai 4230 mAh
Sistem operasi ColorOS 5.1 (Android 8 Oreo)
Fitur Face unlock
Baca juga
Samsung The Wall Luxury: TV 292 Inci 8K dengan Teknologi MicroLED